automasi dan industri 4.0

Automasi dan Industri 4.0

Majapahit – Pesatnya automasi dan Industri 4.0 mempelopori landscape proses manufaktur yang terus berubah. Pabrikan dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan dan mendigitalkan sistem mereka sebagai sarana untuk memasang umur panjang dalam bisnis mereka.

Kegagalan untuk melakukan hal itu berisiko membuat mereka jatuh di antara permintaan pelanggan yang terus meningkat.

Pengertian Automasi

Perlu di ketahui Automasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “AUTOMOTOS“. Pada awal mula kata tersebut hanya bermaksud dengan tujuan untuk bergerak sendiri atau istilah kerennya adalah (Self Moving). Awalnya, kata tersebut muncul pada tahun 1936 oleh D.S Harder. Setelah itu, Automasi mulai berkembang pada tahun 1952.

Dengan demikian, Automasi adalah sebuah rancangan teknologi yang menggunakan mesin atau elektronik berupa sistem komputer dengan tujuan untuk bisa mengoprasikan dan mengendalikan proses produksi.

Automasi Dalam Industri 4.0

Digitalisasi, automasi, dan pengumpulan data adalah prinsip utama Industri 4.0 yang harus diselaraskan oleh produsen. Dengan melakukan itu, produsen dapat meningkatkan efisiensi sambil merampingkan biaya dan mempertahankan pengalaman pelanggan yang berkualitas.

 Sebagai pemasok terkemuka dan produsen solusi komponen penting, Komponen Essentra adalah salah satu dari banyak produsen yang baru memulai perjalanan Industri 4.0 mereka.

Perencanaan Pintar

Untuk Komponen Essentra, area bisnis utama yang menggabungkan otomatisasi dapat dibagi menjadi tiga area terpisah; perencanaan pintar, mesin pintar, dan data pintar. Untuk perencanaan yang cerdas, perusahaan menggunakan perangkat lunak perencanaan permintaan canggih untuk menentukan ukuran lot dan poin pengisian ulang dalam sistem ERP.

Proses ini kemudian melepaskan permintaan ke alat penjadwalan yang canggih, yang memiliki kapasitas untuk mengatur pekerjaan paling efisien sesuai dengan berbagai kriteria, seperti menghindari perubahan bahan atau warna. Proses otomatis ini terhubung ke sistem pemantauan produksi utama perusahaan.

Bahkan robotika sederhana seperti sprue picker dan in-line recycle telah membantu meningkatkan penangkapan cetakan dan pemulihan limbah. Mengotomatiskan proses ini telah membantu mengurangi limbah bahan baku bulanan perusahaan sekitar 75%.

Mesin pintar

Selama tiga tahun terakhir, perusahaan juga telah meningkatkan sekitar 25% dari mesinnya di lantai toko Inggris untuk mengambil keuntungan dari teknologi baru.

Dengan melakukan hal itu, karyawan sekarang memiliki kemampuan untuk menghubungkan mesin ke sistem cloud, memungkinkan individu untuk secara langsung mengunduh parameter pemrosesan yang disetujui ke mesin yang pada akhirnya mempercepat seluruh proses.

Essentra juga telah memasukkan kemampuan akses jarak jauh pada alat berat untuk memungkinkan insinyur mesin eksternal mendiagnosis kesalahan yang mengurangi periode waktu henti potensial.

Komponen Essentra saat ini sedang mengembangkan proses di mana teknisi dapat memiliki akses untuk memecahkan masalah pemrosesan dari jarak jauh dan membuat modifikasi pada proses melalui ponsel pintar mereka.

Manfaat lain dari munculnya mesin pintar adalah bahwa 70% dari bahan yang digunakan perusahaan juga sekarang langsung dimasukkan ke dalam mesin yang mengurangi penanganan manual, limbah dan waktu henti mesin.

automasi dan industri 4.0

Data Pintar

Data Pintar adalah bidang utama otomatisasi bagi produsen. Proses ini menangkap informasi keefektifan peralatan keseluruhan (OEE) real-time yang tidak hanya membantu sistem mempertahankan tingkat kinerja yang diperlukan, tetapi juga menawarkan data yang tak ternilai di mana ada ruang untuk perbaikan.

Misalnya, parameter pengaturan lembar disimpan secara elektronik, yang berarti bahwa parameter itu dapat diunduh secara otomatis ke mesin untuk mengurangi waktu pengaturan.

Munculnya otomatisasi dan data pintar yang diperoleh dari sistem pemantauan produksi telah membantu secara langsung dengan program pengembangan perkakas, yang telah menghasilkan perolehan efisiensi besar-besaran.

Baca Juga : Robot yang Bisa “Berinteraksi” dengan Ikan

Akibatnya, Komponen Essentra memiliki lebih dari separuh jumlah mesin di lantai toko, sementara dua kali lipat output dalam 20 tahun terakhir.

Menciptakan pabrik yang cerdas dan merevolusi seluruh proses produksi pada awalnya dapat tampak seperti tugas yang rumit dan tidak ada habisnya, tetapi produsen akan dapat menuai manfaat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Automation and Industri 4.0 sepenuhnya mendefinisikan kembali proses manufaktur yang sudah ketinggalan zaman dan akan membantu mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Ini adalah waktu yang sangat menarik bagi industri manufaktur dan produsen harus menanggapi perkembangan teknologi ini dan memastikan mereka memenuhi tuntutan pasar yang terus berubah.

Manfaat Automasi Dalam Dunia Industri

Maraknya automasi pada saat ini adalah karena dengan adanya sistem integrasi (SI), atau bisa dijelaskan sebagai seluruh bagian produksi di pabrik dikelola oleh satu pusat kendali secara keseluruhan. Misalnya seperti panel listrik, sumber daya dan lain sebagainya. Di bawah ini adalah manfaat automasi dalam dunia industri yang harus Anda ketahui. Sebagai berikut

Pelaporan & Pemeriksaan Menjadi Mudah

Sistem automasi akan memudahkan seluruh kegiatan untuk bisa mengakses data-data. misalnya seperti pelaporan dan audit. Dengan ini, para staf bisa dengan mudah dan cepat untuk bisa menemukan informasi yang dibutuhkan.

Meningkatkan Produksi

Dengan adanya Automasi bisa meningkatkan frekuensi serta jumlah produksi. Namun tanpa adanya memboroskan daya dan waktu. Tentu saja hal ini dianggap sempurna karena dapat menghadapi persaingan dengan perusahaan lainnya.

Mengurangi Resiko Cedera

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tentu akan membantu manusia untuk mengerjakan aktivtias dalam sehari-harinya.

Misalnya seperti adanya automasi bisa membantu untuk mengurangi resiko cedera pada karyawan. Khususnya seperti tugas pekerjaan yang mengambil resiko nyawa seperti pemotongan, penggunaan bahan kimia dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dengan adanya sistem automasi tentu saja bisa meningkatkan berbagai Produktivitas dan Persaingan di berbagai Perusahaan industri dan lain sebagainya. Karena dengan hadirnya teknologi ini bisa mengotomatiskan tugas-tugas tertentu yang bisa membahayakan nyawa manusia sekalipun.

Whatsapp