Website - blog . 28 July 2021

Apa Itu Website : Pengertian, Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

Majapahit Teknologi - Semakin berkembangnya teknologi, semakin juga orang-orang mengenal dunia internet yang bisa mendapatkan informasi dari mana saja dan juga kapan saja.

Informasi yang Anda dapatkan tersebut merupakan sebuah website, baik itu secara pribadi ataupun milik Perusahaan. Terdapat banyak jenis website yang bisa Anda temui sebelumnya misalnya seperti Wikipedia, YouTube, Facebook ataupun website Majapahit Teknologi ini yang sedang Anda baca.

Walaupun sudah sering berinteraksi setiap saat dengan website, namun mungkin saja masih banyak dari Anda yang masih belum mengetahui mengenai apa itu website, jenis dan manfaatnya.

Maka dari itu, Admin akan membahas mengenai pengertian, sejarah, jenis beserta manfaatnya ketika menggunakan website.

Apa Itu Website

Website adalah kumpulan informasi yang berupa teks, gambar, foto, video dan lain sebagainya yang dapat di akses secara langsung oleh orang-orang melalui internet, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Website dapat dibuka dengan mengetikan URL atau alamat website di browser kesayangan Anda.

Misalnya Anda ingin mengakses website Majapahit Teknologi, untuk alamat URL dari Majapahit Teknologi adalah https://majapahit.id dan ketika sudah terbuka maka tampilannya akan seperti di bawah ini.

Majapahit Teknologi
Contoh halaman depan website Majapahit Teknologi

Website Menurut Para Ahli

Banyak sekali para pakar ahli yang memberikan pendapat mereka mengenai website. Dengan begitu, kita semua bisa mendapatkan referensi lain terkait defisini website. Berikut ini adalah pengertian website menurut para ahli, simak sebagai berikut.

Yuhefizar

Menurut pakar ahli Yuhefizar, website merupakan halaman yang mengandung informasi pada sebuah domain dan dibangun dengan banyak halaman website yang saling berkaitan satu sama lain.

Gregorius

Pengertian website menurut Gregorius adalah sekumpulan halaman yang saling terhubung satu sama lain dengan file-file yang didalamnya.

Budi

Berikutnya menurut pakar ahli yang bernama Budi, website ialah halaman website yang terkandung didalam sebuah domain dengan mengandung sejumlah beberapa informasi yang di isi oleh pemilik website tersebut.

Sejarah Website

Website pertama kali ditemukan oleh Timothy John Berners-Lee sekitar akhir tahun 1980-an dan baru diresmikan secara online pada tahun 1991. Perlu diketahui, Beliau merupakan ilmuan yang berasal dari Inggris dan di lahirkan pada 08 Juni 1955, kota London.

Tim Berners-Lee pada awal mulanya memiliki tujuan keetika membuat sebuah website yakni agar lebih memudahkan para peneliti dan ilmuan lainnya di tempat ia bekerja untuk saling bertukar atau ketika ada perubahan informasi.

Sehingga pada akhirnya, website dapat digunakan secara gratis oleh publik dan di umumkan secara langsung oleh CERN pada 30 April 1993.

Unsur-Unsur Website

unsur website

Baca : Apa Itu WordPress, Sejarah dan Manfaatnya untuk SEO

Ada 3 unsur terpenting pada website yang harus Anda ketahui secara keseluruhan karena tanpa adanya unsur ini, website Anda tidak akan dapat ditemukan serta diakses oleh orang-orang di dunia internet, simak sebagai berikut.

Domain

Unsur pertama ialah domain, jika di analogikan, website seperti produk dan domain dapat disebut dengan merk atau brand-nya. Tentu dengan memilih domain yang unik yang dapat di ingat dengan mudah oleh pengguna akan menarik pengguna untuk masuk kedalam website Anda.

Oleh karena itu, dalam memilih nama domain, ada baiknya memilih nama yang tidak terlalu panjang dan juga mudah diingat.

Hosting

Hosting menjadi salah satu unsur terpenting dalam membuat website karena hosting sendiri memiliki peran untuk menyimpan seluruh file atau database seperti script, gambar, video dan lain sebagainya yang sangat diperlukan untuk situs Anda.

Konten

Seperti yang sudah disinggung dalam pengertian website itu sendiri yang merupakan sebagai penyedia informasi. Maka konten merupakan unsur terpenting berikutnya.

Mengapa? Karena tanpa adanya konten pada situs Anda, maka situs tersebut bisa dibilang tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten tersebut bisa berupa artikel, gambar atau bahkan video.

Contoh website yang mengaplikasikan konten adalah seperti company profile, media sosial, e-commerce dan lain sebagainya.

Jenis Website

Berikut ini adalah beberapa jenis website yang harus Anda ketahui, simak sebagai berikut.

Statis

Jenis website pertama ialah website statis, website statis ini memiliki tampilan yang tidak berubah atau tetap serta tidak banyak memiliki banyak perubahan.

Perubahan web statis hanya terletak pada tampilan desain & halaman web saja. Contoh dari web jenis statis ini adalah website company profile atau website milik organisasi.

Dinamis

Website jenis ini banyak mengalami perubahan secara terus menerus yang disesuaikan dengan kebutuhan atau relenvansi bisnis dan perkembangan zaman.

Selain itu, website dinamis juga memiliki tampilan yang sangat interaktif serta menyediakan fitur kolom komentar atau chatting.

Contoh website dinamis ini seperti situs e-commerce, situs berita online dan lain sebagainya.

Interaktif

Berikutnya terdapat jenis website interaktif yang dibuat untuk saling beriteraksi satu sama lain. Situs jenis ini masih termasuk kedalam platform media sosial seperti Facebook, twitter, instagram dan lainnya.

Manfaat Website

manfaat website untuk pribadi dan bisnis

Website menjadi salah satu strategi untuk mendapatkan pelanggan melalui internet. Oleh karena itu, banyak sekali manfaat website untuk bisnis yang akan Anda dapatkan ketika memiliki website, sebagai berikut.

Menyediakan Informasi Tanpa Batas

Dengan memiliki website, Anda dapat menyediakan berbagai informasi kepada pengunjung dan dapat membantu mereka untuk menemukan informasi sampai dengan mendapatkan solusi untuk masalah yang sedang user miliki.

Selain daripada itu, website juga menjadi salah satu peran penting sebagai media promosi tanpa batas untuk produk atau jasa selama 24 jam.

Menyebarkan Jangkauan Promosi

Selain dari menyediakan informasi tanpa batas, website juga memiliki peran penting untuk bisnis, baik itu Perusahaan atau individu.

Selain dari meningkatkan kredibilitas, website juga akan membantu Anda untuk meningkatkan jangkauan di dunia internet misalnya seperti menggunakan search engine optimization (SEO) yang nantinya website Anda akan lebih dikenal banyak orang dan dikunjungi secara organik.

Baca Juga : Tips Membuat Website Agar Banyak Pengunjung

Tempat Komunitas Berbagi Pengetahuan

Manfaat website berikutnya adalah sebagai tempat komunitas untuk saling bertukar informasi atau pengetahuan yang sedang di pelajari.

Misalnya, Anda adalah orang yang menyukai pendakian gunung, dengan membuat website komunitas, Anda dapat mengumpulkan orang-orang dengan ketertarikan yang sama dari berbagai kota atau bahkan negara untuk saling bertukar informasi mengenai pendakian gunung tersebut.

Kesimpulan

Sampai saat ini, website menjadi salah satu andalan untuk mendapatkan informasi dan calon pelanggan melalui media internet dengan browser kesayangan Anda.

Lalu, dari beberapa jenis website yang sudah dijelaskan barusan, jenis website manakah yang paling menarik untuk Anda buat?

Apapun itu jenis websitenya, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi atau Perusahaan ya.

Seperti itulah ulasan mengenai defisini pengertian website, jenis beserta manfaat yang akan Anda dapatkan. Semoga bermanfaat :)

Bagikan artikel ini: