Cara Mengamankan Website

Majapahit – Mungkin saja Anda pernah mendengar beberapa keluhan mengenai keamanan website dengan menggunakan Platform WordPress. Mengapa ? Karena banyak sekali orang yang berfikir bahwa script open source rawan terhadap berbagai segala serangan. Lalu, bagaimana tips dan cara mengamankan website dari serangan hacker ? Simak ulasannya sebagai berikut.

WordPress merupakan sebuah CMS atau COntent Management System yang sangat populer untuk digunakan membuat website dengan mudah, praktis dan simpel. Namun, dengan perkembangannya, WordPress juga sering di uji oleh peretas atau hacker yang telah menargetkan website tertentu.

Tentu saja, apabila Anda tidak mengambil tindakan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Maka, masalah keamanan mungkin saja bisa diretas pada website Anda.

Cara Mengamankan Website Dari Hacker

Ketika Anda memilih sebuah website, tentu saja didalam website tersebut menyimpan berbagai informasi serta file penting yang sudah Anda dapatkan selama ini. Selain file penting, tentu saja Anda sudah membangun website tersebut dengan rumit serta menghabiskan banyak ide yang dikeluarkan untuk membangun website.

Namun, Anda pun harus hati-hati karena didalam dunia Internet banyak sekali masalah. Salah satunya adalah masalah pada keamanan website.

Anda tidak boleh menganggap remeh mengenai hal ini, karena ini merupakan hal yang paling penting untuk Anda ketahui.

Dengan berkembang nya teknologi, tentu saja banyak pula orang yang berkeinginan terus tumbuh. Salah satunya adalah hacker atau peretas yang bisa saja mengobrak abrik situs Anda dengan keamanan yang kurang optimal.

Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan keamanan website secara optimal dengan tips dan trik sebagai berikut:

Instal SSL Pada Website

Cara mengamankan website berikutnya adalah dengan menginstal SSL pada website Anda. Tentu saja ini merupakan cara yang paling mudah untuk memajukan keamanan pada situs Anda.

Kenapa harus menggunakan SSL pada situs? Alasan jelasnya adalah karena SSL bisa memastikan transfer data yang aman antara browser pengguna dengan server. Dengan demikian, akan sulit bagi peretas untuk melanggar koneksi atau menipu beberapa informasi Anda.

Maka dari itu, balik ke tips no 1. Dengan Anda menggunakan layanan hosting yang tepercaya. Tentu saja Anda akan mendapatkan beberapa manfaat seperti kemanaan dengan menggunakan SSL atau Anda bisa menggunakan plugin wordpress seperti Really Simple SSL dan lain sebagainya untuk digunakan pada situs Anda.

Cara mengamankan website dari serangan hacker yang tidak bertanggun jawab

Pilih Password Yang Kuat

Cara & tips untuk meningkatkan keamanan pada website adalah dengan membuat user serta memastikan password yang Anda buat dengan strong alias kuat dengan tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Anda tidak di rekomendasikan untuk membuat Password dengan tanggal lahir atau nama. Anda bisa menggunakan Generate Password yang secara otomatis dibuat serta direkomendasikan kepada Anda. Namun, jika Anda tidak menyukai password tersebut silahkan Anda menggunakan password lainnya dengan syarat tidak menggunakan tanggal lahir atau nama dan pastikan sudah hijau dan strong.

Selalu Update Situs Anda

Ketika Anda sudah memiliki website, tentu saja banyak fitur yang tersedia yang disediakan oleh CMS yang Anda pakai. Misalnya seperti WordPress. Sebaiknya Anda harus selalu mengecek dan update situs Anda karena sistem CMS yang Anda pakai akan selalu memberikan update terbaru dalam beberapa waktu tertentu. Dengan begitu, keamanan situs Anda akan diperkuat secara optimal.

Backup Situs Anda

Dengan banyaknya data serta informasi yang terdapat pada website. Maka, Anda jangan pernah lupa untuk membackup data yang ada didalam website tersebut secara berkala.

Namun, Anda jangan membackup data dengan melakukannya di server situs yang Anda pakai karena tetap saja hal tersebut akan dengan sangat mudah diretas oleh hacker atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada baiknya, Anda membackup di server yang lain. Dengan demikian akan sulit untuk dilacak dan akan menjadi lebih aman untuk situs Anda.

Membatasi Percobaan Login Situs

Memang secara default, CMS WordPress memperbolehkan para pengguna untuk bisa login sebanyak mungkin sesuai dengan keinginan pengguna. Walaupun ini adalah cara untuk membantu Anda yang sering lupa mengenai password atau username.

Namun, hal tersebut bisa membuka celah bagi hacker untuk bisa melakukan brute force attack. Dengan demikian, membatasi login ke situs akan membantu Anda untuk meningkatkan situs menjadi lebih aman. Selain itu, Anda bisa menggunakan plugin WPS Limit Login atau plugin lainnya.

Lindungi Dari DDos

Apa itu DDos? DDos merupakan cara serangan hacker yang memanng dilakukan untuk membanjiri trafik pada server. Dengan begitu situs Anda menjadi tidak kuat dan kelebihan beban atau biasa disebut dengan overload. Efek sampingnya, situs Anda tidak diakses sama sekali.

Solusi terbaik untuk menghindari serangan tersebut adalah dengan menggunakan keamanan dari pihak ketiga yakni seperti CloudFlare.

Baca Juga : Cara Mengamankan Website WordPress

Menginstal Plugin Keamanan

Cara ini adalah cara yang mudah untuk dilakukan pada situs Anda. Anda hanya menginstal plugin keamanan pada situs WordPress Anda.

Plugin keamanan gratis antara lain:

  • Wordfence Security
    Plugin ini tersedia secara gratis dan telah banyak digunakan sekitar dua juta pengguna. Plugin keamanan ini juga menawarkan firewall, real-time monitoring, scan plugin dan lain sebagainya.
  • SecuPress Free
    Selanjutnya ada plugin gratis yang bernama SecuPress Free dengan kualitas mumpuni dan bekerja secara optimal. Selain itu, plugin ini juga memiliki fitur penting seperti anti brute force login, blokir Ip dan lain sebagainya.

Masih banyak berbagai plugin keamanan yang direkomendasikan, Anda juga bebas memilih plugin keamanan yang memang Anda sukai.

Logout Secara Otomatis

Apabila Anda mempunyai kebiasaan seperti menutup tab browser secara langsung tanpa harus logout dashboard terlebih dahulu. Mungkin bisa saja hal tersebut menjadi ancaman bagi Anda, karena bukan tidak mungkin apabila ada seseorang yang menggunakan browser tanpa sepengatahuan Anda.

Dengan beigtu, Anda bisa mencegah hal tersebut dengan logout otomatis yang bisa dijalankan apabila akun tersebut sudah tidak aktif dalam waktu tertentu.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menginstal plugin bernama Inactive Logout dan mengatur waktu logout tersebut. Misalnya dalam jangka waktu 5 menit apabila Anda tidak menggunakan browser tersebut maka akan logout secara otomatis.

Menggunakan Hosting Terpercaya

Hal pertama yang paling penting adalah dengan menggunakan layanan hosting yang terpercaya. Mengapa demikian? Apabila Anda salah menggunakan jasa layanan hosting yang tidak amanah tentu saja usaha yang akan Anda lakukan akan berujung sia-sia.

Anda harus memastikan bahwa layanan hosting yang Anda percayai mempunyai beberapa keamanan yang optimal. Misalnya seperti teknologi keamanan Imunify360. Teknologi tersebut akan membuat website Anda terlindung dari berbagai serangan hacker, malware dan lain sebagainya.

Baca Juga : Penyebab web server down

Mengganti URL Login

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan Url login situs WordPress yang di akhiri dengan /Wp-admin. URL tersebut merupakan URL default dari WordPress dan tentu saja hacker juga mengetahui celah keamanan ini.

Solusi terbaik, Anda bisa mengganti login tersebut dengan kata-kata yang lain yang lebih Anda sukai. Karena URL login default WordPress tersebut sangat rawan untuk diserang oleh Buret Force Attack.

Kesimpulan

Kesimpulan pada ulasan kali ini adalah dengan tips dan cara meningkatkan untuk mengamankan website Anda tentu saja akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena ini merupakan prioritas nomor 1 dan Anda tidak boleh menggangap remeh mengenai keamanan.

Walaupun memang belum tentu website akan aman 100% dari hacker. Namun, setidaknya Anda mengetahui dan mencegah hal tersebut terjadi. Maka dari itu, tips untuk meningkatkan website Anda merupakan alternatif untuk bisa Anda terapkan pada situs Anda dan membuat hacker kesulitan untuk meretas situs Anda nantinya.

Whatsapp