WordPress . 06 July 2021

Apa Itu WordPress, Sejarah dan Manfaatnya untuk SEO

Majapahit Teknologi - Mungkin Anda sudah mengetahui mengenai Platform CMS yang paling sering digunakan oleh orang-orang saat ini. Ya, CMS tersebut merupakan WordPress, lalu, apa itu wordpress secara definisi, sejarah dan lain sebagainya, simak sebagai berikut :)

Perlu di ketahui bahwa WordPress merupakan sebuah CMS ( Content Management System ) yang paling sering digunakan untuk membuat sebuah website, baik itu secara company profile, toko online, blog dan lain sebagainya.

Selain itu, wordpress juga merupakan CMS yang paling flexsibel. Mengapa ? Karena wordpress memberikan open source, dengan begitu wordpress sangat mudah untuk mendapatkan update serta banyak sekali plugin yang tersedia dan themes yang dapat digunakan pada platform wodpress ini.

Pengertian WordPress

Apa itu WordPress? WordPress adalah sebuah CMS berbasis PHP dan MySQL dengan server database MySQL atau MariaDB namun masih tetap bisa menggunakan mesin database SQLite.

Selain daripada itu, bahasa pemrograman PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak yang dapat dikembangkan dengan sumber terbuka (open source).

apa itu wordpress dan sejarahnya

Sejarah WordPress

Awal mula sejarah WordPress yaitu berasal dari 2 developer, mereka adalah Matt Mullenweg dan Mike Little yang pada waktu itu sedang mengembangkan platform blogging untuk menggantikan software b2 atau cafeblog pada tahun 2003.

Namun, setelah itu mereka memutuskan untuk tidak melanjutkan projek tersebut dan segera mengembangkan WordPress sampai saat ini.

Mengapa Harus Menggunakan WordPress

Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, banyak sekali CMS yang bertebaran di Internet. Namun, admin menyarankan Anda untuk menggunakan CMS WordPress.

Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena wordpress adalah CMS yang sangat mudah untuk di pelajari dan digunakan, bahkan oleh orang yang baru belajar wordpress.

Selain itu, banyak sekali plugin yang bisa Anda install secara gratis dengan sangat mudah di wordpress. Oleh karena itu, hal ini adalah sisi paling menarik yang tidak dimiliki oleh CMS lain selain wordpress.

WordPress juga sudah dikenal oleh programmer, dengan begitu Anda bisa menanyakan secara langsung di forum dengan sangat mudah seperti di forum wordpress resmi Indonesia id.wordpress.org

Manfaat WordPress untuk Mendukung SEO

Banyak sekali website Perusahaan, toko online, blog dan lain sebagainya yang menggunakan wordpress. Hal ini di karenakan beberapa plugin SEO dapat membantu Anda untuk meningkatkan peringkat dan trafik website di mesin pencari seperti google, yahoo dan lain sebagainya.

Admin rasa jika Anda menggunakan wordpress untuk Perusahaan, blog, atau bahkan toko online sangat mudah untuk di optimasi dengan catatan Anda harus bermain senatural mungkin dan hal-hal penting lainnya. Misalnya seperti themes wordpress yang friendly, speed, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Di setiap CMS yang populer tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, khususnya pada CMS WordPress ini.

Namun, WordPress memiliki kelebihan tersendiri dan sampai saat ini menjadi pilihan utama untuk membuat website tanpa harus ribet dengan urusan koding atau tanpa harus menjadi programmer.

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan pada CMS WordPress, sebagai berikut:

Kelebihan WordPress

Berikut ini adalah beberapa kelebihan WordPress yang harus Anda ketahui sebelum membuat website dengan CMS WordPress, sebagai berikut:

Sangat Mudah Digunakan untuk Pemula

Kelebihan pertama yang harus Anda ketahui adalah wordpress sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Hal ini di Karenakan belajar wordpress tidak perlu mengerti bahasa pemrograman seperti HTML dan lain sebagainya.

Tutorial WordPress Tersedia Dimana-dimana

Banyak sekali tutorial wordpress yang tersedia di youtube atau situs-situs lainnya. Oleh karena itu, wordpress dengan sangat mudah digunakan karena banyaknya tutorial yang tersedia di berbagai platform. Tutorial wordpress bisa Anda temukan dalam bentuk artikel maupun video.

Mempunyai Komunitas yang Luas

Perlu Anda ketahui, bahwa wordpress menguasi setidaknya 30% dari seluruh website dunia. Tentu saja dengan begitu wordpress memiliki banyak komunitas yang tersebar di berbagai negara.

Selain itu, tidak heran apabila wordpress menyediakan sebuah forum dengan tujuan untuk berdiskusi di antara para pengguna.

Di dalam forum tersebut, Anda bisa mendapatkan ide, ilmu dan lain sebagainya untuk mengoptimalkan WordPress secara maksimal.

Banyaknya Pilihan Tema & Plugin

Ketika Anda membuat website dengan CMS WordPress, Anda bisa mendapatkan berbagai tema untuk mendesain website agar terlihat lebih menarik.

Baca : Plugin WordPress Terbaik untuk Pemula

Selain itu, Anda bisa mendapatkan tema tersebut secara gratis yang bisa tandingkan dengan tema berbayar. Hal ini di karenakan banyaknya pengembang wordpress, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Mudah & Murah

Kelebihan selanjutnya adalah sangat mudah digunakan serta harganya yang sangat terjangkau untuk Anda dapatkan.

Anda cukup membayar domain dan web hosting untuk menggunakannya, selain itu, tema dan plugin juga bisa Anda dapatkan secara gratis tanpa harus membayar.

apa itu wordpress serta kelebihan & kekurangannya

Kekurangan WordPress

Bila ada kelebihan, pastinya terdapat kekurangan. Nah, berikut ini adalah kelemahan yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakan CMS WordPress, simak sebagai berikut:

Resiko Keamanan

Ketika Anda menggunakan website dengan CMS WordPress, website Anda nantinya akan sangat rentan terkena serangan hacker. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang menggunakan wordpress sekitar 30% di dunia.

Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan tersebut. Anda bisa mencegahnya dengan melakukan update secara rutin atau menginstal plugin keamanan.

Atau Anda bisa membaca ulasan cara mengamankan website agar terhindar dari serangan hacker.

Konten Layanan Pihak Ke-3

Berbagai plugin dan tema yang terdapat di WordPress dikembangkan oleh developer pihak ketiga. Oleh karena itu, tidak heran apabila banyaknya kesalahan atau bug.

Untuk itu, alangkah baiknya Anda harus selalu membaca deskripsi dan review dari user sebelum menginstal tema atau plugin tersebut.

Selain itu, jangan sungkan untuk selalu bertanya ke komuntias wordpress yang tersedia jika memang Anda tidak yakin pada keamanan plugin atau tema yang Anda pilih tersebut.

Kesimpulan

WordPress merupakan sebuah perangkat lunak paling terpopuler di dunia yang digunakan untuk membuat website. Selain itu, WordPress juga sangat mudah untuk digunakan untuk para pemula yang baru belajar website.

Anda tidak perlu khawatir jika baru saja memulai untuk belajar wordpress, karena wordpress memiliki komunitas yang sangat luas serta tutorial yang tersedia di berbagai platform sangat banyak.

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu wordpress, sejarah serta kelebihan dan kekurangan pada CMS WordPress. Semoga bermanfaat :)

Bagikan artikel ini: