bahasa pemrograman aplikasi android

Bahasa Pemrograman Untuk Aplikasi Android

Majapahit – Apakah Anda ingin membangun aplikasi Android berikutnya tetapi tidak yakin bahasa pemrograman aplikasi android apa yang terbaik untuk Anda? Pada dasarnya, aplikasi android tentu saja bisa saja anda serahkan pada developer seperti Majapahit Teknologi. Namun, jika Anda berniat untuk membuatnya sendiri tentu sah-sah saja bukan? Kami akan bantu Anda untuk itu.

Bahasa Pemrograman Aplikasi Android

Dalam artikel ini, Kami akan membahas bahasa pemrograman pengembangan aplikasi Android untuk pengembangan aplikasi Anda berikutnya.

Bahasa pemrograman apa yang dapat digunakan oleh jasa pembuatan aplikasi Android? Berikut adalah 4 bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk membuat aplikasi Android.

  • Java
  • Kotlin
  • C #
  • Python
  • Dart

Java

Java adalah bahasa pemrograman paling populer di dunia. Java adalah bahasa pemrograman open-source yang bersifat umum, statis, aman untuk keperluan umum. Java telah menjadi bahasa pemrograman utama Android sejak sistem operasi diluncurkan. Java diciptakan oleh James Gosling pada 1995 di Sun Microsystems. Java saat ini dimiliki oleh Oracle Corporation.

Java dibuat berdasarkan pada sintaksis C ++ sehingga pengembang akan merasa familiar untuk mempelajarinya. Bahasa Java diadopsi oleh banyak perguruan tinggi dan universitas sebagai bahasa pemrograman utama pertama untuk mengajarkan sintaksis pemrograman.

Tidak seperti Swift, Kotlin, dan C #, Java mungkin bukan bahasa pemrograman modern dan tidak sering ditingkatkan. Namun Java, menawarkan titik awal untuk pengembang baru. Java jauh lebih mudah dipelajari dibandingkan dengan Kotlin. Jika Anda seorang pengembang baru yang ingin mempelajari pengembangan Android, Java mungkin menjadi salah satu cara termudah untuk memulai.

Kotlin

Kotlin adalah bahasa pemrograman modern, ringkas, aman, berorientasi objek, dan lintas-platform yang dibuat oleh perusahaan produk perangkat lunak, JetBrains, pada 2011. Sejak rilis Android Studio 3.0 pada Oktober 2017, Kotlin telah diumumkan sebagai bahasa pemrograman resmi Android.

Kotlin didesain untuk mendevelop aplikasi modern dan memfasilitasi fungsionalitas yang diperlukan developer aplikasi modern. Pengembangan Kotlin mulus melalui Android Studio. Kotlin menawarkan kesederhanaan, fleksibilitas, dan produktivitas. Kotlin juga menulis kode yang lebih bersih dan lebih sedikit untuk fungsi yang sama di Java.

Simak Juga : Cara menjadi programmer otodidak

Untuk aplikasi seluler Android Anda berikutnya, saya sangat merekomendasikan menggunakan Kotlin. Beberapa aplikasi android populer yang telah bermigrasi dari Java ke Kotlin adalah Trello, Basecamp, Square, Evernote, dan Corda.

C #

Selanjutnya adalah bahasa pemrograman C# yang cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi android. Bahasa pemrograman ini awalnya memang dirancang oleh Microsoft yang di fondasikan oleh C.

Microsoft merancang bahasa promgram ini dengan tujuan sebagai kerangka dari .NET dengan memiliki visi dan misi agar bisa mengembangkan aplikasi yang berada di Platform Windows.

C# ialah bahasa program untuk Android yang harus bisa Anda kuasai agar bisa menjadi programmer yang handal dan banyak diminati oleh pengembang game Android terkenal.

C # memungkinkan pengembang untuk membangun semua jenis aplikasi termasuk klien Windows, konsol, aplikasi Web, aplikasi seluler, dan sistem backend.

Developer C # dapat membangun sebuah aplikasi iOS dan Android asli dengan dibantu Xamarin. Xamarin adalah alat sebagai bagian dari Visual Studio yang memungkinkan pengembang untuk menulis kode C # yang dikompilasi ke iOS asli dan binari Android asli.

Python

Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung paradigma pengembangan berorientasi objek, imperatif, fungsional dan prosedural. Python sangat populer dalam pemrograman pembelajaran mesin.

Dalam pengembangan aplikasi Android, Python digunakan untuk membuat perpustakaan, fungsi, dan tugas pemrosesan back-end.

Dart

Bahasa pemrograman yang cocok untuk Android selanjutnya adalah Dart. Dart ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Goolge secara langsung. Selain itu, google juga merupakan salah satu pemilik dari sistem Android.

Dart telah dikembangkan dan diciptakan oleh Lars Bak dan Kasper Lund dengan bahasa program yang mempunyai sifat general-purpose atau bisa diterapkan dalam berbagai flatform.

Kesimpulan

Pada saat ini, kebutuhan Perusahaan terhadap tenaga kerja Android Developer sangat tinggi. Dengan demikian, lowongan menjadi developer Android sangat terbuka dengan lebar dengan memiliki karier yang menjanjikan.

Dengan Anda mengetahui serta mempelajari kebutuhan programming untuk Android, maka tidak ada yang tidak mungkin Anda akan menjadi salah satu Programming yang handal di suatu saat nanti. Semoga bermanfaat.

Whatsapp