Jenis CRM yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Hai Majapahit Teknologi ! Perlu di ketahui bahwa Pelanggan merupakan komponen penting yang selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Tanpa adanya pelanggan, setiap perusahaan tidak akan pernah bisa bertahan.

Upaya paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaring pelanggan dan membuat hubungan baik adalah dengan menggunakan aplikasi CRM.

Ada beberapa jenis-jenis CRM yang tepat untuk bisnis Anda. Untuk itu perlu mengetahui dulu detailnya seperti apa sehingga bisa memilih mana yang paling cocok untuk bsinis Anda.

Inilah Jenis-jenis CRM yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Secara umum, terdapat tiga jenis CRM yang mungkin cocok untuk bisnis Anda. Pada prinsipnya, setiap bisnis memiliki permasalahan dan solusi penangan berbeda sehingga semuanya tidak bisa menggunakan satu jenis CRM saja. Berikut ini terdapat beberapa informasi terkait masing-masing jenis dari CRM.

CRM Operasional

Jenis CRM yang pertama adalah CRM Operasional. CRM ini dapat digunakan untuk keperluan marketing maupun sales dengan tujuan untuk memudahkan proses bisnis.

Perlu di ketahui, tujuan CRM ini merupakan untuk mencari pelanggan yang potensial dengan tujuan untuk menjadikan kontak dan mengumpulkan seluruh data yang nantinya akan di butuhkan oleh Perusahaan untuk keperluan promosi. Jenis CRM ini merupakan yang paling umum dan populer di antara berbagai jenis industri.

Marketing

Jenis-jenis CRM yang tepat untuk bisnis Anda pertama adalah marketing. Siapa yang tidak mengetahui divisi satu ini? Marketing memiliki fokus utama mengelola hubungan baik dengan setiap pelanggan.

Pihak marketing akan melakukan pemasaran untuk menarik pelanggan. Mula-mula memperkenalkan produk yang dijual hingga membuat pelanggan tersebut tertarik untuk mencoba.

Kelebihan dari jenis CRM marketing ini adalah memiliki fitur marketing otomatis, yakni berupa otomisasi secara terjadwal terkait konten apa saja yang saat itu harus dikirim ke audiensi.

Dengan begitu, pekerjaan tim marketing akan lebih mudah bahkan juga menjadi lebih efisien. Selain itu, proses pemasaran yang dilakukan juga bisa lebih kondusif.

Kelebihan lain dari jenis ini adalah mampu mengoptimalkan konten dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Sistem pada CRM yang sudah begitu canggih akan membuatnya mampu memilah konten apa saja yang tepat untuk ditampilkan pada pelanggan. Dengan begitu tingkat ketertarikan pelanggan akan lebih maksimal dibandingkan cara manual.

Sales

Jenis-jenis CRM yang tepat untuk bisnis Anda kedua adalah sales. Antara marketing dan sales kebanyakan orang sering kali menganggapnya sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Marketing bertanggung jawab pada konsep dan strategi yang digunakan untuk membuat konsumen merasa tertarik terhadap produk yang dijual. Sedangkan sales bertugas untuk membut pelanggan tertarik membeli.

Untuk fungsi lebih jelasnya sebenarnya CRM ini adalah mengelola data calon pelanggan dan menjaga transaksi yang sudah dilakukan. Data yang diperoleh akan masuk ke dalam database lalu kemudian pihak sales akan lebih mudah melakukan promosi online secara serentak.

Promosi yang dilakukan berfungsi untuk menarik pelanggan sehingga dirinya berkenan melakukan repeat order.

Baca Juga : Pengertian Customer Relationship Management

Ada beberapa keuntungan menggunakan jenis-jenis CRM yang tepat untuk bisnis Anda, khususnya pada jenis sales ini. Pertama adalah meningkatkan akurasi data dari para pelanggan.

Kedua, mengidentifikasi lalu menemukan apa saja masalah yang sekiranya menganggu dalam proses penjualan bisnis Anda. Ketiga, keuntungan yang paling penting adalah meningkatkan performa dari setiap penjualan produk.

jenis-jenis crm yang perlu anda ketahui

CRM Analitis

Selanjutnya adalah CRM Analistis yang akan membantu Anda untuk mengelola manajemen CRM Operasional yang meliputi marketing, sales dan juga customer service.

CRM ini akan membantu Anda untuk menganalisa data pelanggan yang berasal dari berbagai sumber. Kemudian, data akan digunakan untuk mendapatkan insight mengenai status terkini Perusahaan.

Selain itu, data ini pun akan membantu manajemen dalam mengambil keputusan bagi marketing executive yang tentu saja untuk memahami efektivitas kampanye.

Selain itu, dapat embantu sales executive untuk dapat meningkatkan penjualan serta meningkatkan kualitas pelayanan bagi customer service agar menjadi lebih baik.

Support CRM

Sesuai dengan namanya, jenis-jenis CRM yang tepat untuk bisnis Anda ini berfokus terhadap manajamen hubungan antara perusahaan dan pelanggan.

Pelayanan yang memuaskan tentu menjadi tujuan dari setiap pelanggan. Hal ini salah satunya bisa dipenuhi dengan terus menyediakan stok barang secara maksimal. Untuk dapat mengelola stok barang dengan praktis, manfaatkan saja software inventory.

Hal ini juga termasuk dalam layanan support CRM sehingga perlu dimaksimalkan dengan baik. Pada aplikasi ini biasanya berisi beberapa fitur seperti live chat dan help desk.

Apa saja keuntungan menggunakan jenis CRM satu ini? Pertama, perusahaan bisa mengelola dengan maksimal tingkat kepuasan pelanggan.

Kedua, saat pelanggan sudah merasa mendapatkan pelayanan yang memuaskan, maka sangat mudah mendapatkan loyalitas dari mereka. Ketiga, tentu saja dapat terus meningkatkan kualitas layanan sehingga para pelanggan tidak akan beralih.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa macam CRM yang tepat untuk bisnis Anda. Masing-masing CRM akan menghasilkan keuntungan besar apabila ditempatkan pada bisnis yang tepat.

Selain itu bisa juga melakukan kolaborasi dengan inventory software. Apa itu inventory software? Anda perlu mengetahui dengan detail mengenai software tersebut agar bisa semakin memajukan perusahaan.

Whatsapp