apa itu media sosial dan manfaatnya untuk bisnis

Apa Itu Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis

Majapahit Teknologi – Teknologi komunikasi saat ini telah mengalami kemajuan secara signifikan. Hal ini di lihat dari meningkatnya beberapa penggunaan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone atau bahkan tablet yang memberikan banyak pilihan untuk berkomunikasi seperti media sosial yang merupakan salah satu fitur paling sering digunakan oleh pengguna internet pada saat ini. Lalu, apa itu media sosial? Simak ulasan sebagai berikut.

Pastinya Anda sudah mengetahui berbagai macam jenis media sosial yang sering digunakan seperti Instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya.

Namun, Admin yakin pastinya Anda belum mengetahui mengenai definisi, manfaat atau bahkan sejarah terbentuknya media sosial, sehingga saat ini banyak sekali user atau pengguna yang memakai media sosial untuk keperluan promosi, portfolio dan lain sebagainya.

Pengertian Media Sosial

Tentunya Anda selalu bertanya-tanya terkait apa itu media sosial secara umum? Ya, Media sosial adalah media daring yang menjadikan berkomunikasi, networking, ataupun kegiatan lainnya menjadi lebih mudah melalui jaringan internet.

Pastinya kita sudah sering menggunakan sosial media untuk berbagai keperluan, dimulai dari berkomunikasi antar sahabat yang sangat jauh dari jangkauan secara fisik ataupun perkumpulan komunitas-komunitas tertentu.

Media sosial yang sering digunakan oleh orang-orang Indonesia adalah Instagram, YouTube, Twitter, Facebook dan lain sebagainya.

Media Sosial Menurut Para Ahli

Selain daripada pengertian secara umum, banyak sekali para pakar ahli yang memberikan pendapatnya mengenai media sosial ini, penasaran? simak sebagai berikut:

J. Watkins dan Russo (2008)

Menurut J. Watkins dan Russo (2008), media sosial ialah suatu instrument yang dapat memberikan fasilitas untuk berkomunkasi serta berkolaborasi secara online antar pengguna online.

Henderi, 2007

Media sosial merupakan sebuah situs jaringan sosial yang berbasis website. Memungkinkan untuk bagi setiap individu untuk membangun profil secara publik ataupun semi public dalam sistem yang terbatasi.

Pengguna lain bisa saling terhubung dan melihat serta menjelajahi satu sama lain dalam daftar koneksi dengan suatu sistem.

Mark Hopkins (2008)

Pengertian media sosial menurut Mark Hopkins, 2008 adalah istialah yang bukan hanya mencakup dari berbagai platfrom media baru. Tetapi juga memasukan beberapa sistem seperti Facebook dan lain sebagainya yang secara umum disebut sebagai jaringan sosial.

Sejarah Media Sosial

apa itu Media sosial dan klasifikasinya

Sebelum berkembang seperti saat ini, perkembangan media sosial mengalami masa-masa pertumbuhan yang tentu saja harus Anda ketahui. Pada awal mulanya, sosial media pada waktu itu masih berbasis website yang ciptakan pada tahun 1995 dengan adanya Site Geocities.

Perlu diketahui bahwa Site Geocities merupakan website yang bergerak dalam usaha sewa hosting untuk menyimpan berbagai data online yang dapat diakses oleh banyak orang di internet. Dari sinilah lahirnya inovasi untuk pengembangan website.

Dengan seiring berjalannya waktu, media sosial terus mengalami perkembangan. Di tahun 1997 sampai dengan tahun 1999, telah hadir komunitas media sosial pertama dengan nama Sixdegree dan Classmates.

Sampai pada akhirnya terus berkembang dan lahirlah Frienster pada tahun 2002 yang pada waktu itu cukup terkenal dengan cakupan pengguna yang sangat luas.

Setelah itu, di tahun 2003 muncul juga media sosial yang bernama MySpace, sampai pada akhirnya pada tahun 2004 lahirlah Facebook yang merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak sampai saat ini.

Klasifikasi Media Sosial

Dalam perkembangan media sosial, Kaplan dan haenlein membagi media sosial menjadi 6 klasifikasi, sebagai berikut:

Projek Kolaborasi

Klasifikasi pertama adalah projek kolaborasi yang merupakan jenis dari media sosial yang mengubah isi dan konten berdasarkan editor yang merasa konten didalamnya tidak benar atau kurang benar. Contohnya adalah seperti Wikipedia.

Blog

Berikutnya adalah blog yang merupakan jenis dari media sosial dengan mempunyai konten yang bervariasi. Hal ini tentu saja tergantung pada pengguna yang mengingingkan blog mereka ingin di isi dengan konten seperti apa.

Misalnya seperti curahan hati pribadi, agenda perjalanan pribadi atau bahkan mengenai organisasi atau Perusahaan. Contohnya adalah Blogspot, WordPress, kaskus dan lain sebagainya.

Jaringan Sosial

Jaringan sosial merupakan jenis dari media sosial yang sering Anda gunakan. Selain itu, dari jenis ini memungkinkan Anda untuk membagikan sebuah gambar, video, musik, dan lain sebagainya untuk di bagikan kepada pengguna lainnya.

Contohnya adalah Instagram, YouTube, Slideshare, dan lain sebagainya.

Blog Sosial Network

Ialah merupakan media sosial yang sering digunakan antar individu untuk melakukan interaksi antar pengguna lainnya. Selain daripada itu, media sosial ini memungkinkan Anda untuk membagikan suatu informasi tertentu atau bahkan kegiatan yang memang sedang atau sudah dilakukan oleh Anda.

Contohnya adalah Facebook, twitter, myspace dan lain sebagainya.

Virtual Game

Selanjutnya adalah virtual game yang membuat seseorang berada di dalam lingkungan 3D game online serta dapat beriteraksi secara online dengan orang lain.

Contoh dari virtual game adalah Dota, Pubg dan lain sebagainya.

Sosial World Virtual

Selain daripada virtual game, sosial world virtual juga mulai banyak diminati oleh para pengguna dengan menggunakan perangkat canggih yang bernama VR (Virtual Reality) dengan cara dipasangkan pada area mata manusia.

Hal ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi seperti pada dunia nyata atau real life, contohnya adalah second life.

Manfaat & Fungsi Media Sosial

Setelah Anda mengetahui mengenai apa itu media sosial dan klasifikasinya, berikut ini adalah manfaat & fungsi yang akan Anda dapatkan dari media sosial, baik secara pribadi maupun untuk mengembangkan bisnis, sebagai berikut:

Mendapatkan Informasi Dari Penjuru Dunia

Selain Anda mendapatkan pertemanan atau relasi bisnis, Anda juga akan mendapatkan informasi dari berbagai daerah bahkan dari seluruh penjuru dunia.

Media sosial menjadi tempat untuk membagian berbagai konten terbaru dan sangat mudah untuk Anda lakukan, oleh karena itu, media sosial sangat memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi terbaru secara cepat dan tepat.

Berkomunikasi Bersama Keluarga / Sahabat

Pastinya Anda sudah sering menghabiskan waktu dengan gadget hanya untuk berkomunikasi secara jarak jauh bersama keluarga, teman, sahabat atau bahkan kekasih.

Ya, bentuk komunikasi seperti chatting atau video call merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dapat Anda lakukan secara langsung.

Walaupun Anda berbeda wilayah ataupun negara, Anda masih tetap terhubung satu sama lain dengan memanfaatkan secara optimal sosial media.

Membangun Relasi Bisnis

Anda bisa mengembangkan jaringan atau relasi bisnis secara luas. Dengan produk atau jasa Anda semakin dikenal banyak orang, maka semakin banyak pula yang menanyakan produk atau jasa Anda serta mendapatkan trafic untuk mengenal lebih dalam mengenai produk dan jasa Anda.

Mengembangkan Brand Awareness

Dengan hadirnya media sosial, Anda berpeluang besar untuk mengembangkan serta meningkatkan brand awareness karena Anda bisa lebih mudah untuk terhubung secara langsung dengan pelanggan.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Strategi Digital Marketing

Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat & Remaja

Bukan hal yang di rahasiakan lagi bahwa media sosial membuat masyarakat khususnya kaum remaja menjadi candu. Ya, remaja saat ini memang sudah identik dengan menggenggam smartphone selama 24 jam.

Masyarakat atau remaja di Indonesia paling sering menggunakan sosial media seperti facebook, twitter, youtube dan instagram. Hal ini di karenakan sosmed tersebut memiliki keunggulan dan ketertarikan bagi masyarakat di Indonesia.

Sehingga, banyak sekali remaja yang betah dan menjadi candu untuk berlama-lama dalam menggunakannya.

Dalam menggunakan media sosial tentu saja masyarakat akan mendapatkan pengaruh secara positif maupun negatif. Misalnya seperti remaja yang sering menggunakan sosial media dapat mengganggu proses belajar ataupun ketika belajar terdapat pesan atau chating dari temannya, sehingga hal ini mengganggu proses belajar remaja tersebut.

Namun, admin akan menjelaskan juga dampak positif dan negatif apa saja yang akan remaja dapatkan, sebagai berikut.

Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja

Dampak Positif dan Negatif Media Sosial

Di era globalisasi seperti saat ini, sosial media sudah banyak hadir dengan berbagai macam dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Hampir setiap orang di muka bumi ini sudah mengenal sosial media, dimulai dari remaja, anak-anak bahkan sampai dengan kalangan orang tua.

Namun, sebagai pengguna, tentu saja kita jangan sampai terjerumus ke dalam hal-hal yang kurang baik. Oleh karena itu, berikut adalah dampak positif dan negatif media sosial yang harus Anda ketahui, sebagai berikut.

Dampak Positif Media Sosial

  1. Sebagai media Informasi secara real time.
  2. Saling bertukar informasi dengan cepat dan mudah.
  3. Menyambung tali silaturahmi dengan keluarga, kerabat, sahabat yang berbeda lokasi dengan Anda.
  4. Mempermudah belanja dan berjualan melalui sosial media.
  5. Bermanfaat sebagai media dakwah mengingatkan remaja untuk terus berada di jalan yang benar.

Dampak Negatif Media Sosial

  1. Menyebarkan informasi yang tidak benar (Hoax).
  2. Membuat malas masyarakat untuk bersosialisasi secara langsung.
  3. Media sosial dapat membuat seseorang untuk mementingkan diri sendiri.
  4. Sosial Media dapat membuat remaja atau anak-anak menjadi malas untuk lebih produktif.
  5. Selalu merasa kurang dengan diri sendiri.

Kesimpulan

Dengan hadirnya media sosial, tentu saja membuat kita menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi atau meningkatkan bisnis dan relasi menjadi lebih berkembang. Namun, bagi masyarakat dan remaja sekitar, media sosial dapat membuat pengaruh negatif yang tentu saja kurang baik untuk kedepannya.

Oleh karena itu, admin menyarankan Anda untuk terus menggunakan sosial media dengan bijak, seperti mendapatkan teman yang memberikan manfaat baik, mengembangkan minat dan bakat melalui komunitas dan lain sebagainya.

Semoga ulasan ini mengenai apa itu media sosial dapat bermanfaat dan menjadikan kita lebih bijak dalam menggunakan media sosial 🙂


Whatsapp