Update . 23 September 2021

Pahami Pengertian CMS, Manfaat & Cara Kerjanya

Majapahit Teknologi – Jika Anda ingin membuat sebuah website tanpa harus memakai jasa membuat website ataupun mengenal Bahasa pemrograman terlebih dahulu. Maka, solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan CMS yang menjadi andalan Anda nantinya.

Jika Anda mengunjungi website ini dengan kata kunci relevan terkait dengan CMS, maka Anda berarti ingin mengetahui apa itu CMS dan lain sebagainya. Oleh karena itu, simak terus artikel ini ya.

Pengertian CMS

CMS adalah singkatan dari Content Management System yang merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang bertujuan untuk digunakan dalam mengatur dan membuat berbagai konten pada suatu website, misalnya seperti membuat website company profile, blog, forum dan lain sebagainya dengan cara yang sangat mudah.

Pastinya CMS bisa di gunakan oleh siapapun bagi Anda yang tidak mengetahui tentang pemrograman sama sekali dan menjadi salah satu perangkat lunak terfavorit dalam membuat website secara instan.Selain daripada itu, CMS terbagi menjadi 2 komponen yaitu CMA dan CDA, simak sebagai berikut.

  • CMA adalah singkatan dari Content Management Application yang dimana CMA ini merupakan sebuah elemen yang dapa seseorang lakukan untuk menulis, mengembangkan website atau memodifikasinya, menghapus isi situs website tanpa harus menjadi seorang ahli programmer.
  • CDA adalah singkatan dari Content Delivery Application yang merupakan suatu aplikasi untuk mempermudah Anda dalam mengupdate suatu informasi yang sebelumnya sudah di tambahkan atau di kurangi dan bahkan di ubah oleh si pemilik situs sebelumnya.

Manfaat CMS

Manfaat CMS

Setelah mengetahui apa itu CMS, di bawah ini adalah beberapa manfaat CMS, diantaranya sebagai berikut :

Memudahkan Anda untuk Mengelola Konten

Dengan kehadiran CMS, Anda bisa mengelola konten dengan sangat mudah. Hal tersebut di karenakan adanya komponen CMS yang membuat bekerja menjadi secara optimal. Sehingga Anda dapat mengelola konten dengan cara yang efisien.

Dapat Digunakan Secara Gratis

Selain Anda bisa mengelola konten secara optimal, CMS bisa digunakan tanpa biaya sepeserpun. Walaupun beberapa layanan masih ada yang menghadirkan dengan syarat berbayar. Namun, untuk vendor yang tidak berbayar masih bisa Anda manfaatkan dengan sangat baik.

Fitur dan fasilitas yang nantinya akan Anda gunakan pun tidak akan kalah baiknya dari yang berbayar dan memungkinkan Anda untuk mengelola konten dengan semaksimal mungkin.

Mendukung Proses Bisnis

Manfaat berikutnya adalah dapat mendukung proses bisnis dengan sangat baik. Mengapa ? Alasan terbaik adalah ketika Anda sedang mencari atau kebingungan untuk mencari modal dalam memasarkan suatu produk tertentu.

Maka dari itu, CMS menjadi solusi terbaik untuk Anda manfaatkan agar mendukung proses bisnis menjadi sangat baik.
Mengapa bisa begitu ? Tentunya dengan menggunakan CMS, Anda tidak harus bersusah payah dalam membuat website untuk bisnis yang sedang Anda jalankan dan tanpa harus belajar Bahasa pemrograman secara optimal.

Website Dapat Bekerja Secara Optimal

Jangan khawatir jika Anda membuat website dengan menggunakan CMS, karena website yang dibuat dengan memanfaatkan CMS sudah dapat bekerja dengan secara maksimal.

Hal tersebut di karenakan banyaknya plugin dan ektensi yang disediakan. Sehingga dapat membantu para pengguna dalam membuat berbagai konten dengan manajemen yang sangat baik.

Sangat Mudah Mengatur Dalam Manajemen Konten

Berikutnya, CMS memberikan banyak kemudahan dalam memproses manajemen konten yang memang terkait secara langsung seperti membuat artikel, blog, portfolio atau bahkan company profile.

Hal ini di karenakan jika Anda memanfaatkan CMS, maka Anda hanya perlu membuat konten dengan manajemen yang memang sudah di sediakan dalam sistem database CMS tersebut. Sangat mudah bukan ? ?

Fungsi CMS

CMS memiliki fungsi utama yaitu untuk mengelola dan mengembangkan konten menjadi lebih fleksibel, mudah dan cepat. Selain itu, CMS juga memberikan berbagai kemudahan bagi para user untuk dapat eksplorasi lebih dalam membuat konten yang memang di buat pada website tersebut.

Platform CMS memiliki fitur yang sangat baik seperti fitur hak akses untuk menjadi administrator yang nantinya akan mengatur berbagai proses pengelolaan dan manajemen konten di dalam website.

Bagaimana Cara Kerja CMS ?

Seperti yang sudah di singgung pada pengertian CMS. CMS merupakan suatu software atau perangkat lunak yang dapat memudahkan penggunanya dalam membuat website dan tidak memerlukan koding sama sekali, terkecuali memang ingin membuat secara kustom atau di modifikasi menjadi lebih baik secara tampilan, speed dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana kira-kira dalam proses kerja CMS ? Perlu di ketahui bahwa website saat ini memiliki 2 bagian utama, yaitu :

  • Front-end.
  • Back-end.

Front-end ialah bagian website yang dapat di lihat secara langsung oleh pengunjung seperti blog post, gambar, video, tentang kami dan lain sebagainya.

Jika back-end merupakan suatu database atau fungsionalitas suatu website tersebut. Nantinya konten yang sudah di buat oleh Anda akan tersimpan kedalam database tersebut dan akan segera di dorong dari back-end ke fornt-end ketika user mengakses suatu halaman website Anda.

Back-end juga di buat dalam Bahasa pemrograman yang berbeda-beda seperti PHP, Python, JavaScipt dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan CMS, Anda tidak perlu membuat sebuah script atau kode seperti halnya front-end atau back-end. Mengapa ? Karena di dalam sistem manajemen konten, Anda sudah bisa menggunakan editor konten dalam membuat postingan artikel, halaman, dan lain sebagainya.

Alasan Harus Menggunakan CMS

Tentunya Admin memiliki beberapa alasan kuat mengapa Anda harus menggunakan CMS. Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan WordPress, pastinya Anda sudah memiliki bayangan tersendiri seperti menyesuaikan, menggunakan atau bahkan mengembangkan CMS WordPress yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mudah Dan Cepat

Jika Anda tidak memiliki basic Bahasa pemrograman, tentunya bukan masalah yang serius ketika Anda menggunakan CMS, karena Anda bisa dengan mudah mempelajari CMS dengan mudah dan cepat.

Proses Instalasi Cepat

Apabila Anda adalah seorang pengusaha yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat situs dari awal. Platform CMS adalah pilihan tepat untuk Anda gunakan dalam membuat website.

Dengan proses instalasi yang cepat, memungkinkan Anda untuk membuat website dengan sangat cepat yang nantinya akan digunakan untuk bisnis.

Selain itu, Anda juga bisa mengerjakan hal lain tanpa harus menunggu proses pembuatan website dengan waktu yang cukup lama.

Bisa Memiliki Banyak User

Anda memiliki rekan bisnis ? atau bahkan Anda memiliki karyawan khusus untuk mengurus website Anda? Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena dalam platform CMS, Anda bisa menambahkan user dengan password yang berbeda-beda.

Ya, CMS memberikan kemudahan dan kebebasan kepada Anda untuk dapat menambahkan jumlah user yang dibutuhkan oleh Anda. Pastinya tidak hanya 1 akses saja yang disediakan namun ada beberapa tipe akses dari masing-masing yang sudah ditentukan.

Proses Maintenance Sangat Mudah

Ketika Anda memilih platform CMS dalam membuat website, Anda sangat beruntung ! mengapa ? Hal ini di karenakan proses maintenancenya yang sangat mudah.

Karena saat Anda menggunakan CMS, hampir seluruh struktur website sama dan memang berfokus pada satu bagian saja.

Hal ini menjadikan pengguna menjadi lebih aman dan tidak perlu khawatir karena dalam pembaharuan website tidak akan merusak web Anda saat ini. Selain itu, CMS juga bisa melakukan maintenancenya secara otomatis.

Mengubah Desain Web Dengan Sangat Mudah

Banyak sekali hal-hal yang di untungkan ketika Anda menggunakan CMS dalam membuat suatu situs, misalnya jika Anda ingin mengubah desain atau tampilan website yang dirasa oleh Anda kurang puas.

Anda hanya perlu mengupload template yang sudah dibuat secara local dengan gratis atau Anda pun bisa mendapatkan template berbayar yang saat ini banyak sekali tersedia di Internet.

Untuk mengubah tampilan desain, Anda hanya tinggal mengupload suatu template tersebut dan mengunggahnya ke halaman Admin.

Atau Anda juga bisa menggunakan template bawaan yang sudah di sediakan oleh CMS tanpa harus mencari sendiri template yang Anda inginkan.

Platform CMS Terbaik

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menghadirkan sejumlah rekomendasi CMS Website untuk Anda gunakan sebagai kebutuhan bisnis maupun pribadi.

Lalu, apa saja platform CMS terbaik ? Simak sebagai berikut :

WordPress

CMS WordPress

Sampai saat ini, WordPress masih memimpin sebagai CMS website terpopuler yang sering digunakan oleh pengguna, karena pada faktanya, wordPress merupakan CMS paling fleksibel.

Dimana Anda bisa menggunakan website tersebut untuk digunakan sebagai kebutuhan bisnis online, blog pribadi atau bahkan website Perusahaan atau company profile.

Tidak berhenti sampai disitu saja, WordPress juga memberikan layanannya secara cuma-cuma dengan berbagai fitur pilihan terbaik dan juga lengkap.

Selain itu, Open source menjadi salah satu kelebihan bagi WordPress, sehingga dengan demikian proses perkembangannya pun masih bisa berjalan dengan sangat baik dan semua developer wordpress dapat berkontribusi dalam versi terbaru.

Dengan banyak pilihan plugin dan template, menjadikan wordpress salah satu CMS terfavorit karena memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Baca Juga : Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Shopify

CMS Shopify

Anda ingin berbisnis online dengan menggunakan website sebagai salah satu strategi pemasarannya ? Tenang saja, Shopify bisa menjadi alternative untuk Anda gunakan sebagai kebutuhan toko online dan juga siap digunakan.
Tentunya berbeda dengan CMS WordPress, Walaupun Anda juga bisa menggunakannya untuk bisnis online. Namun,

seperti fitur WooCommerce, Anda harus menginstal plugin terlebih dahulu.
Pada platform CMS Shopify ini, Anda hanya tinggal memanfaatkannya dengan sebaik mungkin karena sudah terdapat fitur lengkap, dimulai dari themes, manajemen produk, fitur pengiriman, pembayaran dan juga fitur-fitur yang digunakan untuk berbisnis online lainnya.

Joomla

CMS Joomla

CMS berikutnya adalah Joomla yang saat ini masih masuk dalam rekomendasi CMS terbaik. Jika dilihat secara penggunaan fitur, Joomla masih kalah dari WordPress karena dari sisi pengguanannya yang tidak begitu mudah.

Namun bukan berarti tidak ada kelebihan sama sekali karena faktanya joomla masih lebih fleksibel jika di bandingkan dengan WordPress.

Misalnya saja seperti Anda ingin membuat website dengan konep membership, maka joomla adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan.

Selain itu, Joomla juga sudah menyediakan fitur tanpa harus menginstal plugin, misalnya seperti Anda ingin membuat website dengan banyak Bahasa.

Kelebihan dan Kekurangan CMS Website

Anda juga harus mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan ketika menggunakan CMS untuk kebutuhan Anda, sebagai berikut :

Kelebihan CMS WebsiteKekurangan CMS Website
Waktu membuat website sangat cepat karena
tidak harus menuliskan kode dan merancang database dengan Bahasa pemrograman.
Harus mempelajari dahulu setiap CMS yang ingin Anda gunakan
CMS Website tersedia gratis dan juga bersifat open source.CMS tergantung pada plugin atau pihak ke 3 agar lebih optimal.
Banyak sekali ekstensi yang tersedia seperti modul, template dan lain sebagainya.Masalah keamanan seperti rentan terkena hack.
Mengurangi biaya pengeluaran dalam membuat website.Kebebasan desain yang sangat terbatas.
CMS WeSudah terintegrasi.Editing kode HTML ataupun PHP sangat terbatas.

Kesimpulan

Setelah Anda mengetahui seluruh materi mengenai CMS, Anda juga dapat memilih CMS website terpopuler yang sangat banyak digunakan. Tentunya dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Jika Anda sudah mempertimbangkan dengan sangat matang. Jadi, tentukan pilihan Anda sekarang juga :)

Bagikan artikel ini: