HRIS . 11 March 2022

Manfaat Aplikasi HRIS untuk Perusahaan dan Mengurangi Human Error

Majapahit.id - Manfaat aplikasi HRIS Versi Majapahit.id | Untuk menjalankan bisnis pastinya akan membutuhkan manusia agar berjalan dengan baik. Apabila bisnis tidak memiliki SDM maka Perusahaan tersebut tidak akan berjalan dengan semestinya.

Manusia adalah hal yang paling mendasar yang harus di perhatikan oleh Perusahaan. Karena memang manusia menjadi salah satu asset terpenting untuk Perusahaan tersebut.

Teknologi berkembang dengan pesat. Hal ini pun berdampak kepada Pekerjaan yang saat ini mulai beralih dengan menggunakan system teknologi canggih yang kompeten. Tentu, dengan anda memakai teknologi untuk bekerja maka semuanya akan berjalan dengan efektif.

Mengenal aplikasi HRIS yang memang di rancang untuk HR atau SDM agar pekerjaan mereka semakin mudah, cepat dan efektif serta Perusahaan dapat mengelola manajemen yang baik dan benar.

Departemen HR yang di Kelola oleh 1 orang atau lebih wajib mampu menyimpan data karyawan dengan sangat baik. Data tersebut sangat penting karena bisa menjadi dasar untuk menentukan apa saja hak yang harus di terima oleh karyawan yang bersangkutan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, aplikasi HRIS memiliki manfaat yang memang di ciptakan untuk manajemen Perusahaan dapat mengelola manajemen dengan baik dan benar.

Selain itu, dapat menyimpan data karyawan dengan baik karena memang tersimpan di dalam database yang dapat di akes di mana saja dan kapan saja.

Manfaat HRIS Untuk Perusahaan

HRIS merupakan kepanjangan dari Human Resources Information System yang di rancang untuk dapat membantu pekerjaan HR atau SDM di suatu Perusahaan. Dimulai dari pemasukan data entry dan bisa mengelola karyawan di berbagai aspek. Seperti absensi, penghitungan gaji dan lain sebagainya.

Lalu, kira – kira apa saja sih manfaat aplikasi hris yang akan Anda dapatkan Ketika memakai HRIS untuk Perusahaan anda. Simak penjelasannya sebagai berikut.

Cepat & Mudah

Dengan menggunakan HRIS, anda tidak akan membuang waktu untuk menghitung gajih atau merapihkan data absen kehadiran karyawan. Karena system ini akan memudahkan pekerjaan HR & SDM untuk melakukan input data atau perhitungan atas data – data yang berhubungan dengan kehadiran.

Meningkatkan Produktivitas

Aplikasi HRIS di ciptakan untuk mempercepat pekerjaan di berbagai macam proses administrasi. Termasuk pekerjaan HR. Aplikasi HRIS ini dapat mengumpulkan CV dan memeriksa informasi kandidat dalam proses perekrutan. Selain itu, HRIS juga dapat mengelola keuangan sama seperti Payroll.

Maka dari itu, dengan meggunakan system ini. Pekerjaan HR akan di mudahkan sehingga tidak memakan banyak waktu.

Manfaat aplikasi HRIS

Mengurangi Human Error

Selain dari memudahkan pekerjaan HR. System aplikasi ini dapat membantu anda untuk mengurangi kesalahan – kesahalahan kecil yang sering di lakukan oleh HR. Karena bisa saja HR melakukan kesalahan kecil yang nantinya berakibat fatal. Maka dari itu, sytem ini akan mengurangi human error dan mencegah hal – hal yang tidak di inginkan.

Menganalisa Performa

Menggunakan software HRIS dapat membantu menganalisa performa Perusahaan anda. Karena system ini di lengkapi oleh berbagai macam metrik yang memang berhubungan dengan pengambilan keputusan.

Meningkatkan Keamanan Data Karyawan

Pentingnya data karyawan untuk di jaga oleh Perusahaan harus di tingkatkan. Karena hal data tersebut mengarah kepada data personal. Maka dari itu, system HRIS dapat membantu untuk meningkatkan keamanan data karyawan.

Mengapa demikian? Karena hanya bisa di akses oleh orang – orang yang bersangkutan dengan data karyawan dan hal tersebut akan sangat membantu untuk meminimalisir pencurian data dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Menghemat Biaya Operasional HRD

System ini dapat membantu untuk menghemat biaya pengeluaran operasioanal HRD. Perangkat ini dapat membantu untuk mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja SDM. Karena seluruh pekerjaan dapat di tanggani secara otomatis.

Bagikan artikel ini: