SEO . 23 July 2021

Apa Itu SEO : Pengertian, Cara Kerja & Indikator Utama Pada SEO

Majapahit Teknologi - SEO sudah dikenal banyak orang untuk mendatangkan trafik atau kunjungan ke website secara organik. Sehingga banyak sekali pertanyaan yang muncul terkait apa itu SEO?

Jika Anda merupakan salah satu praktisi SEO, pastinya Anda sudah mengetahui seluk beluk mengenai SEO. Namun, bagi Anda yang baru saja belajar blog atau website, mempelajari SEO adalah hal yang wajib dipelajari.

Tentu saja, hal ini didasari karena dengan melakukan optimasi SEO yang benar akan mempermudah blog atau website Anda untuk memperoleh rangking yang tinggi di mesin pencarian, seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, Admin akan membahas dan mengupas lebih jauh mengenai apa itu search engine optimasi atau SEO, cara kerjanya dan apa saja indikator utama pada SEO.

Pengertian SEO

Apa itu SEO? SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan pada mesin telusur yang merupakan salah satu strategi digital marketing saat ini, untuk mendapatkan rangking teratas pada hasil pencarian mesin pencari untuk kata kunci yang Anda targetkan.

Ketika website Anda sudah mendapatkan posisi teratas pada hasil mesin pencarian, maka sudah di pastikan website Anda akan menghasilkan trafik secara organik dengan sangat tinggi.

Namun, hal tersebut juga tergantung pada Anda bagaimana meriset kata kunci, apakah kata kunci tersebut memiliki search volume yang besar ataukah kecil.

Selain itu, SEO juga akan membantu Anda untuk menghasilkan kunjungan yang tepat yang sesuai dengan tujuan utama pada website atau blog Anda.

Tetapi, untuk mendapatkan posisi pertama di halaman mesin pencari bukan ditentukan oleh si pemilik website tersebut, namun sangat bergantung pada algoritma mesin pencari.

apa itu seo dan manfaatnya

Cara Kerja SEO

Lalu, bagaimana cara kerja SEO agar mendapatkan hasil sempurna ? Untuk melihat hasil optimasi yang Anda lakukan, Anda tidak bisa secara langsung melihat hasil pencarian di saat itu juga.

Hal ini di karenakan terdapat proses search engine optimasi yang tentu saja tidak sederhana dan tidak semudah yang Anda bayangkan.

Oleh karena itu, terdapat 3 proses untuk melihat apakah website Anda mendapatkan rangking terbaik ataukah tidak. Penasaran? Simak sebagai berikut.

Crawling

Crawling merupakan serangkaian proses dimana mesin pencari seperti google merayapi situs untuk mendapatkan isi konten, tautan yang terdapat di situs tersebut.

Setelah itu, crawling nantinya akan terus mengikuti tautan dan mengirimkan data halaman kepada server google

Adapun cara agar website bisa di crawling oleh google adalah dengan cara mengirimkan peta situs dari si pemilik website.

Indexing

Setelah crawling selesai, google akan mendapatkan data-data berupa isi konten di situs yang telah di crawling. Selain itu, google juga akan menganalisa isi konten tersebut. Apakah konten tersebut terkena duplikat konten atau tidak dan lain sebagainya.

Selain itu, google juga memberikan solusi apabila situs masih belum terindex di halaman pencarian. Caranya adalah dengan menggunakan fitur inspeksi URL yang terdapat pada Google search console (GSC).

Rangking

Kemudian, setelah melakukan indexing pada situs, Google akan memberikan rangking terhadap kata kunci tertentu pada website atau blog tersebut.

Akan tetapi, Google memiliki rahasia tersendiri mengenai situs seperti apa yang akan mendapatkan rangking terbaik.

Apabila Anda telah melakukan teknik SEO yang di rekomendasikan oleh Google, maka seharusnya website tersebut akan mendapatkan rangking terbaik.

Indikator Utama Pada SEO

Hal-hal dasar yang harus Anda pelajari terlebih dahulu terkait SEO ialah mengenai indikator utama SEO. Perlu di ketahui bahwa indikator ini selalu berubah secara perlahan.

Algoritma Google memiliki peran penting dalam perubahan indikator utama SEO. Lalu, apa saja indikator tersebut? Simak ulasan berikut.

Struktur URL

Hal pertama yang harus Anda perhatikan pada indikator SEO ialah pembuatan struktur URL yang sederhana. Mengapa demikian? Hal ini dapat memudahkan mesin pencari untuk mengenali website Anda & topik utama yang Anda ulas.

Ada baiknya Anda selalu perhatikan dalam pembuatan permalink atau slug yang mengandung dengan main keyword atau kata kunci utama dari halaman artikel atau konten yang sedang Anda bahas di dalam website tersebut.

SSL/TLS

Sertifikat SSL (Secure Socket Layer) merupakan hal terpenting yang harus Anda perhatikan dalam indikator SEO berikutnya.

Hal ini sudah terjadi sejak tahun 2014, dimana Google lebih mengutamakan website yang sudah menggunakan SSL/TLS.

Mengapa seperti itu? Tujuannya adalah ketika website yang sudah menggunakan SSL/TLS maka keamanan data pengguna akan lebih aman karena SSL/TLS dapat mengenskripsi seluruh transfer data yang terjadi pada website tersebut.

Bagaimana cara mengetahuinya ? Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu melihat pada bagian alamat website di browser yang sedang Anda buka.

Apabila website Anda masih berawalan HTTP, berarti website Anda belum menggunakan SSL/TLS karena website yang sudah menggunakan SSL/TLS sudah dipastikan berawalan HTTPS.

Baca Juga : Perbedaan http dan https

Topik Konten

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah menentukan topik konten yang ingin Anda bahas dan tentu saja Anda kuasai lebih dalam.

Search Intent

Pada indikator selanjutnya yang harus Anda pelajari lebih dalam adalah dengan menentukan search intent. Ya, saat ini search intent menjadi salah satu bagian terpenting di dalam SEO.

Terdapat 4 macam search intent yang harus Anda pahami, sebagai berikut:

Informational

Search intent informational merupakan jenis keyword yang memberikan informasi dengan topik yang luas, misalnya seperti tips mengamankan website, cara membuat website dan lain sebagainya.

Selanjutnya ada juga keyword jenis Navigational, biasanya pada keyword jenis ini volume pencariannya sangat besar namun tidak ada manfaatnya.

Pada umumnya, user yang mencari keyword navigasi ini, user ingin langsung mengunjungi website tersebut ketika melakukan pencarian. Dengan begitu, website lainnya tidak akan mendapatkan pengunjung karena user sudah menargetkan apa yang mereka cari.

Contoh dari keyword navigational adalah brand-brand besar, misalnya seperti Traveloka, Login facebook dan lain-lain.

Commercial Investigation

Jenis keyword berikutnya adalah Commercial Investigation yang dimana selalu Anda cari ketika ingin membeli suatu produk tertentu.

Contoh dari keyword jenis ini adalah seperti harga jasa pembuatan aplikasi android, harga pembuatan website termurah dan lain sebagainya.

Transactional

Terakhir ada jenis keyword transaksi yang artinya orang tersebut sudah siap untuk membeli suatu produk atau jasa, misalnya seperti jual software CRM, Beli hp samsung dan lain-lain.

Struktur Konten

Setelah menentukan search intent yang sesuai dengan keinginan Anda, Indikator berikutnya adalah memperhatikan dan mempelajari struktur konten yang baik dan tentu saja sesuai dengan kaidah SEO.

Anda juga harus membuat konten yang mudah di pahami oleh user secara tatanan bahasa karena hal tersebut akan memudahkan pembaca dan menemukan solusi serta jawaban yang di inginkan dari konten yang Anda buat dengan struktur yang jelas dan juga rapih.

Selain daripada itu, berikan juga heading dan subheading yang menjadi poin-poin terpenting dalam konten tersebut. Admin menyarankan agar anda menambahkan juga seperti foto atau bahkan video. Hal ini bertujuan agar user lebih memahami konten yang Anda ciptakan.

Meta Tags

Indikator selanjutnya yang tidak kalah penting dari indikator yang sudah disebutkan adalah menambahkan meta title dan decription.

Hal ini mememiliki tujuan agar Google bisa mengenai halaman website Anda.

Anda bisa menambahkannya pada bagian title tag atau judul artikel yang nantinya akan muncul di halaman pencarian Google. Sebaiknya, title tag ini tidak dibuat terlalu panjang karena Google akan memotong judul tersebut.

Selain itu, Anda juga harus menambahkan meta decription yang merupakan hasil rangkuman dari konten yang telah Anda buat.

Meta decription nantinya akan terlihat jelas tepat di bawah judul atau title yang sudah Anda buat. Selain itu, Meta decription biasanya dibuat dari 120 sampai dengan 130 karakter.

Backlink merupakan salah satu hal terpenting dalam optimasi SEO selain dari pada mengoptimalkan dari sisi onpage. Semakin backlink di website Anda banyak, Google akan menganggap bahwa website Anda adalah website yang terpercaya.

Tetapi dengan catatan backlink tersebut adalah backlink yang berkualitas dan memiliki trafik atau kunjungan yang tinggi.

Memaksimalkan Kecepatan Website

Semenjak tahun 2018 lalu, Google sudah menetapkan bahwa kecepatan loading website menjadi salah satu hal terpenting dalam SEO, baik secara dekstop maupun mobile.

Pengertian Seo dan cara kerjanya

Jenis SEO

Selain informasi yang sudah di jabarkan di atas. Anda juga harus mengetahui mengenai Jenis-jenis dari search engine optimization, simak sebagai berikut.

SEO On Page

Jenis SEO pertama adalah On-Page yakni merupakan serangkaian optimasi yang memang dilakukan pada halaman website Anda sendiri.

Misalnya seperti optimasi URL, judul konten, struktur konten, heading, Alt Gambar, tema website yang SEO friendly, loading website, sampai dengan bagian internal linking.

Seluruh bagian itu merupakan optimasi pada bagian onpage atau optimasi yang dilakukan pada website tersebut.

SEO Of Page

Ya, banyak sekali faktor yang mempengaruhi kualitas SEO, salah satunya adalah backlink atau inbound link yang merupakan salah satu langkah optimasi SEO Of page.

Bukan hal yang diragukan lagi bahwa backlink menjadi point penting bahwa konten Anda menjadi rujukan atau rekomendasi dari website lain.

Tentunya, semakin banyak website lain yang merujuk ke situs Anda, maka Google akan menilai bahwa website Anda adalah website yang kredibel atau terpercaya dan hal tersebut bisa menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan trafik atau kunjungan.

Mengapa SEO Penting untuk Mengoptimalkan Website ?

Saat ini, SEO menjadi salah satu srategi untuk meningkatkan penjualan melalui hasil pencarian secara organik. Oleh karena itu, sangat penting SEO digunakan untuk mengoptimalkan website dan banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan, simak ulasan berikut:

SEO Dapat Meningkatkan Trafik Website

Meningkatkan jumlah trafik website dengan cara SEO yang baik adalah hal yang wajib Anda lakukan. Selain itu, Anda juga tidak harus mengeluarkan biaya promosi iklan yang cukup besar.

Search engine Merupakan Sumber Informasi

Orang-orang di muka bumi ini hampir semuanya mendapatkan informasi dari mesin pencari.

Perlu diketahui jika di Indonesia sendiri memiliki sekitar 75% dalam menggunakan internet atau mesin pencarian seperti Google untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan yang mereka cari.

Situs Akan Ditemukan Dengan Variasi Kata Kunci

Alasan berikutnya Anda harus menggunakan SEO adalah karena situs Anda dapat ditemukan melalui berbagai kata kunci dengan konten yang sudah Anda buat.

Koversi Bisnis Semakin Meningkat

Selain membuat konten dengan kata kunci informational, Anda juga dapat meningkatkan konversi bisnis dengan menargetkan keyword trasactional agar mendapatkan pengunjung dan membeli produk atau jasa yang Anda sediakan.

Brand Awareness & Kredibilitas Semakin Meningkat

Anda ingin meningkatkan brand awareness serta mendapatkan kredibilitas dengan harga yang terjangkau? Salah satu cara yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness di era digital adalah dengan memanfaatkan kualitas SEO.

Mengapa begitu? Alasannya adalah jika situs Anda ditemukan di hasil mesin pencarian, otomatis banyak orang-orang yang semakin tahu website Anda.

Dengan begitu orang-orang tersebut akan semakin familiar dengan bisnis serta secara perlahan dapat meningkatkan brand awareness bisnis online Anda.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu Search Engine Optimization (SEO) yang menjadi salah satu solusi terbaik agar dapat memaksimalkan situs Anda dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat teratas pada hasil mesin pencarian.

Bagikan artikel ini:

Artikel Lainnya.

Beberapa artikel blog lainnya yang mungkin Anda minati.