CRM . 11 March 2022

Fungsi CRM Bagi Perusahaan

Majapahit Teknologi - Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas mengenai fungsi utama dalam CRM (Customer Relationship Management). Metode CRM, memang dirancang untuk bisa mengumpulkan berbagai informasi mengenai pelanggan.

Informasi yang didapat dari para pelanggan bisa melalui cara yang mencakup seperti website Perusahaan, telepon, percakapan, surat dan media sosial.

CRM ialah istilah yang merujuk pada penerapan, strategi bahkan teknologi yang sudah harus digunakan oleh Perusahaan dengan tujuan untuk dapat mengelola serta menganalisa interaksi dan lain sebagainya.

Software atau aplikasi CRM ini dapat membantu Perusahaan untuk melacak serta mengelola hubungan yang baik dengan para pelanggan. Aplikasi ini akan menyimpan seluruh data pelanggan dalam satu platform. Tentu, hal ini akan sangat membantu bisnis Anda dengan tujuan untuk menghindari kesalahan data atau human error.

Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan informasi dengan cara terhubung secara langsung dengan para konsumen serta bisa membangun keakraban bersama pelanggan.

Hal ini akan sangat menguntngkan untuk Perusahaan atau bisnis Anda. Karena Anda akan menjalin hubungan dengan pelanggan. Selain itu, informasi yang Anda dapatkan merupakan gerbang awal Perusahaan untuk berkembang lebih jauh.

Peran Utama CRM Dalam Perusahaan

Bagi Anda yang ingin menggunakan software CRM. Penting sekali untuk memahami fungsi CRM terlebih dahulu. Walaupun memang setiap jenis CRM memiliki fungsi yang berbeda. Namun, Anda bisa mengetahui secara umum mengenai fungsi utama CRM. Sebagai berikut:

Mengatur Hubungan Pelanggan

Ketika Anda menggunakan software ini, Anda akan mendapatkan sejuta manfaat CRM tersebut apabila Anda menerapkan secara tepat.

Mengelola Penjualan

Ketika mengelola sistem penjualan, aplikasi ini akan mengelola beberapa tugas. Seperti berikut :

  • Memprioritaskan pelanggan melalui riwayat pembelian.
  • Fokus untuk penjualan kembali pada high value customer.
  • Mendapatkan kembali high value yang lepas.

Customer Support Semakin meningkat

Fungsi utama selanjutnya adalah customer support yang semakin meningkat karena sistem CRM bisa membantu dan mensupport tim customer service.

  • Melacak permasalahan kepada para pelanggan serta mencari tahu solusi terbaik.
  • Mengumpulkan data untuk perkembangan data kedepannya.
Kelebihan dan kekurangan CRM

Melacak Calon Pembeli

Dengan CRM, tentu saja bisnis atau Perusahaan yang sedang Anda kelola akan dibantu oleh software tersebut. Caranya adalah dengan melacak karakter calon pembeli yang potensial melalui rekaman riwayat percakapan yang memang terjadi ketika bisnis berjalan.

Hal tersebut bisa melalui email, telepon, bahkan sampai dengan aplikasi WhatsApp API, Line, Telegram dan lain sebagainya.

Ketika melacak prospek atau calon pelanggan, fungsi utamanya adalah sebagai berikut:

  • Melacak perjalanan pelanggan.
  • Lacak repon serta hubungan dengan para pelanggan.
  • Selalu memprioritaskan respon untuk meningkatkan pemasukan dari pelanggan yang baru.

Mengotomatisasi Bisnis

CRM software dapat mengotomatisasi tugas yang berulang. Sehingga pada akhirnya bisnis akan berfokus pada hal yang lebih penting yaitu untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga : Ciri Perusahaan Membutuhkan CRM !

Tugas mengotomatisasi bisnis secara detail adalah sebagai berikut:

  • Manajemen KPI ( Key Performance Indicator ).
  • Manajamen tugas.
  • Mengotomatisasikan dokumen.
  • Pelaporan pada dashboard menjadi otomatis.

Mendapatkan Peluang Baru

CRM akan berperan aktif untuk mendapatkan ide baru dalam pengembangan produk terbaru, penjualan yang baru serta target pasar yang baru.

Selain itu, CRM akan mengetahui berbagai data eksternal atau publik untuk mencari tahu dengan cepat trend pembelian, demografi, rantai pasokan dan lain sebagainya yang belum diketahui.

Kesimpulan

Tentu saja dengan fungsi CRM dalam Perusahaan. Maka, akan sangat membantu untuk dapat mengembangkan bisnis dengan tepat. Mengapa demikian ? Karena pada sistem CRM, Anda hanya perlu mengelola bisnis hanya dalam satu platform.

Bagikan artikel ini: