Inventory . 02 February 2021

Tujuan Manajemen Inventori Wajib Anda Ketahui Sebelum Memiliki Software Inventori !

Majapahit Teknologi - Sebuah perusahaan tentu saja mempunyai tujuan dengan bidangnya masing – masing. Salah satu bidang yang terkenal pada sebuah perusahaan, terkhususnya perusahaan barang adalah manajemen inventori.

Adapun yang dimaksud dengan manajemen inventori tersebut adalah kegiatan dalam mengelola persediaan barang yang dimiliki pada sistem pergudangan.

Manajemen inventori ini umumnya tidak berasal dari bidang tersendiri pada sebuah perusahaan. Melainkan, indukan dari bidang manajemen produksi atau manajemen operasional dalam sebuah perusahaan.

Manajemen inventori ini kian memberikan kemudahan – kemudahan sebuah perusahaan dalam mempelajari setiap inchi pergudangan dan persediaan barang yang ada di gudang tersebut.

Tujuan Manajemen Inventori ? Kenali Secara Detail !

Bukan hanya hal tersebut, terdapat tujuan – tujuan lain yang menjadi tujuan manajemen inventori. Tujuan – tujuan tersebut tentunya memberikan keuntungunan – keuntungan bagi pengelola inventori itu sendiri bahkan pihak – pihak lain dalam sebuah perusahaa.

Adapun tujuan -tujuan manajemen inventori yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:

Memastikan Keadaan Persediaan Pada Sebuah Safety Stock

Tujuan utama yang menjadi tujuan dasar manajemen inventori ini wajib dimiliki oleh perusahaan adalah memastikan keadaan persediaan pada sebuah safety stock.

Safety stock adalah persediaan tambahan yang turut disediakan demi memberikan cadangan apabila terjadi kekurangan persediaan. Kata lainnya.

Safety stock ini adalah persediaan keamanan atau cadangan sehingga suatu perusahaan tidak mudah kehabisan stok yang tentunya mengganggu aktivitas perusahaan tersebut.

Simak : Cara Menerapkan Strategi Inventory Control Pada Perusahaan !

Manajemen inventori tentu saja mengambil pengaruh dalam tujuan ini. Mengingat, safety stock berhubungan langsung dengan persediaan atau stock.

Sehingga, dengan adanya manajemen inventori atau pengelolaan inventori yang baik maka sebuah stock pada perusahaan akan dalam keadaan safety atau aman.

Memberikan Jeda Antara Kegiatan Produksi dan Pembelian Hasil Produksi

Manajemen inventori tentu saja tidak hanya berpengaruh di bidang safety stock atau keamanan stok tetapi turut memberikan jeda antara kegiatan produksi dan pembelian hasil produksi.

Dengan pengelolaan inventori yang baik, maka sebuah perusahaan dengan mudah dalam mengontrol kegiatan produksi dan transaksi pembeliannya.

Hal ini tentu saja bukan bertujuan untuk memberikan kemenangan dan penurunan di bidang penjualan. Akan tetapi, hal ini membuat nilai produktivitas pada sebuah kegiatan produksi pada perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Semisalnya saja, tidak ada jeda antara kegiatan produksi dan pembelian hasil produksi maka perusahaan akan mengeluarkan modal yang lebih banyak lagi.

Dengan manajemen inventori, seorang pengelola manajemen produksi dan operasional atau penjualan kerap berkoordinasi dalam memantapkan persediaannya. Sehingga, sebuah perusahaan dapat menghasilkan produk yang bernilai tinggi tanpa harus kehilangan modal yang lebih banyak lagi.

Mengantisipasi Perubahan Kegiatan Ekonomi

Yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi adalah penawaran dan pembelian. Manajemen inventori kerap mengambil andil dalam melindungi proses kegiatan ekonomi tersebut agar tetap stabil.

Dengan adanya manajemen inventori, sesuai dengan ketersediaan stok utama dan safety stok serta produk bernilai tinggi akibat pengelolaan produksi dengan waktu pas maka terjadi kegiatan ekonomi yang sehat pada perusahaan tersebut.

Manajemen inventori membuat permintaan dan penawaran pada sebuah perusahaan menjadi lebih terkontrol. Dengan jelasnya jumlah persediaan yang ada, sebuah perusahaan dapat memprediksikan kira – kira titik terbaik untuk mencapai omset tinggi tanpa harus kehilangan kualitas produk adalah bagaimana.

Maka, manajemen inventori menjawab itu dengan memberikan trik untuk tetap aman dalam persediaan tanpa harus kehilangan permintaan pelanggan.

Mendapatkan Keuntungan dari Diskon Quantity

Apakah anda pernah mendengar diskon quantity? Yap, diskon quantity adalah diskon yang didapatkan apabila seseorang atau sebuah perusahaan melakukan pembelanjaan dengan jumlah yang sangat besar.

Hal ini turut memberikan keuntungan pada perusahaan dan menjadi tujuan selanjutnya yang dimiliki oleh manajemen inventori.

Manajemen inventori kerap memahami, persediaan apa dan seberapa banyak yang dibutuhkan agar mencapai safety stock dan memenuhi aktivitas operasional perusahaan agar tetap produktif.

Baca Juga : Manfaat Inventory untuk Bisnis Anda !

Dengan begitu, dalam pembelian bahan baku atau modal awal dalam mencapai persediaan barang tersebut dapat dilakukan secara bundelan atau grosiran.

Nah, hal ini yang menjadi keuntungan utama bagi perusahaan dimana membeli secara bundelan atau grosiran turut lebih murah dibandingkan membeli secara lebih sedikit.

Kesimpulan

Dengan Anda memiliki target pengelolaan inventori yang tepat. Tentunya dapat diketahui bahwa manajemen invetori memberikan banyak keuntungan bagi sebuah perusahaan.

Bukan hanya sebuah perusahaan tetapi orang – orang yang ada pada perusahaan tersebut turut mendapatkan keuntungan yang tinggi pula.

Manajemen inventori juga kerap memperkecil modal dan memberikan keuntungan yang besar sehingga pengelolaannya diperlukan secara profesional.

Sebuah perusahaan, sangat wajib memiliki manajemen inventori di dalam perusahaannya. Bukan hanya perusahaan yang menghasilkan produk barang tetapi kerap menghasilkan produk jasa pula.

Mengapa? Sebab dengan tujuan – tujuan di atas kita memahami betapa pentingnya manajemen inventori tersebut di mata keberhasilan sebuah perusahaan.

Bagikan artikel ini: