Update . 03 September 2021

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Tanpa Koding Dengan Mudah

Android menjadi salah satu jenis sistem operasi yang terpasang pada smartphone masa kini. Di dalamnya banyak terpasang aplikasi-aplikasi perangkat lunak untuk mendukung kinerja ponsel. Namun sebelumnya, apakah Anda mengetahui cara membuat aplikasi?

Aplikasi android biasanya dibuat oleh para tenaga IT yang mahir pemrograman. Sebagian besar ahli IT harus dituntut untuk kreatif dan teliti dalam menyusun pemrograman aplikasi android. Banyak alat dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam melangsungkan pemrograman aplikasi.

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia pemrograman aplikasi android, pastinya akan semakin penasaran dengan cara pembuatannya. Anda perlu melalui tahap demi tahap pembuatan aplikasi android baik dengan komputer maupun dengan smartphone.

Penasaran dengan cara membuat aplikasi android, simak pembahasannya sebagai berikut.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi ?

Jika Anda ingin coba-coba membuat aplikasi sederhana tanpa koding yang di ciptakan oleh diri sendiri bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi PC untuk memudahkan Anda bereksplorasi lebih lanjut tentang aplikasi buatan Anda.

Cara Membuat Aplikasi Sendiri

Simak langkah-langkahnya dalam membuat aplikasi sendiri berikut ini.

Menentukan Ide Aplikasi yang Akan Anda Buat

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam pembuatan aplikasi android adalah memikirkan ide aplikasi yang akan Anda buat. Misalnya Anda hendak membuat aplikasi edukasi pembelajaran anak-anak. Dimana tampilan aplikasi harus fresh dan menarik.

Memilih Dukungan Software Dengan Tepat

Pembuatan aplikasi android tidak akan lepas dari bantuan software pendukung yang terpasang di perangkat PC. Dimana software tersebut sebagai motor penggerak aplikasi android yang sedang dibangun.

Beberapa jenis software popular untuk pembuatan aplikasi android dianataranya Appery, AppMakr, ShoutEm, dll.

Merancang Bentuk Aplikasi yang Dibuat

Jika ide awal sudah Anda rencanakan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah merancang inti dari aplikasi buatan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan software dukungan seperti ShoutEm untuk mulai membuat tampilan aplikasi androidnya.

Kemudian Anda bisa mulai mencari template aplikasi yang sesuai dengan ide Anda. Misalnya seperti aplikasi edukasi anak-anak atau lainnya. Tambahkan berbagai fungsi dalam aplikasi tersebut.

Melakukan Pengujian Terhadap Aplikasi yang Dibuat

Jika aplikasi android yang Anda buat sudah hampir selesai, lakukanlah pengujian terhadapnya. Anda bisa mulai mengoperasikannya dan amati apa kekurangannya. Jika sudah mumpuni, aplikasi buatan Anda siap untuk dipublikasikan di Playstore.

Software Untuk Membuat Aplikasi Android Secara Online

Membuat aplikasi android melalui PC setidaknya harus terkoneksi dengan jaringan internet alias online. Hal ini untuk memaksimalkan hasil kinerja aplikasi android agar lebih stabil.

Ada beberapa jenis software pembuat aplikasi android secara online sebagai berikut ini.

Appy Pie

Appy Pie merupakan situs yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi android. Situs buatan Abhinav Girdhar pada tahun 2015 silam ini memiliki keunggulan tersendiri. Selain bisa membuat aplikasi, Appy Pie juga bisa memonetisasi aplikasi yang Anda buat.

AppYet

AppYet merupakan salah satu situs pembuat aplikasi android secara online. Situs ini dianggap mampu membuat aplikasi android dengan mudah dan cepat. Anda dengan bebas bisa membuat desain, menambahkan fitur hingga memonetisasi aplikasi buatanmu.

AppMakr

Cara membuat aplikasi android dengan mudah yakni menggunakan AppMakr. Situs ini menjadi salah satu pembuat aplikasi berbayar namun terjangkau. Untuk menikmati seluruh fiturnya, Anda hanya perlu merogoh kocek $1 saja setiap bulannya.

AppsGeyser

Solusi bagi Anda yang tidak mahir coding, Anda bisa menggunakan AppsGeyser. Situs ini dapat membantu Anda dalam membuat aplikasi android gratis. Banyak fitur menarik dalam AppsGeyser. Namun sebelumnya, Anda harus membuat akun AppsGeyser terlebih dahulu.

Software Pembuat Aplikasi Android Secara Offline

Selain adanya software pembuat aplikasi android online, Anda juga harus coba menggunakan software yang offline. Hal ini selain menghemat tagihan internet juga bisa memuluskan pembuatan aplikasi android yang terkadang loading lama. Berikut beberapa softwarenya.

Eclipse

Cara membuat aplikasi android offline pertama adalah menggunakan Eclipse. Software ini menggunakan bahasa pemrograman C dan Java. Dalam membuat aplikasi, maka Anda perlu menginstal software Eclipse ini pada perangkat PC Anda terlebih dahulu.

Android Studio

Android Studio adalah software yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi android. Bahasa pemrograman dalam Android Studio yakni C++. Kotlin dan Java. Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk pembuatan aplikasi android yang berkualitas.

Netbeans

Netbeans merupakan software pembuat aplikasi yang dikembangkan dibawah lisensi Apache. Perlu Anda ketahui, bahwasanya bahasa pemrograman yang digunakan dalam Netbeans yakni mendukung PHP, HTM5 dan juga C/C++.

Xamarin

Software pembuat aplikasi android lainnya yaitu Xamarin. Xamarin dibuat oleh Nat Friedman dkk yang sudah dipercaya membuat aplikasi gadget sejak tahun 2011. Pengoperasiannya mudah dan bisa langsung Anda gunakan dengan cara menginstalnya dulu.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Aplikasi

Membuat aplikasi android dengan beberapa tools sederhana

Baca : Aplikasi Android Paling Populer

Sebagian orang dalam pembuatan aplikasi mungkin karena faktor hobi ataupun pekerjaan. Dalam pembuatannya pun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh si pembuat. Apa saja hal-hal penting tersebut, simak poin-poinnya sebagai berikut.

Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Pembuatan aplikasi hendaknya perlu disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Misalnya Anda membuat segmentasi pengguna berdasarkan beberapa faktor. Mulai dari usia pengguna, bidang kerja, gender, ataupun faktor lainnya.

Akses Fitur Harus Senyaman Mungkin

Hal terpenting dalam cara membuat aplikasi yakni membuat tampilan yang user friendly. Contohnya membuat logo aplikasi yang unik, warna UI yang fresh, icon yang menarik, serta akses mudah dari fitur satu ke fitur lainnya.

Dapat Digunakan Secara Multi Pengguna dan Multi Perangkat

Aplikasi yang baik adalah aplikasi yang mampu digunakan di berbagai perangkat. Baik PC, tablet, smartphone maupun perangkat lainnya. selain itu, aplikasi perlu dibuat multi user agar memudahkan pengguna berganti akun atau memperbarui akun yang lupa kata sandi.

Memilih Platform yang Dituju

Membuat aplikasi tidak sekedar membuat saja. Anda perlu menentukan platform yang Anda tuju. Misalnya Anda hendak merilis suatu aplikasi khusus untuk pengguna android. Maka platform yang tepat adalah di Playstore.

Adanya Masukan Dari Pengguna

Agar aplikasi buatan Anda lebih berkembang dengan baik, Anda perlu banyak masukan dari para pengguna. Bangun komunikasi dengan para pengguna untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada aplikasi buatan Anda.

Tahapan Membuat Aplikasi di Android Studio

Sebelum mulai membuat aplikasi untuk smartphone berbasis android, Anda harus mempersiapkan perlengkapan pendukung untuk diinstalkan di PC Anda. Berikut langkah cara membuat aplikasi di Android Studio:

  • Silakan unduh Java Development Kit (JDK). JDK merupakan perangkat lunak yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi dengan basis Java.
  • Jika Anda sudah mengunduhnya, silakan instal Java Development Kit. Klik dua kali pada file aplikasi unduhan. Lalu klik next.
  • Lalu muncul popup unduh Android Studio.
  • Jika Android Studia telah terunduh, kemudian install.
  • Buka Android Studio yang telah terinstal.
  • Akan muncul menu konfigurasi awal, pilihlah “do not import settings” apabila Anda menginstal Android Studio pertama kali pada perangkat Anda. Lalu klik next.
  • Anda bisa memilih themes pada aplikasi Android Studio yang akan Anda buat.
  • Silakan centang “Android Virtual Device” apabila Anda hendak menginstal Emulator Android di perangkat PC yang Anda gunakan.
  • Tentukan besaran RAM yang akan digunakan Emulator Android.
  • Lalu pilih tombol finish.
  • Jangan lupa untuk mendownload dan menginstal aplikasi Android Software Development Kit (SDK).
  • Selesai.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai cara membuat aplikasi android. Membuat aplikasi android kini tidak harus dilakukan oleh ahli IT saja. Anda sebagai pemula pun bisa mencoba membuatnya dengan sangat mudah. Yang terpenting adalah ketekunan dalam membuatnya.

Bagikan artikel ini: