Digital Marketing . 16 December 2021

Perbedaan SEO dan SEM : Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda?

Majapahit Teknologi - Apabila Anda sering menggunakan internet untuk meningkatkan strategi marketing, maka Anda tidak asing dengan dua kata yang sering digunakan tersebut yaitu SEO dan SEM.

Kedua kata ini merupakan program yang ada pada internet sebagai wujud marketing sebuah website agar dapat mencapai top google.

Melalui artikel berikut ini, Anda akan mempelajari seputar dari SEO dan SEM. Mulai dari pengertian, perbedaan, persamaan, hingga perbandingannya.

Sehingga, Anda dapat memahami penggunaan dan memilih keduanya pada waktu yang tepat. Adapun informasi – informasi dari SEO dan SEM tersebut adalah sebagai berikut:

Apa Itu SEO dan SEM ?

Berikut ini adalah definisi SEO & SEM, simak sebagai berikut :

Pengertian SEO

Hal pertama yang wajib Anda ketahui adalah pengertian dari keduanya, dimana yang pertama kali dijabarkan adalah pengertian SEO.

SEO atau yang dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO) adalah proses optimisasi sebuah website agar konten – kontennya dapat tampil pada halaman peringkat utama di google atau mesin pencarian lainnya.

Pengertian SEO

Baca Juga : Apa Itu WordPress : Pengertian, Sejarah & Kelebihannya untuk SEO !

Pengertian SEM

Selain SEO, tentu saja Anda wajib mengetahui pengertian dari SEM. Dimana, SEM atau yang dikenal dengan Search Engine Marketing (SEM) adalah proses optimisasi sebuah website dengan Teknik marketing agar website tersebut dapat tampil google atau mesin pencarian lainnya.

Adapun Teknik marketing yang digunakan pada Teknik SEM ini adalah menggunakan iklan agar website tersebut memiliki visibilitas yang tinggi di mesin pencari

Perbedaan SEO dan SEM

Terdapat sejumlah perbedaan SEO dan SEM yang wajib Anda pahami dengan baik. Adapun perbedaan – perbedaan yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut:

SEM Lebih Baik untuk Testing sedangkan SEO Tidak

Perbedaan pertama yang wajib Anda ketahui antara SEM dan SEO adalah proses testing pada website lebih baik menggunakan program SEM dibandingkan SEO.

Sebab, SEM memiliki titik fokus aksi marketing yang lebih tepat dan terarah, sehingga dapat mencapai suatu target yang tepat. Sedangkan, SEO menggunakan Teknik kata dan susunan yang cenderung memiliki saingan tinggi.

Hasil SEM Lebih Cepat dibanding SEO

Perbedaan selanjutnya yang wajib diketahui antara keduanya adalah hasil SEM lebih cepat dibanding SEO.

Hal ini disebabkan oleh tekniknya tersebut yang dapat mencapai target dengan tepat dan cepat, bayangkan saja semisalnya iklan yang dimiliki adalah Sepatu merek X maka dengan cepat website tersebut akan diarahkan kepada target yang mencari sepatu merek x tersebut.

Dibandingkan, SEO yang menggunakan kata Sepatu merek x dengan website lainnya yang juga menggunakan kata tersebut tanpa menargetkan tujuan khusus.

SEM Berbayar dan SEO Gratis

Sebab Teknik SEM tersebut menggunakan iklan maka otomatis Teknik ini membutuhkan modal dibandingkan SEO yang hanya memanfaatkan susunan dan program keyword.

Hal ini menjadi pertimbangan khusus bagi website pemula yang hendak menggunakan salah satu dari keduanya.

SEO Bagus untuk Jangka Panjang

Meskipun hasil dari SEM lebih cepat, tetapi kualitas dari SEO bersifat jangka panjang sehingga lebih awet dalam memberikan hasil optimasi sebuah website. Hal ini tentu saja dibutuhkan oleh website – website utama yang memiliki konten beragam.

Potensi CTR SEO Lebih Tinggi Dibanding SEM

Click Though Rate (CTR) pada SEO memiliki probabilitas yang lebih tinggi dibanding SEM.

Sebab, SEO memiliki keyword yang bersifat global dibandingkan SEM yang memiliki target secara spesifik.

Sehingga, hal ini akan menghasilkan CTR tinggi pada SEO.

Terdapat Ikon Iklan di Hasil Pencarian SEM

Seperti yang telah diketahui bahwa SEM merupakan program optimasi pada sebuah website dengan memanfaatkan Teknik marketing berupa iklan sehingga wajar saja pada proses pencarian SEM tersebut muncul ikon iklan.

SEM Bisa Memilih Target Audience

Iklan memiliki sifat yang lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan sebuah informasi, hal ini membuat SEM lebih tepat dan terarah dalam mencapai target Audiencenya.

Hal tersebut termasuk pada proses pemilihan target Audience dalam penyebaran proses SEM tersebut.

Persamaan SEO dan SEM

Selain perbedaan dari SEO dan SEM, Anda juga wajib mengetahui persamaan dari kedua program optimasi sebuah website tersebut. Adapun persamaan yang dimiliki antara SEO dan SEM adalah sebagai berikut:

Memerlukan Riset Keyword yang Populer

Kedua program tersebut yaitu SEO dan SEM tentu saja membutuhkan keyword yang populer meskipun memiliki Teknik yang berbeda.

Hal ini tentu saja membutuhkan riset mendalam mengenai apa keyword yang selanjutnya akan deprogram pada Teknik SEO dan SEM tersebut.

Bertujuan untuk Meningkatkan Trafik

Kedua program tersebut tentu saja memiliki tujuan yang sama yaitu optimasi sebuah website agar trafik pengunjung yang dimiliki tinggi dan berpotensi menduduki halaman pertama pada mesin pencari seperti google dan mesin pencari lainnya.

Membutuhkan Pemahaman Audiens Agar Sukses

Kedua program tersebut membutuhkan pemanahamn mengenai audiens dari iklan atau keyword agar sukses mencapai trafik yang tinggi pada websitenya tersebut.

Sehingga, seperti persamaan pertama wajib melakukan riset keyword yang populer agar dapat mencapai target yang tepat.

Membantu Website Muncul di Mesin Pencarian

Seperti yang telah dijabarkan melalui penjelasan di atas, tentu saja SEO dan SEM bertujuan untuk membantu website muncul di mesin pencarian.

Selain itu, kemunculan website tersebut juga menduduki halaman pertama sehingga populer di mesin pencari.

SEO vs SEM: Mana yang Terbaik?

Pengertian SEM

Dari kedua program yang memiliki perbedaan dan persamaan tersebut, tentu saja Anda bingung menentukan akan menggunakan program yang mana.

Berikut ini adalah penjelasan dari SEO vs SEM yang mana yang terbaik untuk memudahkan Anda memilih program tersebut:

Pertimbangkan Biaya

SEO merupakan salah satu program gratis atau tidak berbayar, sedangkan SEM berbayar.

Hal ini membuat SEO dalam segi kantong lebih ramah digunakan terkhususnya bagi website pemula yang sederhana.

Pertimbangkan Umur Website Anda

Apabila Anda memiliki tujuan website dengan umur yang panjang, maka Anda wajib menggunakan SEO sebab hasilnya lebih awet dan digunakan pada jangka panjang. Sedangkan, SEM cocok digunakan pada website singkat dengan hasil cepat.

Pertimbangkan Pesaing Anda

Apabila Anda memiliki pesaing yang cepat unggul dibandingkan website milik Anda maka Anda wajib menggunakan SEM.

Sebab, hasil dari SEM lebih cepat dan terarah lebih baik sehingga dapat memenangkan website Anda dalam waktu singkat.

Lihat Status Website Anda

Penentuan status website juga wajib Anda pertimbangkan untuk memilih kedua program tersebut. Apabila website Anda sedang dalam pengembangan dan jangka panjang gunakan SEO.

Sedangkan apabila website Anda telah mencapai top dan ingin mendapatkan hasil lebih baik lagi dalam waktu singkat gunakan SEM.

Seberapa Anda Tahu Mengenai Industri yang Digeluti

Untuk menentukan penggunaan SEO dan SEM untuk optimasi website Anda, Anda juga wajib mempertimbangkan pengetahuan Anda mengenai industri yang digeluti tersebut.

Apabila Anda mengetahui secara mendalam maka gunakan SEM, tetapi jika sederhana gunakan SEO dengan mempertimbangkan riset lainnya.

Atau Anda juga bisa belajar SEO & SEM dan menentukan pilihan terbaik untuk bisnis Anda.

Kesimpulan

Melalui penjelasan – penjelasan di atas kini Anda dapat memahami kedua program optimasi website tersebut yaitu SEO dan SEM.

Sehingga, Anda dapat menentukan kelak akan menggunakan yang mana untuk website milik Anda. Jadi, jika Anda memiliki website Anda akan memilih program optimasi SEO atau SEM ?

Bagikan artikel ini: