Website - blog . 01 November 2021

Cara Membuat Blog Pribadi Dengan Tampilan Profesional

Majapahit Teknologi - Siapa yang tidak mengenal blog? Salah satu situs yang hampir dimiliki oleh seluruh pengguna internet ini memiliki banyak manfaat, diantaranya menjadi wadah untuk mencari nafkah.

Tentu saja hal tersebut membuat Anda semakin penasaran sebab keuntungan ini seakan mudah didapatkan hanya melalui sebuah blog.

Namun, bagi Anda yang menjadi pemula dalam penggunaan blog atau seorang blogger yang masih belum paham cara sukses dalam mendirikan blog tersebut maka akan dijelaskan cara sukses membuat blog pribadi dengan mudah yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Pilihan Platform untuk Membuat Blog dengan Gratis

Pilihan Platform untuk Membuat Blog

Baca : Apa itu Blog ? Berikut Ini Pengertian, Sejarah, dan Fungsi Blog

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih platform untuk membuat blog, terdapat berbagai pilihan platform untuk membuat blog yang dapat dipilih, diantaranya yaitu:

Wordpress.com

Platform pertama yang dapat dimanfaatkan untuk membuat blog adalah wordpress.com. Platform ini memiliki sistem yang lebih lengkap tetapi cukup mudah diakses oleh pengguna. Anda bisa memilih wordpress sebab platform ini gratis sebagai alat pembuat blog.

Wordpress.Org

Platform selanjutnya adalah wordpress.org. Platform ini memiliki nama yang sama dengan wordpress.com, tetapi perbedaannya terletak dari sistemnya yang tentu saja lebih lengkap dibandingkan platform pertama.

Sehingga, sering dimanfaatkan untuk pembuatan website blog.

Medium

Website tembusan Amerika yang diluncurkan pada tahun 2012 ini menjadi tempat yang baik dalam membuat blog pertama Anda, terutama bagi pemula.

Sebab, penggunaan medium sangatlah mudah dan ringkas tetapi dapat memberikan akses seperti blog lainnya.

Blogger

Blogger yang menjadi platform pilihan oleh hampir seluruh pengguna internet ini bisa Anda manfaatkan terutama bagi Anda yang tidak ingin ribet menghubungkan akun google atau membuat akun baru dalam pembuatan blog.

Cukup buka blogger.com maka Anda dapat menghasilkan sebuah blog.

Weebly

Platform terakhir yang dapat Anda pilih adalah weebly. Platform ini dapat Anda manfaatkan untuk membuat blog dengan sistem yang cenderung mudah dan ramah pakai bagi seorang pemula.

Bahkan, blog ini sering dikaitkan dengan pembuatan sebuah website blog pula.

Cara Membuat Blog Pribadi dengan Mudah

Cara membuat blog Pribadi

Setelah menentukan platform yang hendak dipilih untuk membuat blog, maka hal selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah cara membuat blog tersebut. Berikut ini adalah cara – cara yang wajib Anda ikuti:

Memilih Niche Blog

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adlaah memilih niche blog. Niche blog adalah jenis blog yang akan Anda isi tersebut.

Contohnya niche berita, sports, teknologi, kuliner atau gabungan dari beberapa niche sekaligus yang disusun secara sistematis.

Pilih Topik yang Anda Kuasai

Hal selanjutnya adalah memilih topik yang Anda kuasai disesuaikan dengan niche yang dipilih.

Semisalnya, Anda memilih mengisi blog dengan niche kuliner dan memiliki kemampuan dalam memasak maka Anda bisa memokuskan isi konten dengan resep atau tutorial memasak.

Pilih Topik yang Populer

Meskipun Anda wajib memilih topik yang dikuasai jangan lupa untuk tetap memilih topik yang populer. Hal ini akan memudahkan blog Anda cepat naik daun dan ramai didatangi oleh pengunjung yang tentu saja dapat menaikkan traffic dan memikat adsense.

Melihat Peluang Keuntungan Niche Blog

Dari pemilihan niche blog tersebut, tentu saja Anda sudah melihat peluang dari keuntungannya.

Apakah kelak niche blog tersebut dapat mendatangkan traffic yang tinggi? Maka Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukannya.

Memilih Layanan & Jenis Hosting yang Tepat

Apabila blog Anda memiliki cakupan luas dan hampir mencapai jenis website maka Anda wajib memilih jenis layanan dan hosting yang tepat.

Hal ini dilakukan agar blog Anda tersebut tetap dapat diakses meskipun telah ramai dikunjungi oleh orang dan tidak mengganggu konektivitas pengaksesannya.

Menentukan Nama Domain

Sama halnya dengan memilih layanan dan juga jenis hosting yang dirasa sangat tepat, untuk cakupan blog luas Anda juga bisa memilih domain sendiri untuk membedakan blog Anda dengan blog lainnya.

Terdapat fitur domain gratis yang telah tersedia pada fitur platform blog yang Anda pilih tersebut, tetapi untuk fitur lengkap Anda bisa memanfaatkan domain berbayar.

Instalasi Wordpress

Anda dapat melakukan instalasi wordpress pada softaculous apabila memilih platform tersebut dengan melalui langkah – langkah berikut ini:

  • Masuk ke cpanel : Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk instalasi wordpress adalah masuk ke cpanel pada menu wordpress tersebut dengan login akun hosting Anda.
  • Buka Softaculous Apps Installer : Selanjutnya yang dilakukan adalah membuka softaculous apps installer dan memilih wordpress.
  • Instal Wordpress : Setelah memilih wordpress pada softaculous apps installer maka klik install untuk mengaktifkan wordpress tersebut.
  • Setting Instalasi Wordpress : Setelah menginstal wordpress tersebut, maka Anda wajib setting instalasi wordpress dengan cara memasukkan nama domain Anda. Dilakukan dengan login wp-admin.
  • Pilih Tema dan Instal : Anda juga dapat memilih tema yang tersedia pada menu wordpress tersebut dan memilih install untuk mengaktifkannya.
  • Instalasi Selesai : Setelah Anda mengikuti berbagai langkah di atas maka selamat! Wordpress Anda telah terinstal dengan baik.

Alasan Harus Membuat Blog

Seseorang yang memilih untuk membuat blog umumnya memiliki beberapa alasan yaitu ingin mendirikan website dengan pilihan konten dirinya sendiri atau konten orang lain.

Biasanya mereka ingin meraih cuan atau mengahasilkan uang dari setiap adsense yang terpampang pada blog tersebut, atau sebagai media promosi dari bisnisnya, dan alasan – alasan lainnya sesuai dengan keyakinan blogger tersebut.

Cara Membuat Blog di Halaman Pertama Google

Cara membuat blog agar di halaman pertama google

Terdapat beberapa cara supaya blog Anda bisa berada dii halaman pertama google dan memberikan traffic tinggi pengunjung sehingga memberikan keuntungan bagi blogger tersebut.

Adapun cara – cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Lakukan Riset Kata Kunci

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset kata kunci yang hendak Anda gunakan untuk mengisi setiap blog tersebut.

Kata kunci ini umumnya dapat disematkan pada konten dan apabila laris akan mendatangkan banyak pengunjung.

Pelajari SEO

SEO atau Search Engine Optimalization merupakan hal yang wajib Anda pahami untuk mendatangkan banyaknya pengunjung pada blog Anda dengan menghadirkan berbagai konten sistematis dan terarah langsung pada blog Anda tersebut.

Mempercepat Performa Website

Performa website adalah patokan selanjutnya dari kelarisan blog atau website. Dimana, performa website tersebut termasuk pada optimalisasi tampilan, sistem, hosting, dan berbagai komponen pendukungnya.

Optimalisasi Blog Versi Mobile

Tampilan mobile harus dipertimbangkan oleh seorang blogger untuk meningkatkan pengunjung.

Sebab, banyak pengunjung pada sebuah blog yang mengakses melalui hp atau gawai sehingga tampilannya harus nyaman dan siap digunakan pada gadget tersebut.

Kualitas Konten

Kualitas konten yang Anda miliki pada blog tersebut juga harus fresh, asli, terpercaya dan menarik sehingga mendatangkan pengunjung.

Hindari penggunaan konten usang dan tidak terjamin kredibilitasnya sebab akan membuat pengunjung berlarian.

Buat Blog Anda Aman

Pengamanan kepada blog Anda juga wajib ditingkatkan, bukan hanya untuk Anda sendiri tetapi juga untuk pengaksesnya.

Sebab, terdapat beberapa blogger yang kurang antisipatif sehingga blognya dihinggapi virus yang membuat data pengakses terbongkar dan merugikan berbagai pihak.

Baca Juga : Cara Mengamankan Website dari serangan hacker

Penutup

Melalui informasi – informasi yang tersaji di atas tentu saja Anda semakin paham mengenai cara membuat blog pribadi secara mudah dan sukses di pasaran.

Lakukanlah setiap cara tersebut dengan telaten maka blog Anda akan memiliki banyak pengunjung dan tampil di halaman pertama google!

Bagikan artikel ini: