Website - blog . 09 October 2021

Apa itu Blog? Berikut Ini Pengertian, Sejarah, dan Fungsi Blog

Majapahit Teknologi - Kemudahan di zaman teknologi ini benar – benar melingkup pada segala aspek, baik itu ekonomi, sosial, hingga aktivitas sehari – hari. Hal yang dimudahkan antaranya adalah mendapatkan informasi. Sebab, wadah mendapatkan informasi ini telah merambah luas di Internet yaitu Blog.

Tentu saja, kamu sering mendengar tentang blog, ikut menggunakannya, dan merasakan fungsi dari blog ini. Untuk mengetahui informasi blog secara lengkap, melalui artikel ini akan disajikan beberapa informasi seputar blog agar kamu semakin paham dengan salah satu produk teknologi tersebut!

Pengertian Blog

Apa itu blog ? Blog adalah salah satu jenis website yang menyediakan beberapa informasi atau konten berupa tulisan, gambar, video, music, dan berbagai hal lainnya agar dapat tersebar secara merata ke public. Blog ini juga kerap dikenal sebagai website penyedia jurnal sebab terkenal dengan tulisan sebagai konten utama.

Sejarah Blog

Selain memahami definisi dari blog, hal selanjutnya yang wajib dipahami adalah sejarah blog. Dimana, blog pertama kali dikenal sebagai halaman suatu browser dengan nama “what’s new”. Browser tersebut bernama Mosaic dan diciptakan oleh Marc Andersen pada tahun 1993.

Kehadiran blog selanjutnya semakin diperkaya oleh Justin Hall pada Januari 1994 dengan memulai website pribadi miliknya bernama “Justin’s Home Page” dan diubah kembali menjadi “Links from underground”.

Selanjutnya, kehadiran blog semakin bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan pengetahuan sehingga hadirlah blogger.com, Wikipedia, wordpress, tumblr blog, dan berbagai jenis blognya yang tentunya telah memiliki pamor tersendiri di Internet.

Manfaat blog

Struktur Blog

Apabila kamu berniat untuk menciptakan sebuah blog, tentu saja kamu harus paham mengenai struktur blog yang akan digunakan. Adapun struktur – struktur blog tersebut adalah sebagai berikut:

Header umumnya merupakan tempat navigasi suatu blog berada. Beberapa blog juga memuat gambar khusus untuk headernya, agar selanjutnya dapat disetel sesuai keinginan pengguna blog.

Area Konten

Area konten adalah struktur blog selanjutnya yang memiliki fungsi sebagai wadah postingan atau konten blog kamu disuguhkan. Perlu diketahui bahwa area pada konten ini umumnya memiliki space yang lebih besar dibandingkan dengan bagian struktur blog lainnya.

Sidebar menjadi struktur blog yang penempatannya berada di sisi samping. Dimana, sidebar menampilkan informasi tambahan dari blog seperti profil utama si penulis atau pemilik blog, profil sosial medianya, serta postingan – postingan sebelumnya dengan urutan postingan terpopuler paling utama.

Struktur blog terakhir adalah footer dengan penempatan pada sisi paling bawah blog. Dimana, footer ini merupakan wadah informasi seputar peraturan – peraturan yang ada di blog tersebut. Adapun informasi tersebut adalah kebijakan privasi, hal – hal yang dilarang atau disclaimer, dan informasi kontak.

Jenis – Jenis Blog

Terdapat berbagai jenis blog dengan berbagai karakteristiknya sendiri. Jenis – jenis tersebut juga memiliki kegunaan masing – masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seseorang. Berikut ini adalah jenis – jenis blog yang wajib kamu ketahui:

Pribadi

Jenis blog pertama yang akan dijelaskan adalah blog pribadi. Blog pribadi merupakan blog yang memiliki fungsi sebagai wadah penuang kreativitas bagi seorang yang ingin menyebarluaskan kontennya.

Di dalam blog ini, pemiliki bebas menuangkan pemikirannya berupa text, video, photo, dan lain – lain selama tidak bertentangan dengan hukum.

Bisnis

Jenis blog selanjutnya yang akan dibahas adalah blog bisnis. Blog bisnis merupakan blog yang ditujukan dengan konten – konten bisnis, mulai dari marketing, informasi produk yang dibisniskan, dan berbagai informasi yang mencakup unsur bisnis. Melalui blog bisnis, umumnya seseorang dapat melakukan transaksi jual beli.

Professional

Blog professional adalah jenis blog selanjutnya yang penggunaannya tidak lumrah lagi dilakukan di zaman ini. Sebab, salah satu fungsi blog merupakan wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan hal tersebut dikhususkan pada jenis blog professional.

Dimana, blog ini memiliki isi konten yang hanya berfokus pada satu atau dua sisi dari kemampuan sang pemilik blog. Semua isi konten bersifat professional, handal, dan ahli disajikan oleh pemilik blog yang juga pembuat konten. Oleh sebab itu, pemilihan blog ini sangat cocok dilakukan untuk branding diri.

Niche

Blog niche umumnya dijadikan sebagai jenis blog yang memuat konten – konten tertentu. Umumnya, blog niche hampir sama dengan blog professional, tetapi blog niche tidak memuat fokus.

Niche hanya mengkhususkan pada satu tema dengan penjabaran luas dan tidak harus disajikan secara handal oleh pembuat konten.

Sehingga, pembuatan blog niche ini dapat dilakukan oleh siapa saja selagi orang tersebut memiliki kemampuan dasar atau mengutip tanpa melakukan plagiasi dari konten orang lain. Hal ini membuat konten niche umumnya hampir sama dengan website berita.

Reverse

Jenis blog terakhir adalah jenis blog reverse. Blog reverse adalah blog yang menjadi bagi orang lain untuk mempublikasikan konten miliknya dengan pengisi konten yang bisa siapa saja bukan hanya pemilik konten.

Blog reverse ini umumnya menjadi wadah seseorang untuk menulis dan mengembangkan kreativitasnya tetapi tidak memiliki blog sendiri.

Fungsi Blog

Berikut ini adalah berbagai fungsi blog yang wajib kamu ketahui sebagai pengguna atau pengisi konten setia suatu blog:

Sebagai Wadah Mengekspresikan Diri

Fungsi blog yang pertama adalah wadah mengekspresikan diri. Dimana, dengan blog kamu bebas berkarya sesuai dengan kemampuanmu tanpa ada batasan – batasan tertentu selagi tidak melanggar hukum yang berlaku.

Wadah Informasi

Fungsi blog kedua adalah sebagai wadah informasi. Dimana, orang – orang akan lebih mudah mendapatkan informasi atau pengetahuan yang dibutuhkannya melalui berbagai konten blog.

Media Bisnis

Fungsi blog terakhir adalah media bisnis. Dimana, dengan menggunakan blog seseorang dapat dengan mudah mempromosikan produk – produk yang dibutuhkannya tersebut.

Baca Juga : Apa Itu WordPress, Sejarah dan Manfaatnya untuk SEO

Manfaat Blog

Fungsi blog

Berikut ini adalah berbagai manfaat blog yang wajib kamu pahami sebagai pelancar di blog tersebut untuk mendapatkan informasi:

Bisa Menghasilkan Uang

Manfaat blog pertama adalah bisa menghasilkan uang. Dimana, apabila blog kamu sudah memiliki banyak pengunjung setia dan traffic tinggi kamu bisa memajang iklan dari sebuah bisnis yang selanjutnya menjadi benefit.

Membuat Anda Lebih Produktif

Manfaat Blog kedua adalah blog dapat membuat kamu jadi lebih produktif. Produktivitas tersebut tentunya tercermin dari setiap konten yang semakin menarik kamu buat setiap waktunya.

Kesimpulan

Dari berbagai informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa blog merupakan website berisikan konten atau jurnal yang memiliki fungsi sebagai wadah informasi, produktivitas hingga bisnis.

Jenis – jenis blog sangat beragam dan dibeda – bedakan sesuai dengan kegunaannya masing – masing.

Berbagai informasi di atas tentu saja dapat menambah informasi dan pengetahuan seputar blog. Kamu juga yang berniat buat blog dapat memahami apa saja yang ada di blog, fungsi, jenis, dan manfaatnya sehingga blog kamu dapat berdiri dengan baik.

Bagikan artikel ini: