Sistem manajemen gudang logistik

Mengapa Sistem Manajemen Gudang Logistik Diperlukan Oleh Perusahaan?

Sistem Manajemen Gudang Logistik – Tidak berlebihan jika saya mengatakan bahwa keberhasilan sebuah perusahaan manufaktur berbanding lurus dengan logistik dan manajemen gudang perusahaan tersebut.

Ketika suatu perusahaan tumbuh, transportasi dan penyimpanan barang menjadi lebih kompleks. Oleh karena itu, merupakan sesuatu yang penting untuk mengelola operasi logistik ini dan untuk memiliki manajemen rantai pasokan yang sempurna.

manajemen gudang terbaik

Bahkan, kebutuhan akan sistem manajemen gudang logistik dan aplikasi manajemen gudang meningkat.

Faktanya, banyak perusahaan saat ini memahami perlunya pergudangan pintar di mana semuanya dilakukan dengan perangkat pintar.

IoT di gudang menggunakan RFID, kecerdasan buatan, pelacakan GPS, dan perangkat lunak berbasis cloud untuk memudahkan proses mereka.

Apakah Anda mempertanyakan akurasi inventaris Anda?

Apakah Anda tertantang dengan persyaratan rantai pasokan yang tidak merata?

Sistem manajemen logistik mengatasi masalah Anda dan memberi Anda data realtime serta manajemen gudang.

Artikel ini ditujukan untuk industri seperti Minyak dan Gas, Restoran , Ritel, dan industri manufaktur lainnya untuk menemukan cara sederhana dalam mengelola logistik dan mengelola barang.

Mengapa Setiap Perusahaan Manufaktur Harus Memiliki Sistem Manajemen Gudang Logistik ?

Jika Anda bertanya-tanya apa dampaknya pada bisnis anda jika anda memutuskan untuk memiliki sistem manajemen gudang logistik seperti yang ada di website Majapahit Teknologi, maka pertimbangkan alasan yang disebutkan di bawah ini.

Manajemen dan Pengendalian Persediaan Gudang

Sistem manajemen inventori logistik akan membantu Anda dalam manajemen inventori. Mendigitalkan gudang Anda dengan sistem ini menjamin berkurangnya waktu siklus pemesanan.

Terkadang pekerja Anda tidak mengetahui tentang lokasi inventaris Anda. Dalam skenario ini, jika Anda tidak memiliki WMS yang efektif (Warehouse Management System), itu mungkin memiliki implikasi besar dalam manajemen rantai pasokan Anda. Perangkat lunak manajemen gudang logistik akan memberikan informasi dan meningkatkan akurasi inventaris Anda.

Penggunaan Optimal Ruang Gudang Anda

Bayangkan sebuah skenario, ketika barang-barang penting dan laris di gudang Anda berada di suatu tempat di mana karyawan Anda tidak dapat menjangkau dengan mudah. Ini akan meningkatkan waktu mengemudi bolak-balik untuk mengambil item.

Selain itu, penempatan gudang yang tidak efisien meningkatkan tenaga kerja dan memengaruhi produktivitas.
Perangkat lunak logistik datang untuk membantu dalam situasi ini dan memberi tahu manajer gudang tempat meletakkan barang dan memanfaatkan ruang maksimum.

Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin menyia-nyiakan ruang, maka lebih baik untuk mengoptimalkan sistem penyimpanan Anda, pola rak, dan palet menggunakan sistem manajemen gudang logistik.

Layanan Pelanggan dan Pelacakan

Gudang Anda adalah bagian penting dari pengalaman pembelian pelanggan Anda. Ini membantu Anda mengetahui barang mana yang lebih laku. Karenanya; Anda dapat mengembalikannya tepat waktu untuk menghindari kekurangan barang.

Selain itu, dengan mengoptimalkan prosedur langsung dari pesanan produk hingga pengiriman, perusahaan dapat secara akurat menemukan ketersediaan barang dan tanggal pengiriman yang tepat. Ini, pada gilirannya, akan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan produk tepat waktu.

Sistem WMS membuat pelacakan dan kurasi pengiriman lebih mudah melalui otomatisasi.

Anda dapat dengan mudah melacak penugasan pekerja, rute pengiriman, menggunakan aplikasi dan sistem manajemen gudang.

Produktivitas perusahaan

Pengembangan aplikasi mobile dan perangkat lunak logistik menambah efisiensi, konsistensi, dan kontrol kualitas dalam proses dengan membantu Anda memindahkan barang dengan kecepatan maksimum dan lebih sedikit rintangan.

Anda dapat menjadwalkan staf untuk waktu yang diperlukan untuk satu pekerjaan tertentu dan menghemat banyak waktu idle. Ini akibatnya meningkatkan efisiensi pekerja dan mereka dapat melakukan pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat.

Jasa Terbaik : Jasa Pembuatan Aplikasi Android

Perangkat lunak WMS tidak hanya meningkatkan keakuratan catatan inventaris untuk kebutuhan di masa mendatang, tetapi juga meminimalkan persyaratan untuk persediaan fisik yang mahal.

Bagaimana Cara Memilih Sistem Manajemen Gudang Logistik?

Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya sistem manajemen gudang logistik, mari cari tahu cara memilih software manajemen gudang terbaik.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

Apakah WMS memberikan solusi “Do More With Less”?

Nah, ini pertanyaan standar yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri apakah WMS ini akan memudahkan bisnis saya?

Cobalah untuk memilih perangkat lunak manajemen gudang yang meminimalkan pekerjaan dari sisi Anda. Ambil contoh: jika Anda dapat melacak apa yang telah dilakukan karyawan Anda, itu sepadan karena memberi Anda visibilitas yang jelas pada efisiensi tenaga kerja Anda.

Selain memantau tenaga kerja Anda, ada lusinan tugas lain yang dapat Anda lakukan dengan perangkat lunak WMS seperti manajemen inventaris logistik dan manajemen pengiriman logistik.
Jika manajemen gudang Anda menyediakan fasilitas ini maka itu mungkin merupakan kandidat yang baik.

Seberapa Sederhana Penggunaan Sistem Manajemen Gudang Logistik Saya?

Ada kemungkinan besar bahwa manajemen senior Anda mungkin tidak mengetahui sistem dengan cukup baik. Dan sistem manajemen gudang logistik yang kompleks dapat membingungkan karyawan Anda dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi.

Karenanya, saat memilih WMS, cari WMS yang sederhana untuk dimengerti dan mudah dinavigasi menu. Misalnya, pastikan bahwa sistem Anda memungkinkan karyawan Anda untuk menambahkan data dan membuat laporan dan bagan dengan cara yang paling sederhana.
Cari sistem dengan dasbor yang menyediakan akses langsung ke data paling kritis dengan satu klik.

Apakah Sistem Manajemen Gudang Ini Membantu Saya Mengelola Sumber Daya Saya?

WMS yang baik akan memungkinkan Anda mengelola segalanya mulai dari :

  • produk hingga karyawan hingga transaksi.
  • Periksa beberapa fungsi WMS harus mencakup;
  • Receiving
  • Managing received goods
  • Order picking
  • Shipping
  • Inventory audits
  • Item movements

Apa Kata Pengguna Lain Tentang Sistem Manajemen Gudang Logistik?

Ini adalah praktik terbaik untuk meminta pendapat tentang sistem manajemen gudang logistik kepada orang-orang yang benar-benar menggunakannya. Tanyakan kepada mereka tentang kinerja sistem. layakkah membeli yang seperti itu?

memilih aplikasi gudang

Kenali dukungan pelanggan seperti apa yang mereka dapatkan selama penggunaannya.

Baca Juga : 7 Alasan Pentingnya Aplikasi Mobile untuk eCommerce

Anda juga dapat keluar mengunjungi situs pelanggan secara fisik dan melihat kinerjanya. Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah; tidak perlu bahwa satu sistem yang berkinerja baik dengan satu bisnis dapat bermanfaat bagi orang lain. Ini dapat bervariasi sesuai dengan ukuran organisasi.

Bagaimana Soal ROI (Return On Investment) ?

Selain fungsi dan fitur yang disebutkan di atas adalah faktor lain yang harus Anda pertimbangkan saat memiliki sistem manajemen gudang logistik.

Jangan jatuh ke dalam perangkap WMS dengan biaya lebih murah. Tentu saja, akan dikenakan biaya lebih sedikit rupiah di muka tetapi di masa depan, dengan ekspansi dan pertumbuhan organisasi Anda, Anda harus memutakhirkannya. Dan mungkin akan lebih mahal jika Anda memilih yang memiliki lebih banyak fungsi dan fitur.

Kita semua tahu bagaimana kehidupan sehari-hari kita telah pindah ke cloud, dan manajemen gudang Anda tidak keluar darinya. Memilih sistem manajemen cloud warehouse adalah pekerjaan yang sulit. Kami merekomendasikan solusi berbasis cloud untuk bisnis kecil karena pengurangan biaya dan kontrol yang disederhanakan untuk penskalaan.

Fitur terbaik dari cloud WMS adalah memungkinkan Anda untuk mengaksesnya melalui koneksi ke internet, karenanya platform ini dikelola oleh vendor Anda setiap saat. Anda tidak perlu mengelola server. Selain cloud, seperti kita ketahui IoT juga merupakan pilihan terbaik dalam solusi Warehouse Management.

Ini adalah beberapa perangkat berkemampuan internet yang saling berkomunikasi dan berbagi data untuk menyelesaikan tugas tertentu. Dengan memasukkan sistem pintar seperti RFID, kecerdasan buatan, dan IoT dalam manajemen Gudang, IoT akan membantu melakukan hal-hal secara otomatis dan mulus, tanpa kehilangan informasi penting apa pun di sepanjang jalan.

  • Fitur WMS berbasis cloud
  • Inventory management
  • Receiving
  • Dashboards
  • Order fulfillment
  • Mobile app
  • E-commerce integration

Kesimpulan

Untuk membuat manajemen rantai suplai Anda menjadi sistem manajemen gudang logistik yang bagus telah menjadi keharusan bagi bisnis. Dengan berjuta peluang dan keuntungan, Anda dapat membawa bisnis Anda ke tingkat yang baru.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor-faktor penting yang disebutkan di atas sebelum memilih WMS Anda.
Dapatkan Solusi terbaik untuk gudang Anda disini.

Whatsapp
WhatsApp Tanyakan di sini