Tekno . 11 November 2019

Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS Pada Website

Majapahit Teknologi - Pada Adress bar di sebuah peramban atau lebih akrab kita sebut sebagai browser, apakah Anda memperhatikan http://atau https://pada saat masuk ke dalam situs web? Jika keduanya tidak muncul, maka kemungkinan besar ini http://Mari cari tahu perbedaan HTTP dan HTTPS.

Singkatnya, keduanya adalah protokol yang digunakan untuk bertukar informasi dari web tertentu di antara Server Web dan Browser Web.

Tapi apa bedanya keduanya? Nah, ekstra hadir di https dan itu membuatnya aman! Apa perbedaannya? Perbedaan yang sangat singkat dan ringkas antara http dan https adalah https akan jauh lebih aman daripada dibandingkan dengan http.

Mengenal Apa Itu HTTP dan HTTPS

Pengertian HTTP

HTTP ialah kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol adalah sebuah protokol yang memiliki fungsi untuk dapat berkomunikasi dengan sistem yang berbeda seperti server dan client.

Server tersebut merupakan jenis web server yang memiliki bentuk fisik berupa jaringan komputer yang pastinya memiliki penyimpanan data yang sangat besar.

Selain itu, peran client disini adalah sebagai web browser yang dapat diakses oleh Anda sampai dengan menampilkan konten website secara keseluruhan di web browser kesayangan Anda.

Pengertian HTTPS

Sedangkan HTTPS adalah kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan hasil perkembangan dari versi sebelumnya yaitu HTTP.

HTTPS juga memiliki keamanan yang sangat ketat, sehingga user yang berkunjung pada sebuah website akan merasa aman ketika mengakses konten yang ada pada website tersebut.

Protokol https ini telah dikembangkan secara langsung oleh Perusahaan IT Netscape Communications yang sebelumnya memang dikenal dengan Netscape Communication Corp dan secara umum dikenal sebagai Netscape.

Cara Kerja HTTP dan HTTPS

HyperText Transfer Protocol atau HTTP adalah protokol yang menggunakan hiperteks yang ditransfer melalui Web. Karena kesederhanaannya, http telah menjadi protokol yang paling banyak dipakai untuk keperluan transfer data melalui website tetapi data (yaitu hiperteks) yang dipertukarkan menggunakan http tidak sebesar aman seperti yang kita inginkan.

Faktanya, pertukaran hiper-teks menggunakan http menjadi teks biasa yaitu siapa pun antara browser dan server dapat membacanya dengan relatif mudah jika seseorang mencegat pertukaran data ini, tetapi mengapa kita memerlukan keamanan ini Web? Pikirkan 'Belanja online' di Amazon atau Flipkart.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa segera setelah kami mengklik Check-out di portal belanja online ini, bilah alamat diubah untuk menggunakan https.

Ini dilakukan agar transfer data berikutnya (mis. transaksi keuangan dll. ) dibuat aman. Dan itulah sebabnya https diperkenalkan sehingga sesi aman diatur terlebih dahulu antara Server dan Browser.

Bahkan, protokol kriptografi seperti SSL dan/atau TLS mengubah http menjadi https yaitu http s = http + protokol kriptografi.


Juga, untuk mencapai keamanan ini di https, Public Key Infrastructure (PKI) digunakan karena kunci publik dapat digunakan oleh beberapa Web Browser sementara kunci pribadi dapat digunakan oleh Server Web dari situs web tertentu.

Distribusi kunci publik ini dilakukan melalui Sertifikat yang dikelola oleh Browser. Anda dapat memeriksa sertifikat ini di pengaturan Browser Anda. Kami akan merinci prosedur pengaturan aman ini di pos lain.

Juga, perbedaan sintaksis lain antara http dan https adalah bahwa http menggunakan port default 80 sedangkan https menggunakan port default 443.

Tetapi perlu dicatat bahwa keamanan ini dalam https dicapai dengan biaya waktu pemrosesan karena web server dan browser web harus bertukar kunci dengan enkripsi yang menggunakan sertifikat sebelum data aktual dapat ditransfer.

Pada dasarnya, pengaturan sesi dapat dilakukan sebelum pertukaran hypertext yang sebenarnya di antara server dan browser.

Lalu, apa sih bedanya http dan https? Simak sebagai berikut:

Apa Saja Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS ?

Berikut ini adalah beberapa perbedaan HTTP & HTTPS, simak sebagai berikut :

  • Dalam HTTP, URL dimulai dengan "http://" sedangkan URL dimulai dengan "https://"
  • HTTP menggunakan nomor port 80 untuk komunikasi dan HTTPS menggunakan 443
  • HTTP dianggap tidak aman dan HTTPS aman
  • Selanjutnya adalah http Berfungsi di Lapisan Aplikasi dan HTTPS berfungsi di Transport Layer
  • Dalam HTTP, Enkripsi tidak ada dan Enkripsi hadir dalam HTTPS seperti dibahas di atas
  • HTTP tidak memerlukan sertifikat apa pun dan HTTPS membutuhkan Sertifikat SSL

Apa Kelebihan Menggunakan HTTPS Dibandingkan HTTP?

Tentunya banyak kelebihannya jika Anda menggunakan Https dibandingkan dengan http, apa saja itu? Simak sebagai berikut:

SEO

Jika Anda memiliki website toko online dengan menggunakan SEO, maka sebaiknya Anda menggunakan https. Mengapa? Karena pada tahun 2014, Google sudah mengumumkan jika HTTPS menjadi salah satu factor penentu rangking pada sebuah website.

Walaupun demikian, rangking website juga tidak akan berpengaruh secara cepat jika Anda mengubahnya ke Https. Namun, jika dilihat dari sisi user experience, https bisa di gunakan untuk membangun kepercayaan pelanggan untuk kedepannya.

Jika Anda suka memperhatikan, mungkin saja Anda pernah menemukan pesan yang berbunyi “Not Secure” ketika sedang mengunjungi sebuah halaman website.

Oleh karena itu, jika website Anda belum menggunakan https, segeralah berpindah untuk menggunakan https dari pada menggunakan http.

Karena bukan hal yang tidak mungkin apabila pengunjung Anda melihat terlebih dahulu apakah website Anda sudah secure atau belum.

User

Pada saat ini, user memiliki hak privasi ketika sedang berselancar di dunia internet khususnya ketika berkunjung pada sebuah website.

Tentunya dengan menggukan Https, user akan merasa aman karena data milik mereka akan aman-aman saja ketika ingin berinteraksi secara langsung dengan website tersebut seperti memasukan passwords, atau hal lainnya.

Bagaimana https bisa menjamin kemanan data? Hal tersebut di karenakan komunikasi browser ke server akan dienskripsi. Dengan begitu, data user yang nantinya akan dikirim akan lebih aman.

Selain itu, dari sisi user experience, kepercayaan user juga akan meningkat secara signifikan dan akhirnya traffic website pun akan bertambah besar.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah perbedaan dari http dan https serta kelebihannya menggunakan https untuk digunakan pada SEO dan juga kepercayaan pengunjung ketika sedang mengunjungi website agar lebih percaya dari segi keamanan data.

Bagikan artikel ini: