pengertian css

Apa Itu CSS : Pengertian, Fungsi dan Jenis CSS

Majapahit Teknologi – Apakah Anda sudah mengetahui mengenai apa itu CSS ? Ya, CSS sangat dibutuhkan untuk mendesain website agar tampilan yang dibuat terlihat lebih menarik dan juga sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu belajar CSS agar website Anda menjadi lebih menarik.

Perkembangan teknologi sekarang ini telah terjadi di berbagai bidang khususnya untuk pengembangan website. Tentu saja bagi Anda yang menjadi website developer sudah mengetahui terkait CSS ini yang banyak sekali fungsi untuk dapat mengembangkan website.

Namun, bagi Anda yang baru saja belajar bahasa pemrograman, penting sekali untuk mengetahui tools ini agar bisa menjadi seorang developer website yang cukup handal.

Pengertian CSS

Apa itu CSS ? CSS adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheets yang berfungsi untuk dapat menyederhakan sebuah proses dalam pembuatan website dalam mengatur berbagai elemen yang ditulis dalam bahasa markup.

Biasanya, CSSS dipakai untuk membuat desain halaman depan atau biasa di sebut dengan front end. Ketika Anda menggunakan CSS, Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti HTML dan PHP.

Misalnya saja seperti mengatur warna teks, jenis font, ukuran kolom, jenis background dan lain sebagainya yang bisa Anda atur sesuai dengan kemauan Anda sendiri.

Bagi Anda yang baru saja belajar bahasa pemrograman CSS, tentunya Anda tidak perlu khawatir, karena CSS ini sangat mudah untuk dipelajari.

apa itu css dan cara kerjanya

Sejarah dan Perkembangan CSS

CSS pertama kali di kembangkan oleh World Wide Consurtium atau lebih dikenal dengan istilah W3C pada tahun 1996. Alasan yang cukup sederhana untuk mengembangkan CSS yakni karena HTML dulunya tidak dilengkapi dengan tag yang berfungsi sebagai alat untuk halaman sampai pada akhirnya lahirlah CSS.

Pada akhir tahun 1996, tepatnya pada bulan Desember, CSS level 1 telah resmi dipublikasikan. Perlu Anda ketahui bahwa proyek pada CSS level 1 ini banyak didukung oleh programmer dari Perusahaan ternama yakni Microsoft, programmer itu bernama Thomas Reardon.

Di dalam penetepannya pada CSS level 1 memiliki tujuan untuk dapat mengurangi tag-tag baru pada Netscape dan juga Internet Explorer, dimana pada waktu itu keduanya bersaing untuk mengembangkan tag-tag mereka sendiri untuk tampilan halaman web.

Selain dari pada itu, pada CSS level 1 mendukung beberapa pengaturan misalnya seperti Font, warna, text dan lain sebagainya.

Sampai pada akhirnya, CSS mengalami banyak penyempurnaan hingga berkembang sampai saat ini.

Fungsi CSS

CSS memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaanya dalam membuat website menjadi lebih elegan dan menarik. Penasaran apa saja fungsinya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Membuat Desain dengan Cepat

Ketika Anda membuat atau menciptakan sebuah desain yang sama di beberapa halaman website tentu saja hal tersebut akan membuat para pengunjung menjadi cepat bosan. Selain dari pada itu, Anda harus menyalin satu per satu file dari setiap halaman yang Anda buat.

Lalu, apa yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan CSS? Hal pertama yang akan Anda rasakan adalah Anda tidak perlu lagi untuk menyalin satu per satu file dokumen dari setiap halaman tersebut.

Dengan demikian, CSS bisa menjadi solusi tepat untuk membuat desain dengan cepat untuk membuat desain yang sama dalam beberapa halaman HTML.

Halaman Website Cepat di Akses

Menggunakan CSS untuk membuat website akan menjadikan website Anda mudah dan cepat untuk di akses dan Anda tidak harus menggunakan berbagai atribut tag HTML di seluruh file tersebut.

Bagaimana cara kerjanya? Anda hanya harus menuliskan satu kali fungsi CSS, setelah itu bisa di aplikasikan ke seluruh file yang Anda butuhkan.

Kompatibel

CSS sangat mudah untuk diaplikasikan ke berbagai perangkat, baik itu versi lama maupun versi baru. Dengan demikian, CSS dapat menyesuaikan tampilan yang Anda ciptakan ke perangkat lama dan baru.

CSS Menjadi Standar Pengembangan Website

Nyaris semua website yang tersedia di Internet telah menggunakan CSS. Selain dengan tampilannya yang menarik, banyak sekali browser yang mendukung CSS.

Maka, CSS bisa di katakan menjadi salah satu standar untuk pengembangan website. Hal ini di karenakan sesuai dengan standar browser populer.

Baca Juga : CSS Framework

Cara Kerja CSS

cara kerja css

Dengan kerja sama yang apik antara HTML dan CSS, menjadikan website dengan tampilan yang sangat memukau. Dengan struktur CSS yang cukup sederhana serta pengaplikasiannya yang cukup mudah. Namun memberikan hasil yang sempurna untuk sebuah website.

Perlu diketahui bahwa di dalam struktur CSS ini terdiri dari beberapa selector dan declaration block. Anda bisa memilih elemen yang Anda mau dan setelah itu Anda dapat mendeklarasi terhadap elemen tersebut.

Selector sendiri akan bekerja untuk mengarahkan elemen ke HTML yang akan di ubah tampilannya. Selain itu, declaration block juga bekerja dengan memisahkannya dengan tanda titik koma (;).

Jenis CSS & Cara Penggunaannya

Apabila Anda ingin belajar CSS, Anda perlu mempelajari penempatan CSS yang di gunakan dalam baris kode HTML. Macam CSS tersebut terbagi menjadi 3, simak sebagai berikut:

Inline Style Sheet

CSS jenis ini sudah biasa di terapkan secara langsung pada bagian object ketika Anda ingin mengubahnya. Misalnya seperti teks yang ingin Anda rubah warnanya. Di jenis ini, Anda memerlukan tambahan tag <style> yang tentu saja sangat mudah diterapkan.

External Style Sheet

Jenis selanjutnya adalah External Style Sheet yang berbeda dari Inline Style Sheet. Jika pada External Style Sheet ini penggunaanya lebih praktis karena peletakannya yang memang berada diluar area object.

Selain itu, jenis CSS ini bisa digunakan secara berulang dengan beberapa objek secara sekaligus bahkan dapat membuat website dengan lebih menghemat ruang.

Embedded Style Sheet

Pada jenis CSS ini hampir sama dengan jenis pada Inline Style Sheet karena pada peletakannya di halaman website hampir sama dengan Inline Style Sheet tersebut.

Namun bedanya untuk embedded style sheet ini posisinya berada di antara tag <head> dan </head> serta di awali dengan tag <style>.

Penutup

Jadi, seperti itulah ulasan mengenai apa itu CSS dan lain sebagainya. Pada intinya, CSS merupakan salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari bahkan pemula sekalipun.

Dengan demikian, CSS menjadi salah satu solusi untuk membuat tampilan website Anda menjadi lebih keren. Ketika sudah menguasi CSS, Anda bisa membuka jasa pembuatan website profesional dengan tampilan yang sesuai dengan user atau client Anda nantinya.

Whatsapp