Tips Pemula Menjadi Programmer Belajar Secara Otodidak Tanpa Harus Kuliah !

Majapahit Teknologi – Dunia teknologi semakin berkembang dengan pesat. Begitupun dengan jenjang karir seseorang di dunia teknologi yang semakin luas. Tidak jarang remaja di Indonesia sudah banyak yang memikirkan arah masa depannya menjadi apa. Misalnya seperti menjadi programmer. Berikut ini adalah tips pemula menjadi programmer secara otodidak.

Perlu diketahui, menjadi seorang programmer bukan perkara mudah. Anda harus mempunyai niat dan tekad yang kuat. Terlebih lagi apabila Anda belajar tanpa pembimbing atau mentor yang profesional. Namun, apabila Anda sudah memiliki niat & tekad yang kuat. Maka, belajar otodidak atau mandiri bukanlah hal yang sulit dan Anda bisa menjadi programmer yang handal di masa mendatang.

Kunci paling penting untuk belajar menjadi programmer yang handal dan profesional adalah niat, tekad serta kerja keras yang kuat dan pantang menyerah. Tambahan berikutnya adalah pemahaman & logika.

Fakta mengejutkan bahwa tidak jarang programmer profesional dan handal belajar secara otodidak dan mandiri justru lebih mahir dari pada programmer yang memiliki bantuan atau pembimbing secara langsung.

Simak : Apa Saja Bahasa Pemrograman untuk Android ?

Mengapa demikian hal tersebut bisa terjadi? Alasannya adalah karena programmer otodidak selalu mencoba hal baru serta banyak mencoba dan mengedit dari berbagai contoh kode dan script yang sudah bertebaran di dunia internet.

Sampai pada akhirnya pemahaman mereka menjadi lebih luas karena ilmu yang didapat berasal dari berbagai guru atau pembimbing yang bertebaran di seluruh dunia. Walaupun pembimbing tersebut tidak mengajarkan program secara langsung. Namun, mereka hanya meninggalkan jejak ilmu berupa tulisan atau video yang mereka sebarkan. Seperti forum, blog atau bahkan YouTube.

Tips Pemula Menjadi Programmer Otodidak Tanpa Kuliah

Apa itu Programmer ? Programmer merupakan seseorang yang memiliki keahlian atau skill untuk merancang kode program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman komputer seperti C++, PhP, Java, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah cara dan tips untuk menjadi programmer secara otodidak tanpa harus Anda melakukan kuliah. Simak ulasannya sebagai berikut.

Belajar Algoritma Dasar

Tips pertama adalah Anda harus belajar dan menguasai algoritma dasar. Algoritma merupakan langkah awal untuk menyelesaikan masalah. Ketika Anda sudah menguasai algoritma dasar. Maka, Anda bisa belajar pemrograman menjadi lebih mudah.

Menentukan Bahasa Pemrograman

Pada akhir-akhir ini banyak sekali bahasa pemrograman yang sedang berkembang. Namun, Anda tidak diharuskan untuk mempelajari bahasa pemrograman secara bersamaan. Cara termudah untuk mempelajarinya adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan di pelajari terlebih dahulu.

Anda bisa mencari bahasa pemrograman mana yang paling mudah untuk di pelajari. Misalnya seperti HTML. Apabila Anda sudah menguasai bahasa tersebut silahkan lanjutkan ke tahap berikutnya dengan bahasa pemrograman yang berbeda daripada sebelumnya.

Ketika Anda sudah menguasai bahasa pemrograman tertentu. Ada baiknya Anda tidak langsung merasa puas begitu saja. Silahkan tingkatkan kemampuan Anda ke bahasa pemrograman yang lebih sulit. Dengan begitu, kemampuan Anda untuk mempelajari pemrograman akan semakin meningkat.

Membuat Jadwal Belajar

Konsisten merupakan syarat mutlak agar Anda bisa menguasai bahasa pemrograman dengan cepat. Solusinya silahkan Anda membuat jadwal belajar tertentu untuk mempelajari bahasa pemrograman. Anda bisa meluangkan waktu 1-2 Jam di setiap hari agar bisa terus konsisten untuk bisa menguasai bahasa pemrogaman dengan baik.

Menggunakan Modul & Tutorial Online

Untuk bisa menguasai bahasa pemrogaman secara otodidak. Tentu saja Anda membutuhkan modul terpercaya atau bisa menggunakan tutorial online seperti YouTube dan lain sebagainya.

Anda harus mencari sumber yang tepat dalam menyediakan tutorial secara lengkap. Karena hal ini akan mempermudah Anda untuk mempraktekan ilmu yang sedang dipelajari. Sebagai programmer pemula, Anda harus rajin belajar dengan membaca modul atau tutorial online lainnya.

Katakan Tidak Untuk Copy Paste

Kesalahan fatal bagi seorang pemula programmer adalah seringnya mengcopy paste kode yang sudah ada. Walaupun Anda belajar melalui modul dan tutorial online lainnya. Namun, alangkah baiknya jangan sampai Anda terpaku pada modul serta tutorial online. Karena lebih baik Anda mengembangkan ide dalam belajar sehingga otak bisa meningkatkan kemampuan serta kreativitas.

Selain itu, dampak buruk dari kebiasaan copy paste adalah kemampuan Anda tidak akan berkembang karena pengetahuan Anda yang hanya terpaku dan terbatas hanya mengikuti tutorial yang sudah ada.

Praktik Langsung

Anda jangan belajar hanya terpaku dengan teori saja. Namun, ada baiknya Anda harus bersegera untuk belajar praktik secara langsung. Praktik secara terus menerus akan membuat Anda bisa mengoreksi kesalahan. Karena pada dasarnya, seorang programmer merupakan tipe orang yang harus sabar dan menerima kegagalan dan siap untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan solusi yang tepat.

Jasa Terbaik Majapahit : Jasa Pembuatan Website Termurah

Perbaiki Sendiri

Tips selanjutnya adalah Anda bisa mencoba untuk mengoreksi kesalahan serta memperbaiki kesalahan itu secara sendiri seperti debug yang terdapat pada suatu program. Karena pada tips ini bertujuan agar Anda bisa memperbaiki kesalahan yang ada.

Jika kamu sudah pusing dan tidak tahu dimana letak kesalahan atau debug tersebut. Anda bisa konsultasikan dengan orang yang lebih ahli. Karena dengan menemukan kesalahan serta mampu memecahkan masalah akan membantu Anda menjadi lebih berkembang menjadi programmer yang handal dan profesional.

Tips Menjadi Programmer Otodidak yang profesional dan handal

Ikuti Komunitas Pemrograman

Anda bisa mengikuti komunitas pemrograman tertentu agar bisa membantu Anda berkembang lebih jauh lagi. Tentu saja, dengan adanya teman baru atau tim. Maka, mereka akan siap membantu Anda & Anda akan berkembang dengan pesat dalam mempelajari ilmu programming.

Praktik Tanpa Henti

Program merupakan ilmu yang akan selalu terus mengalami pembaharuan. Dengan demikian, Anda tidak boleh merasa cepat puas karena Anda wajib belajar terus menerus serta praktik tanpa henti agar Anda bisa membuat projek seperti jasa pembuatan aplikasi android dan Ios.

Oleh karena itu, Anda di haruskan selalu mengupdate informasi & teknologi agar Anda bisa menjadi programmer yang profesional.

Istirahat

Berikutnya adalah istirahat yang cukup. Dengan adanya Profesi Programmer menjadi salah satu profesi yang paling diminati oleh remaja saat ini. Namun, Anda juga harus mengetahui batasan tubuh dan otak dalam mempelajari ilmu tersebut.

Dengan demikian, Istirahat yang cukup merupakan salah satu tips yang paling ampuh untuk mempelajari ilmu pemrograman. Karena apabila Anda memaksakan terus menerus, bukan tidak mungkin Anda akan drop dan justru mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan sampai Anda merasa stress dan tidak bisa fokus pada pembelajaran yang telah berjalan selama ini.

Kesimpulan

Kesimpulan pada ulasan kali ini adalah belajar pemrograman secara otodidak bukan hal yang tidak mungkin Anda bisa menjadi salah satu programmer yang handal dan profesional. Apalagi pada zaman sekarang pembelajaran semakin mudah dilakukan.

Mengapa demikian? Karena banyak sekali sumber media yang memang menyediakan tutorial lengkap dan terpercaya yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Semoga ulasan kali ini bermanfaat.

Whatsapp