WordPress . 30 August 2021

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Majapahit Teknologi – Jika Anda ingin membuat website, sebaiknya Anda harus memahami terlebih dahulu terkait dengan perbedaan dari WordPress.com dan WordPress.org yang tentunya sangat penting untuk Anda ketahui apabila ingin terjun ke dunia internet khususnya apabila Anda ingin menjadi blogger.

Apa itu WordPress ? Perlu diketahui bahwa WordPress merupakan sebuah CMS atau kepanjangan dari (Content Management System) yang bersifat open source.

Mengapa bisa di sebut dengan open source ? Hal tersebut di karenakan banyak sekali berbagai fitur yang dapat digunakan secara langsung oleh user.

Selain itu, CMS WordPress di ciptakan dengan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai penyimpanan data. Dengan memiliki berbagai kelebihan, WordPress banyak sekali digunakan oleh user untuk website, baik itu Perusahaan, pribadi dan lain sebagainya.

Hal tersebut di karenakan WordPress sangat mudah di kelola dan di gunakan walaupun orang tersebut belum mahir dalam menggunakan wordpress serta tidak membutuhkan pemahaman terkait dengan Bahasa pemrograman.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

15 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Jika Anda ingin membuat websit, baik untuk Perushaaan maupun pribadi. Admin sarankan untuk menggunakan WordPress karena CMS ini sangat mudah digunakan.

Namun, sebelum Anda membuat website, Anda harus mengetahui terlebih dahulu terkait dengan perbedaan dari WordPress.com dan WordPress.org, simak sebagai berikut.

Hosting

Hal pertama ialah perbedaan dari hostingnya, karena jika Anda menggunakan versi gratis dari WordPress.com, berarti website yang Anda buat tersebut secara otomatis menggunakan fasilitas hosting yang sudah di sediakan dari WordPress.

Anda bisa mendapatkan daya tampung sebesar 3 GB yang dapat menyimpan file-file penting ketika Anda mengupload file tersebut kedalam website.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan WordPress.org, Anda akan menggunakan hosting dengan pilihan Anda sendiri dan mendapatkan disk space atau daya tampung jauh lebih besar bahkan bisa mendapatkan disk space secara unlimited.

Domain

Perbedaan berikutnya adalah dari Domain yang akan Anda dapatkan, Jika Anda membuat situs dengan WordPress.com, maka sudah dipastikan secara otomatis ekstensi domain Anda akan menjadi seperti www.blogkamu.wordpress.com.

Namun berbeda halnya jika Anda memilih untuk memiliki situs dengan ektensi domain yang beragam. Ya, Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan WordPress.org.

Anda akan mendapatkan berbagai ektensi domain yang Anda inginkan seperti ektensi domain yang sangat populer saat ini, ada .com, co.id, net, org dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ekstensi domain yang sangat unik seperti .website, .store, dan lain-lain.

Apabila Anda ingin mendapatkan ektensi domain yang sudah disebutkan tadi, Anda harus mengeluarkan biaya yang bisa Anda dapatkan dari penyedia hosting untuk menyewa ekstensi domain dalam 1 tahun atau bahkan lebih ( Tergantung Anda sendiri ).

Dan website atau blog Anda akan terlihat lebih professional dibandingkan dengan menggunakan nama domain secara gratisan.

Harga

Walaupun WordPress merupakan sebuah platfrom dengan sifatnya yang open source. Namun dengan Anda menggunakan WordPress.org, Anda sudah dipastikan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Ya, hal tersebut di karenakan dengan Anda menggunakan Wordpress.org, maka Anda membutuhkan sewa hosting dan domain yang nantinya akan membuat website Anda menjadi lebih professional dibandingkan dengan menggunakan WordPress.com.

Tema dan Plugin

Dalam membuat website, tentunya Anda akan lebih dahulu untuk memilih tema yang cocok untuk digunakan pada website Anda.

Dan setelah itu memilih Plugin atau sebuah script tambahan yang dibuat untuk melaksanakan perintah tertentu sesuai dengan plugin yang Anda gunakan.

Nah, Jika Anda menggunakan WordPress.org, banyak sekali tema dan plugin yang bisa Anda dapatkan secara Cuma-Cuma atau gratis.

Berbeda jika Anda memilih WordPress.com yang lebih terbatas dalam memilih tema dan plugin tertentu. Namun, Anda juga dapat membeli themes dan plugin yang jika memang sedang Anda butuhkan.

Ilustrasi seseorang sedang membuat konten artikel blog WordPress.org

SEO

SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization yang merupakan langkah untuk mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian.

Sampai detik ini, SEO merupakan hal wajib yang harus di terapkan untuk website. Hal tersebut jika website milik Anda ingin nangkring di hasil pencarian paling teratas.

Tentunya, dengan Anda menciptakan website dengan WordPress.org, kualitas SEO akan menjadi lebih baik di bandingkan menggunakan WordPress.com.

Mengapa demikian ? Hal ini terjadi karena pada fitur WordPress.org seperti tema, plugin dan lainnya lebih lengkap dibandingkan dengan WordPress.com

Analytics

Ketika Anda memiliki website, Anda diharuskan untuk menganalisa kinerja dari website atau blog tersebut. Untuk dapat menganalisa atau mengevaluasi website, Anda bisa menggunakan data Analytics yang disajikan oleh WordPress.

Perlu diketahui bahwa pada WordPress.org telah menyajikan data Analisa yang lebih lengkap dan detail daripada menggunakan WordPress.com.

Namun, data analytics yang digunakan sudah di sediakan oleh WordPress.com hanya memberitahu data Analisa dasar. Dengan demikian, Anda masih kesulitan untuk menganalisa website lebih jauh.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa menggunakan Google analytics yang bisa digunakan sebagai Analisa website lebih jauh dan detail.

Selain daripada itu, Anda juga bisa memasang atau menautkan website Anda dengan Google Search Console yang bisa membuat Anda melihat berbagai data mengenai situs Anda tersebut.

Perawatan

Selain dari menganalisa website, Anda juga di haruskan untuk maintenance atau merawat website dari hal-hal yang tidak di inginkan serta dapat meningkatkan performa website menjadi lebih baik ketika Anda memilih untuk menggunakan WordPress.org.

Mengapa ? karena jika pada WordPress.org, Anda bisa dengan mudah untuk menganalisa serta merawat website menjadi lebih baik misalnya seperti memeriksa hosting, backup data, atau bahkan mengecek kinerja SEO.

Berbeda dengan ketika Anda menggunakan WordPress.com, karena maintenancenya terletak pada penyedia hosting WordPress.

Iklan

Perlu diketahui jika Anda membuat website dengan menggunakan WordPress.com, Anda tidak di izinkan untuk menampilkan iklan di website tersebut terkecuali untuk iklan dari WordAds.

Tentunya berbeda dengan WordPress.org yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang dari internet seperti Google Adwords, Adsence dan lain sebagainya.

Tentunya walaupun terlihat tidak penting, namun banyak orang yang ingin menghilangkan powered By WordPress tersebut. Namun, sayangnya pada WordPress.com, hal tersebut tidak bisa di hilangkan.

Hal ini di karenakan hanya bisa digunakan ketika Anda menggunakan WordPress.org. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin terganggu secara visual oleh Copyright atau powered By WordPress tersebut.

Anda harus beralih untuk menggunakan WordPrees.org untuk website atau blog yang Anda inginkan.

E-Commerce

Banyak sekali orang-orang yang membuat website untuk membuka toko secara online atau biasa dikenal dengan istilah E-commerce.

Ya, jika memang Anda berniat untuk membuat toko online, maka Admin tidak menyarankan Anda untuk menggunakan WordPress.com.

Alasan sederhananya adalah karena tidak masuk akal, apalagi dengan kualitas dari WordPress.com yang bisa digunakan secara gratis dapat membahayakan keamanan dari data -data pelanggan.

Oleh karena itu, Admin menyarankan kepada Anda untuk menggunakan Wordpress.org jika memang ingin membuka toko online.

Mengapa demikian ? Hal tersebut di karenakan pada WordPress.org memiliki plugin khusus yang bisa Anda dapatkan secara gratis untuk digunakan dalam toko online. Plugin tersebut bernama WooCommerce.

Dengan begitu, Anda dapat membuat toko online secara professional dengan menggunakan plugin khusus WooCommerce dan WordPress.org

Kesimpulan

Jadi, bagaimana pendapat Anda setelah membaca ulasan mengenai perbedaan WordPress.com dan WordPress.org ?
Semoga bermanfaat ?

Bagikan artikel ini: