Apa Itu CRM Software Dan Contohnya Pada Perusahaan

Majapahit – Bagi kalangan pebisnis pemula mungkin sangat penasaran dengan yang namanya software CRM. Seiring perkembangan teknologi, kemunculan software-software pendukung bisnis menjadi satu hal menarik yang layak untuk diperhatikan. Maka dari itu, ulasan kali ini mengenai pengertian CRM, fitur beserta contohnya yang harus Anda ketahui.

CRM bisa juga disebut sebagai strategi manajemen yang mana fungsi utamanya adalah untuk mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Pengertian CRM (Customer Relationship Management)

Apa yang di maksud dengan crm ? CRM atau Customer Relationship Management ialah salah satu cara atau strategi untuk membangun hubungan yang baik antar Perusahaan atau bisnis dengan para stakeholder atau bahkan shareholdernya.

Tentu saja pada zaman milenial ini banyak sekali Perusahaan yang sudah memanfaatkan CRM untuk menjalin hubungan bersama pelanggan atau klien menjadi lebih dekat bahkan berlanjut. Yuk, kenali software CRM lebih dekat. Penjelasannya sebagai berikut.

Baca Juga :

Apa Itu HRIS ?

CRM Software Pembangun Kolaborasi yang Handal

CRM juga bisa disebut sebagai manajemen hubungan pelanggan sehingga proses kolaborasi sangat mungkin untuk dilakukan. Sejauh apapun jarak yang dimiliki antara pelanggan, tetap menghasilkan sebuah solusi pengelolaan yang efektif dan tentunya berdampak baik.

CRM akan membantu setiap perusahaan membangun kolaborasi epik dengan semua pelanggan-pelanggannya.

Pemahaman Menyeluruh tentang Basis Pelanggan

Dalam suatu perusahaan, pelanggan merupakan salah satu komponen penting yang tidak dapat dipisahkan. Maka ketika ditanya mengenai CRM software? tentu akan sangat berkesinambungan dengan yang namanya pelanggan.

Software satu ini membantu memberikan pemahaman menyeluruh terkait informasi para pelanggan. Hal ini bisa dimanfaatkan juga untuk melakukan promosi efektif kepada para pelanggan.

Menyatukan Semua Informasi

Hal yang menarik dari CRM adalah mampu menyatukan semua informasi secara menyeluruh sehingga menghasilkan pandangan yang sama terhadap penilaian para pelanggan.

Semua informasi yang terhimpun bisa menghasilkan kesimpulan mengenai pendapat para pelanggan sehingga perusahaan bisa mengambil langkah yang tepat kedepannya.

Mengapa CRM ?

Setelah mengetahui tentang pengertian CRM, mungkin masih banyak yang bertanya-tanya mengenai seberapa pentingnya software satu ini digunakan oleh sebuah perusahaan.

Analoginya, ketika sebuah produk baru saja diperkenalkan di pasar, tentu butuh rentang waktu beberapa lama untuk mengenalkannya. Bisa saja butuh waktu berbulan-bulan, tergantung tingkat prestise dari produk tersebut.

Namun, jika menggunakan software CRM, maka proses pengenalan produk di pasaran akan menjadi lebih cepat dan efisien. Pasalnya sudah ada analisis kebutuhan pasar dari setiap pelanggan yang ditargetkan.

Dengan begitu perusahaan sudah bisa membaca apa yang saat ini sedang banyak dibutuhkan oleh pasar dengan tingkat penjualan tinggi.

Selain itu, CRM juga merupakan bagian dari ERP Software. Macam-macam ERP software yang sangat beragam, termasuk CRM dapat semakin menunjang kesuksesan perusahaan.

Tidak hanya mengelola data pelanggan saja, dengan tambahan macam-macam perangkat dari software tersebut tentu pengelolaan yang dilakukan oleh perusahaan bisa lebih baik.

Fitur CRM

Secara umum terdapat enam fitur yang bisa dinikmati dari penggunaan software satu ini. Keenam fitur tersebut dibagi ke dalam uraian berikut ini.

Menangkap Produk

Fitur pertama yang bisa diperoleh dari software satu ini adalah mampu menangkap setiap prospek dari para pengunjung website dengan sangat mudah. Dengan begitu fitur ini mampu membaca peluang mengenai pelanggan yang menjadi target sehingga produk bisa dibeli.

Email Otomatis

Ketika pengunjung website mengisi formulir data diri dan mencantumkan alamat email, maka bisa secara otomatis mengirimkan email kepada pengunjung. Email bisa berisis mengenai informasi-informasi produk baru ataupun hal-hal yang berkaitan dengan promosi kepada pelanggan.

Apa itu CRM ?

Memasukkan Prospek Menjadi Pelanggan

Hebatnya software CRM adalah bisa menggolongkan pihak prospek yang berpeluang dan tidak. Hal ini biasanya cukup sulit tetapi ketika sudah berhasil dilakukan maka dampaknya akan sangat besar. Perusahaan tidak akan membuang-buang waktunya untuk mengurusi pelanggan dengan prospek rendah.

Integrasi dengan Chat, Email, SMS, Telepon

Ketika menghubungi para pelanggan, bisa saja menggunakan akses media yang sangat beragam, seperti misalnya chat, sms, email, ataupun telepon.

Banyaknya media tersebut terkadang membingungkan para pengguna karena secara otomatis kesulitan memilah mana pesan milik pelanggan ini dan mana milik pelanggan lain. Namun dengan CRM, semua pesan akan terintegrasi dalam satu sistem.

Contoh Software CRM

Admin akan memberikan contoh mengenai CRM Software. Hal ini bermaksud agar Anda mendapatkan gambaran pasti mengenai CRM.

Silahkan Anda bayangkan apabila semua perangkat terhubung menjadi 1 lalu tersimpan di aplikasi yang akan mencakup data semuanya.

Berikut ini adalah gambaran mengenai aplikasi crm yang akan membantu Anda untuk mengembangkan Perusahaan maupun bisnis.

  • Anda bisa melihat team klien, Jadi Anda bisa menelpon ke team yang lain apabila si A sedang berhalangan.
  • Anda bisa mengetahui aja yang telah di posting mereka di media sosial.
  • Kontrak
  • Dan lain sebagainya.

Anda bisa melihat Produk CRM Majapahit Teknologi yang akan membantu mengembangkan Perusahaan Anda menjadi lebih baik.

Software CRM Majapahit Teknologi

Kesimpulan

Nah, setelah tahu mengenai pengertian CRM software tentu tidak perlu ragu lagi untuk mengandalkan software satu ini. Menyasar prospek dan calon pelanggan yang potensial tentu bukan hal yang mudah sehingga lebih baik mengandalkan bantuan software terpercaya.

Selain itu, setiap perusahaan juga perlu memiliki ilmu tentang manfaat software manajemen inventori untuk bisnis agar bisa semakin berkembang.

Software CRM merupakan terobosan baru dan sangat penting untuk di perhatikan oleh Perusahaan yang memang siap bersaing menuju era globalisasi. Selain itu, apabila ingin berkembang. Perusahaan harus dapat membantu keinginan stakeholder dan shareholdernya.

Tentu saja kesuksesan dan kegagalan Perusahaan akan tergantung kepada kemampuannya untuk menjalin hubungan yang baik & harmonis dengan pelanggan atau kliennya. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Whatsapp