perbedaan http dan https

Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS Pada Website

majapahit – Pada Adress bar di sebuah peramban atau lebih akrab kita sebut sebagai browser, apakah Anda memperhatikan http: // atau https: // pada saat masuk ke dalam situs web? Jika keduanya tidak muncul,  maka kemungkinan besar ini http: // Mari cari tahu perbedaan HTTP dan HTTPS.

Singkatnya, keduanya adalah protokol yang digunakan untuk bertukar informasi dari situs web tertentu antara Server Web dan Browser Web. Tapi apa bedanya keduanya? Nah, s ekstra hadir di https dan itu membuatnya aman! Apa perbedaannya? Perbedaan yang sangat singkat dan ringkas antara http dan https adalah bahwa https jauh lebih aman dibandingkan dengan http.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

HyperText Transfer Protocol atau HTTP adalah protokol yang menggunakan hiperteks yang ditransfer melalui Web. Karena kesederhanaannya, http telah menjadi protokol yang paling banyak digunakan untuk transfer data melalui Web tetapi data (yaitu hiperteks) yang dipertukarkan menggunakan http tidak sebesar aman seperti yang kita inginkan.

Faktanya, pertukaran hiper-teks menggunakan http menjadi teks biasa yaitu siapa pun antara browser dan server dapat membacanya dengan relatif mudah jika seseorang mencegat pertukaran data ini.

Tetapi mengapa kita memerlukan keamanan ini Web? Pikirkan ‘Belanja online’ di Amazon atau Flipkart. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa segera setelah kami mengklik Check-out di portal belanja online ini, bilah alamat diubah untuk menggunakan https.

Ini dilakukan agar transfer data berikutnya (mis. transaksi keuangan dll.) dibuat aman. Dan itulah sebabnya https diperkenalkan sehingga sesi aman diatur terlebih dahulu antara Server dan Browser. Bahkan, protokol kriptografi seperti SSL dan / atau TLS mengubah http menjadi https yaitu http s = http + protokol kriptografi.

Baca Juga : Tips Menentukan Software yang Perusahaan Butuhkan

Juga, untuk mencapai keamanan ini di https, Public Key Infrastructure (PKI) digunakan karena kunci publik dapat digunakan oleh beberapa Web Browser sementara kunci pribadi dapat digunakan oleh Server Web dari situs web tertentu.

Distribusi kunci publik ini dilakukan melalui Sertifikat yang dikelola oleh Browser. Anda dapat memeriksa sertifikat ini di pengaturan Browser Anda. Kami akan merinci prosedur pengaturan aman ini di pos lain.

Juga, perbedaan sintaksis lain antara http dan https adalah bahwa http menggunakan port default 80 sedangkan https menggunakan port default 443. Tetapi perlu dicatat bahwa keamanan ini dalam https dicapai dengan biaya waktu pemrosesan karena Server Web dan Browser Web perlu bertukar kunci enkripsi menggunakan Sertifikat sebelum data aktual dapat ditransfer.

Pada dasarnya, pengaturan sesi aman dilakukan sebelum pertukaran hypertext yang sebenarnya antara server dan browser.

Beberapa Poin Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS

  • Dalam HTTP, URL dimulai dengan “http: //” sedangkan URL dimulai dengan “https: //”
  • HTTP menggunakan nomor port 80 untuk komunikasi dan HTTPS menggunakan 443
  • HTTP dianggap tidak aman dan HTTPS aman
  • Selanjutnya adalah http Berfungsi di Lapisan Aplikasi dan HTTPS berfungsi di Transport Layer
  • Dalam HTTP, Enkripsi tidak ada dan Enkripsi hadir dalam HTTPS seperti dibahas di atas
  • HTTP tidak memerlukan sertifikat apa pun dan HTTPS membutuhkan Sertifikat SSL
Whatsapp