Strategi Inventory Control Untuk Perusahaan

Majapahit.id – Hallo Majapartners ! Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai inventori secara pengertian. Maka, pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas apa saja strategi yang terbaik untuk inventory control agar dapat meningkatkan efisiensi Perusahaan menjadi lebih baik. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

Sebuah perusahaan tentu saja tidak akan sukses berdiri tanpa kehadiran beberapa divisi inti yang terlibat dalam kegiatan operasionalnya. Salah satu divisi yang dimaksud adalah manajemen produksi.

Manajemen produksi adalah bagian divisi yang bertindak dalam perannya sebagai pengelola kegiatan produksi barang dalam sebuah perusahaan.

Selain pengelolaan kegiatan produksi barang, terdapat sebuah kegiatan yang juga menjadi fungsi atau bagian dari manajemen produksi. Adapun kegiatan yang dimaksud adalah inventory control.

Apa Saja Strategi Inventory Control ?

Inventory control adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengontrol ketersediaan produk atau memaksimalkan penggunaan stok atau persediaan agar tercapai sebuah keuntungan tinggi pada sebuah perusahaan.

Inventory control memiliki tujuan yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Selain hal yang disebutkan di atas, inventory control juga kerap digunakan untuk memaksimalkan kinerja sebuah bidang produksi secara efisien sehingga dapat menambahkan nilai produktivitasnya.

Strategi Inventory Control

Untuk melakukan inventory control ini diperlukan beberapa strategi. Adapun beberapa strategi inventory control yang wajib Anda ketahui adalah sebagai berikut :

Optimalkan Proses Pemesanan Ulang Stok

Strategi inventory control pertama yang wajib Anda ketahui adalah optimalkan proses pemesanan ulang stok. Yang dimaksud dengan strategi ini adalah seorang pengelola inventory harus mampu dalam mengoptimalkan proses pemesanan ulang stok.

Hal ini dimana seorang pengelola inventory harus mampu dalam melakukan kalkulasi yang pas akan ketersediaan stok dan kebutuhan stok yang ada saat ini.

Simak Juga : Pengertian Inventori

Dengan mengoptimalkan proses pemesanan ulang stok, maka terdapat beberapa hal yang diuntungkan. Hal pertama yang diuntungkan adalah space atau penyimpanan Gudang yang tentunya menjadi modal utama dalam inventory.

Selanjutnya adalah modal pembelian yang dapat dikurangi budgetnya jika stok dikalkulasikan dengan baik dan setiap pemesanan dilakukan dengan jumlah bundle besar sekaligus, dan terakhir adalah produktivitas pengelola inventory yang kerap bernilai tinggi apabila daya pengoptimalannya bersifat baik.

Atur Tingkat Stok Minimum

Strategi inventory control selanjutnya adalah atur tingkat stok minimum. Dengan melakukan pengaturan tingkat stok minimum yang tepat maka sebuah inventory control tetap terjaga kualitasnya.

Dimana, stok tidak mengalami run out atau kehabisan yang membuat perusahaan bisa rugi banyak. Selain itu, dengan mengatur tingkat stok minimum sebuah perusahaan dapat memahami waktu dalam pengisian ulang stok barang tersebut.

Lakukan Audit Inventaris Secara Teratur

Selanjutnya yang menjadi strategi dalam inventory control adalah lakukan audit inventaris secara teratur. Hal ini kerap memiliki banyak keuntungan terutama dalam segi produksi perusahaan.

Audit ini memungkinkan inventaris atau inventory yang tersedia diketahui keadaannya yang sebenarnya. Apakah selama ini memang cukup? Atau memiliki tanda kutip dimana terdapat fraud – fraud yang menyelipi di sekitarnya.

Dengan melakukan audit inventaris secara teratur, maka dapat dipastikan pertanyaan – pertanyaan tersebut dapat dengan mudah terjawab. Selain itu, keadaan pergudangan atau penyimpanan persediaan atau inventory tersebut dapat diketahui.

Apakah Gudang masih layak dipakai? Terdapat fasilitas yang kurang atau hal lainnya. Maka audit inventaris secara teratur adalah langkah yang tepat dalam mengatasi permasalahan – permasalahan tersebut.

Implementasikan Teknik FIFO & FEFO

Implementasikan Teknik fifo (first in first out) dan fefo (first expired first out) adalah Tindakan yang tepat dalam melakukan inventory control. Dengan kedua Teknik tersebut, maka sebuah perusahaan akan sangat kecil kemungkinannya dalam mengalami kerugian persediaan.

Semua barang akan tersalur dengan baik dan menggunakan Teknik yang lebih tepat. Tentu saja kedua Teknik tersebut dapat disesuaikan dan dipiliih salah satunya untuk diterapkan.

Simpan Inventory Anda Dengan Baik

Inventory control tentu saja tidak akan beranjak dari penyimpanan yang baik dari inventory atau persediaan yang ada tersebut. Penyimpanan yang baik akan membuat barang menjadi lebih berkualitas dan anti rusak.

Tentu saja, hal tersebut memberikan keuntungan bukan hanya pada kualitas barang yang tetap terjaga tetapi juga dari kemungkinan kerugian barang yang disimpan tersebut akibat kerusakan yang dimiliki.

Kategorikan Stok Barang Anda

Inventory control juga tidak akan beranjak dari pengelolaan persediaan yang tepat. Salah satu bentuk pengelolaan yang tepat tersebut adalah mengkategorikan stok barang yang ada.

Dengan mengkategorikan stok barang yang ada tersebut, maka dapat lebih mudah diketahui persediaan mana yang kunjung habis, sedang dibutuhkan, atau masih sangat tersedia sehingga tidak perlu dilakukan restok.

Gunakan Inventory Control Software Terintegrasi

Menggunakan inventory control software terintegrasi juga adalah strategi yang sangat tepat dalam inventory control. Dimana, dengan memanfaatkan produk teknologi maka proses inventory akan menjadi lebih baik dan lebih efisien untuk dilakukan.

Kesimpulan

Strategi inventory control di atas sangatlah wajib Anda ketahui dan pahami setiap poinnya. Hal tersebut bukan hanya memberikan keuntungan bagi sebuah perusahaan, tetapi bagi setiap pihak perusahaan terutama sang pengelola inventory yang kerap membutuhkan ide – ide atau strategi untuk menjalankan kegiatan inventory control tersebut.

Whatsapp