Tips dan Trick . 24 June 2020

Tips Keamanan Website Dengan Menggunakan HTTPS !

Majapahit Teknologi - Keamanan merupakan faktor yang sangat penting dalam keberhasilan sebuah web secara keseluruhan. sebuah situs web yang rapuh akan sangat beresiko terkena serangan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Maka berikut tips keamanan website dari Majapahit Teknologi.

Tahukah anda bahwa hampir 85% konsumen tidak akan melakukan pembelian seandainya data mereka berisiko karena koneksi yang tidak aman? Selain itu, 82% pengguna online tidak akan menelusuri situs web yang tidak aman menurut penelitian terbaru.

Tips Keamanan Website : Gunakan HTTPS !

Anda dapat melindungi diri sendiri dan konsumen anda dengan menggunakan HTTPS pada situs web anda. Blog ini akan membahas HTTPS dan apa artinya sebenarnya bagi bisnis.

Apa itu HTTPS?

HTTPS adalah cara yang sesuai untuk mengenkripsi informasi yang anda kirim antara server web dan browser. Ini akan melindungi pengguna situs anda dari serangan "man-in-the-middle" ketika seseorang mencuri informasi seperti login atau informasi kartu kredit.

Apa itu sertifikat SSL?

Sertifikat SSL terdiri dari sekumpulan file data yang anda tambahkan ke server anda untuk membangun koneksi terenkripsi antara browser dan server anda. Setelah diinstal, gembok hijau akan tampil ketika pengguna mengunjungi situs web anda untuk menunjukkan bahwa itu adalah situs yang aman.

tips keamanan situs web dengan https

Ketahui Dasar Antara HTTP dan HTTPS

Memiliki pengalaman online yang baik merupakan hal yang penting dan itu harus mencakup memiliki enkripsi yang baik sehingga informasi anda tetap aman. Untuk ini, penting untuk mengetahui perbedaan antara dua opsi tersebut.

HTTP atau HyperText Transfer Protocol

Hypertext Transfer Protocol (http) adalah sistem untuk menerima dan mengirimkan informasi di Internet. Karena HTTP dikatakan sebagai "protokol lapisan aplikasi," ia berfokus pada bagaimana informasi telah disajikan kepada pengguna.

Kapan HTTP Bermanfaat ?

HTTP biasanya digunakan untuk mengakses halaman html dan anda perlu mempertimbangkan sumber daya lain juga yang dapat digunakan dengan mengakses http. Dengan cara ini, sebagian besar situs web yang tidak menyimpan informasi rahasia seperti informasi kartu kredit akan mengatur situs web mereka.

HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure

HTTPS, atau "secure http" telah dikembangkan untuk mengizinkan otorisasi dan transaksi aman. Informasi rahasia harus dipertukarkan dengan cara yang aman untuk menghindari akses yang tidak sah dan https dapat mewujudkannya. Dalam beberapa cara, https sangat mirip dengan http karena mengikuti protokol dasar.

HTTPS dan Opini Google

Google lebih memilih situs web yang bersertifikat dan layak dipercaya karena pengguna dapat dijamin bahwa situs web mengenkripsi informasi mereka sebagai tingkat keamanan tambahan. Menurut konsultan SEO dari Majapahit.id , anda harus tahu bahwa mendapatkan sertifikat kemungkinan akan meningkatkan peringkat SEO anda di mesin pencari.

Apa Alasan SEO Beralih ke Penggunaan HTTPS?

Google telah memberikan kiat-kiat ini untuk praktik terbaik saat mengubah ke HTTPS, tentukan jenis sertifikat yang anda perlukan seperti - tunggal, sertifikat wildcard atau multi-domain.

Pilih URL relatif untuk semua domain lainnya, aktifkan pengindeksan halaman web anda melalui mesin pencari. Google telah memperbarui Alat Webmaster Google untuk menangani situs-situs dengan cara yang lebih baik dan melaporkannya.

Pertahankan jejak migrasi dengan hati-hati dalam perangkat lunak analitik anda dan di dalam Alat Webmaster Google, terlepas dari sumber daya Dukungan Google, disarankan untuk mengetahui tentang HTTP / HTTPS dan beberapa tips efektif untuk beralih ke SSL / HTTPS sebelum memulai.

5 Alasan untuk Menggunakan HTTPS Sebagai Tips Keamanan Website Anda

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan HTTPS untuk website Anda, simak sebagai berikut :

Peningkatan peringkat pada Google

Lebih dari 40% situs web di halaman pertama Google adalah HTTPS. Mesin pencari terbesar, Google ingin memberikan pengalaman pengguna terbaik kepada pelanggan sehingga pencari tidak mengunjungi situs web tidak aman. Karena alasan ini, algoritma peringkat mereka mendukung situs web HTTPS.

Jika anda tidak memiliki situs yang diamankan, situs itu mungkin akan dikalahkan oleh situs web sejenis yang diamankan dengan https.

Keamanan yang Ditingkatkan

Para ahli yang bekerja di agensi SEO mengatakan bahwa Google mendukung HTTPS karena mereka ingin mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengguna mereka. Statistik mengatakan bahwa serangan cyber terjadi setiap 39 detik dan hampir 43% serangan cyber biasanya menargetkan bisnis kecil.

Google menambahkan beberapa kriteria ke algoritma peringkat untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. HTTPS membantu melindungi informasi pengguna dan informasi rahasia anda dari serangan peretas.

Label Browser yang Diperbarui

Google sekarang memperbarui pelabelan mereka untuk situs web HTTP di bilah URL Chrome. Saat ini, situs HTTP telah ditandai dengan simbol informasi abu-abu yang memberi tahu pengguna bahwa situs web tersebut tidak aman ketika mereka mengkliknya.

Google sedang memperbarui untuk menambahkan label "Tidak Aman" yang ditampilkan di depan mata daripada setelah pengguna mengklik pada simbol informasi.

Baca Juga : 11 Plugin WordPress Terbaik untuk Pemula

Google menandai situs http dengan segitiga merah yang memiliki label "Tidak Aman" ditulis dengan warna merah. Meskipun label baru ini berarti situs web anda bukan HTTPS, pengguna tidak tahu sepenuhnya dan banyak pengguna akan merasa gelisah karena melihat label di situs web yang mereka jelajahi.

Tingkat konversi yang Meningkat

Meskipun pengguna mungkin tidak memiliki pemahaman teknis tentang koneksi aman, mereka memahami bahwa mereka menginginkan HTTPS website yang memberikan keamanan untuk informasi pribadi mereka.

Ada perbedaan dalam tingkat konversi antara situs web HTTP dan HTTPS. Setelah Google meluncurkan label HTTP mereka, ada perbedaan besar dalam tingkat konversi antara keduanya.

Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Semakin banyak pengguna sekarang khususnya mencari koneksi aman pada saat mengunjungi situs web. Koneksi yang aman memastikan pelanggan sepenuhnya tenang bahwa situs web anda dapat dipercaya dan informasi yang disimpan aman.

Penutup

Apakah anda siap untuk beralih situs web anda ke HTTPS? anda dapat menghubungi Majapahit.id, kami dapat mengelola seluruh prosedur untuk anda. Dengan demikian, HTTPS menjadi sistem yang aman, pengguna situs web anda akan menghargai upaya anda untuk beralih dari HTTP ke HTTPS karena informasinya akan disimpan dengan aman.

Bagikan artikel ini: