Digital Marketing . 23 November 2021

Internet Marketing : Pengertian, Tujuan, Manfaat & Strategi Ampuh untuk Bisnis Anda !

Majapahit Teknologi - Perkembangan teknologi yang hampir digunakan pada berbagai sisi aktivitas dalam kehidupan merupakan hal yang lumrah dilakukan. Salah satu aktivitas yang dimaksudnya tersebut adalah Internet Marketing.

Internet marketing tersebut menjadi aktivitas yang paling efektif penggunaan teknologinya. Kali ini Anda akan mempelajari seputar apa itu internet marketing tersebut agar semakin paham.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing adalah kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan teknologi di dalamnya. Internet marketing ini menggunakan media elektronik, seperti iklan elektronik, brosur elektronik, poster elektronik, dan berbagai media elektronik lainnya yang ditujukan memasarkan produk atau suatu bisnis secara mudah ke berbagai audiens.

Tujuan Internet Marketing

Kehadiran internet marketing ini tentu saja memiliki tujuan. Adapun tujuan yang dimiliki dari internet marketing ini adalah memudahkan aktivitas marketing tanpa harus menggunakan banyak biaya untuk terjun ke lapangan.

Selain itu, internet marketing juga bertujuan merambah banyak audiens dengan waktu yang sangat efisien melalui media sosial yang tepat.

Manfaat Internet Marketing

Manfaat Internet Marketing

Baca : Apa Itu Analisis SWOT untuk Meningkatkan Kualitas Bisnis !

Terdapat beberapa manfaat dari internet marketing yang wajib Anda ketahui. Berikut ini adalah manfaat dari Internet marketing yang wajib diketahui tersebut:

Menghemat Biaya

Manfaat pertama menggunakan sistem internet marketing untuk mempromosikan produk bisnis adalah biaya yang dikeluarkan lebih hemat dibandingkan melakukan promosi secara konvensional.

Sebab, biaya hanya berfokus pada pemasangan iklan dan biaya operasional hanya terletak pada biaya internet. Berbeda dengan promosi secara konvensional yang banyak membutuhkan biaya konvensional.

Melihat Hasil secara Real – Time

Pemasangan iklan atau media promosinya secara teknologikal ini lebih terasa manfaatnya sebab dapat dicek hasilnya secara real – time.

Hal tersebut sebab, pengunjung iklan dapat dilihat trafficnya sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh bisnis.

Banyak Pilihan dalam Pemasaran

Kegiatan pemasaran yang melibatkan teknologi tersebut menyediakan banyak pilihan yang memudahkan suatu bisnis untuk mempromosikan produknya.

Pilihan – pilihan tersebut dapat berupa media pemasaran, bentuk pemasaran, dan berbagai fitur pemasaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembisnis.

Meningkatkan Keuntungan

Internet marketing yang tidak membutuhkan banyak biaya dan dapat hasilnya dapat dirasakan secara instan tersebut memiliki kemampuan dalam meningkatkan keuntungan suatu bisnis.

Hal ini tentu saja menjadi pilihan berbagai bisnis untuk mempromosikan produknya.

Memudahkan Pengelolaan

Pengelolaan internet marketing tersebut dapat mudah dilakukan sehingga pengelolaannya lebih baik dan tepat dilakukan.

Selain itu, kegiatan akan dijamin terealisasi dengan baik sesuai dengan biaya yang dianggarkan sebab memiliki takaran jelas.

Membantu Riset Pasar

Kegiatan pemasaran yang melibatkan internet ini memiliki kelebihan yaitu membantu dalam melakukan riset pasar.

Sebab, traffic pengunjung yang mengunjungi iklan tersebut dapat mencerminkan hasil dari bentuk ketertarikan para pengunjung tersebut mengenai produk yang ditawarkan dan mengapa mereka mengunjunginya dapat dijadikan sebagai patokan riset pasar.

Lebih Tepat Sasaran

Lebih tepat sasaran merupakan keuntungan yang didapatkan dari internet marketing ini sebab iklan memiliki audiens yang sangat luas.

Dan dari audiens yang sangat luas tersebut tentu saja terdapat audiens yang menyukai produk bisnis Anda tersebut.

Bisa Segera Melakukan Perubahan

Kemampuan dari internet marketing yang sangat membantu sebuah bisnis untuk melakukan riset pasar dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan perubahan.

Dari hal tersebut, tentu saja sebuah bisnis atau perusahaan dapat segera melakukan perubahan dan penyesuaian sesuai dengan keinginan para audiens agar semakin tertarik dengan produk yang dipromosikan.

Jangkauan Customer yang Lebih Luas

Pemasaran yang dilakukan pada internet tersebut memiliki manfaat yang sangat banyak terutama dalam jangkauan customer. Dimana, jangkauan tersebut lebih luas didapat melihat banyaknya audiens yang dapat dicapai dalam satu bentuk promosi atau iklan.

Penjualan Terjadi dengan Cepat

Apabila seseorang tertarik pada produk Anda yang dilihat dari internet marketing yang dilakukan pada perusahaan, maka orang tersebut dapat melakukan pembelian secara langsung terutama jika perusahaan membuka lapak online untuk berjualan.

Hal ini merupakan keuntungan dari menggunakan internet sebagai bagian dari marketing maupun bisnis produk.

Strategi Internet Marketing

Strategi Internet Marketing

Terdapat beberapa strategi internet marketing yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan agar produknya dapat cepat laku di pasaran:

Terapkan Email Marketing

Strategi pertama yang dapat dilakukan adalah menerapkan email marketing. Dimana, produk akan dipromosikan ke email para calon customer.

Selanjutnya, apabila customer tertarik maka email tersebut dapat diarahkan langsung kepada pembelian atau pembookingan produk secara online.

Manfaat Google Bisnisku

Produk google yang bisa membantu Anda untuk melakukan internet marketing adalah google bisnisku.

Dengan produk ini Anda dapat melakukan kegiatan penjualan lebih mudah dan merambah berbagai audiens atau calon customer secara cepat.

Lakukan Affiliate Marketing

Marketing affiliate merupakan kegiatan marketing yang berasal dari koneksi berbagai link. Hal ini lebih efektif dilakukan mengingat berbagai klik link secara otomatis dapat dilakukan apabila seseorang membuka website atau media sosial.

Iklankan Situs di Hasil Pencarian dengan SEM

Penggunaan SEM untuk melakukan internet marketing tentu saja sangat efektif dilakukan sebab hasilnya menjanjikan. Strategi ini dapat Anda lakukan dengan mengiklankan situs bisnis Anda di mesin pencarian menggunakan sistem SEM.

Datangkan Traffic dengan SEO

Traffic dapat Anda datangkan dengan efisien menggunakan sistem SEO untuk mudah mengakses berapa besar pengunjung yang hadir pada situs Anda tersebut. Dengan begitu, kegiatan internet marketing dapat terukur secara jelas.

Ciptakan Website

Kegiatan internet marketing tentu saja tidak terlepas dari penciptaan sebuah website. Sehingga, website ini kerap menjadi komponen paling penting sebuah pemasaran melalui internet. Ciptakan website Anda maka bisnis Anda dapat lebih mudah dipromosikan.

Baca Juga : Cara Membuat Website & Blog Dengan Mudah !

Bekerjasama dengan Influencer

Memanfaatkan influencer yang memiliki ribuan hingga jutaan pengikut di sosial media akan memudahkan Anda mendapatkan calon customer. Terutama, jika produk Anda tersebut direview secara baik oleh seorang influencer.

Lakukan Guest Blogging

Guest blogging dapat menjadi media internet marketing paling efektif. Sebab, guest blogging dapat membuat audiens melihat produk Anda dengan mudah. Selain itu, target pemasaran dapat tercapai dengan baik.

Membuat Blog

Selain membuat website, Anda juga dapat membuat blog untuk dapat mempromosikan produk milik Anda tersebut. Manfaatkan berbagau fitur – fitur blog untuk mencapai kegiatan internet marketing yang efektif dan efisien.

Bangun Komunikasi dengan Social Media Marketing

Membangun komunikasi dengan social media marketing merupakan hal paling tepat dilakukan untuk menjadi seorang internet marketer yang sukses. Sebab, social media marketing menjadi pilihan media paling tepat untuk mempromosikan produk.

Perbedaan Internet marketing dengan Digital Marketing

Umumnya, internet marketing bergerak melalui media – media yang dijajahkan melalui internet untuk mempromosikan produknya.

Sedangkan, digital marketing dapat merambah luas ke berbagai media elektronik, baik internet maupun tidak internet seperti tv, radio, baliho elektronik, dan lain – lain.

Penutup

Penjelasan – penjelasan mengenai internet marketing di atas kini dapat memudahkan Anda memahami apa saja yang wajib diketahui seputar tentang belajar ilmu internet marketing tersebut.

Sehingga, Anda bisa memutuskan jenis promosi mana yang tepat digunakan untuk bisnis Anda !

Bagikan artikel ini: