Tips & Cara Memilih Software HR yang Perlu Anda Ketahui !

Hai Majapartners ! Jika, sebelumnya Admin sudah membahas mengenai keuntungan cloud HRIS. Pada kali ini, Admin akan memberitahu mengenai tips memilih software HR sebelum Anda menentukan software atau aplikasi HR terbaik untuk Perusahaan Anda. Karena jangan sampai salah pilih. Sebab, akan berdampak pada Perusahaan Anda nantinya.

Di era teknologi ini, berbagai sisi kehidupan turut dipermudah. Bukan hanya sisi Pendidikan atau sisi politik, tetapi sisi bisnis turut dipermudahkan oleh kehadiran berbagai jenis produk teknologi.

Adapun sisi bisnis yang dibantu adalah dari bagan perusahaan bisnis tersebut yaitu HR atau Human Resources.

Sisi Human Resources turut dipermudah oleh kehadiran produk teknologi bernama Software HR. Software ini tentunya adalah aplikasi yang dirancang khusus dalam mengatasi berbagai permasalahan atau pekerjaan pada sistem di bagian HR.

Dengan aplikasi HR tersebut tentu saja banyak kemudahan yang didapatkan, waktu yang dibutuhkan dalam pekerjaan juga tergolong lebih sedikit.

Sehingga, melalui argumen di atas dapat diketahui bahwa software HR merupakan alat penting yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan bisnis.

Bukan hanya membantu karyawan bagi HR juga menghindari berbagai permasalahan lain, seperti permasalahan pembayaran gaji, pembayaran pajak penghasilan, dan tunjangan kinerja yang tidak sesuai. Oleh sebab itu, aplikasi wajib dipilih dengan baik.

Tips Memilih Software HR

Seperti memilih hal lainnya, dalam pemilihan software HR juga wajib dilakukan secara baik. Sebab, aplikasi ini dijadikan alat atau tombak dalam dalam melakukan pekerjaan sebuah perusahaan di bidang managemen Sumber daya manusia atau SDM. Oleh sebab itu, terdapat tips – tips khusus yang dilakukan dalam memilih software HR.

Adapun tips – tips menentukan software HR yang dapat dilakukan sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:

Sesuaikan dengan Budget

tips menentukan aplikasi HR pertama yang wajib dilakukan adalah menyesuaikan keadaan budget sebuah perusahaan dengan harga software yang hendak dipilih. Anda tentunya tidak perlu khawatir dalam memilih software HR yang low budget, sebab terdapat beberapa rekomendasi dalam memilihnya.

Adapun aplikasi HR yang low budget tetapi berkualitas baik adalah talenta, Greatday, jojonomic, dan lain – lain. Tentunya Anda dapat menentukan salah satu dari ketiga jenis software HR yang ditawarkan tersebut.

Untuk kualitas tentu saja Anda tidak perlu ragukan lagi, sebab Anda dapat mengamati dari berbagai testimoni yang tersedia di internet ataupun website tempat software tersebut diperdagangkan.

Tips Memilih Software HR

Fitur

Tips menentukan software HR selanjutnya adalah mengetahui dan mempertimbangkan setiap fitur yang ditawarkan oleh jenis – jenisnya sendiri.

Fitur merupakan organ utama yang ditawarkan oleh sebuah aplikasi. Jika sebuah fitur dinilai biasa saja, tidak lengkap, bahkan tidak membantu pekerjaan sama sekali dimana pengoperasiannya sulit, maka hal ini menunjukkan bahwa kualitas aplikasi tersebut cukup buruk.

Baca Juga : Contoh Penerapan HRIS

Fitur yang diamati dan dimiliki oleh aplikasi HR haruslah lengkap, mudah dioperasikan, dan pastinya menarik untuk digunakan. Hal ini menunjang kualitas yang dimiliki software HR tersebut dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan HR.

Keamanan

Selain budget, pengalaman dan reputasi, serta fitur tips dalam menetapkan software selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memperhatikan keamanan yang ditawarkan oleh software HR tersebut.

Fitur keamanan menjadi fitur penting yang wajib ada pada setiap software HR. yang menjadi pembedanya adalah keamanan yang dimiliki bersifat tinggi atau tidak, jika tidak maka software tersebut memiliki kualitas dan kinerja yang buruk.

Mengingat, semua data yang diinput dalam aplikasi HR tersebut adalah data penting dan bersifat rahasia sehingga memiliki fitur keamanan yang tinggi adalah wajib bagi sebuah software HR.

Pertimbangkan Pengalaman dan Reputasi

Jika Anda telah melakukan survey atas software – software HR yang sesuai dengan budget Anda, tips selanjutnya yang dapat dilakukan dalam memutuskan aplikasi HR tersebut adalah mempertimbangkan pengalaman dan reputasi yang ditawarkan oleh setiap jenis aplikasi software.

Pengalaman dan reputasi yang ditawarkan oleh setiap jenis software tentunya berbeda – beda, dimana di antaranya ada yang memiliki pengalaman cukup dalam dunia human resources tetapi bereputasi lebih rendah ataupun sebaliknya, dimana memiliki reputasi tinggi tetapi pengalaman rendah.

Semuanya tentu saja dapat Anda pertimbangkan satu sama lain, baik dari pengalaman dan reputasi dari setiap aplikasi HR tersebut dan tentunya harganya. Anda bisa memanfaatkan testimoni pembelian, review software yang didapat dari internet, blog, atau youtube.

Kompabilitas dan Fleksibilitas

tips menentukan aplikasi HR selanjutnya yang wajib diketahui oleh Anda adalah kompabilitas dan fleksibilitas dari software tersebut. Adapun yang dimaksud dengan dua hal tersebut adalah aplikasi HR wajib mudah digunakan dan fleksibel serta dapat diakses melalui apa saja.

Dimana, aplikasi HR harus sesuai dengan perangkat atau device yang dimiliki oleh karyawan bagian HR.

Kesimpulan

Tips – tips memilih software HR tersebut merupakan tips – tips penting yang wajib Anda lakukan apabila Anda hendak diamanatkan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan sebuah software HR.

Dengan tips – tips di atas juga Anda memiliki perencanaan yang bagus, sehingga dengan cost yang cukup besar penggunaan aplikasi HR akan bermanfaat dengan baik!

Whatsapp