HRIS . 02 December 2020

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Cloud HRIS ?

Majapahit Teknologi - Hai Majapartners ! Dalam kesempatan ini, Admin akan membahas apa saja keuntungan ketika Perusahaan Anda menggunakan cloud HRIS. Ketika melaksanakan berbagai kegiatan operasional HR, Anda harus banyak memperhatikan pekerjaan apakah menjadi lebih cepat dan mudah ataukah tidak.

Pengertian HRIS merupakan sebuah software yang dirancang atau dicipatkan untuk dapat membantu pekerjaan HRD agar menjadi lebih cepat, akurat serta efektif.

Salah satu produk terbaik Majapahit yaitu Software Cloud HRIS ialah salah satu software terbaik dengan berbagai pengalaman karena para konsultan dan tim developer Majapahit Team paham betul dengan apa yang dibutuhkan oleh departemen HR di berbagai Perusahaan. Baik itu di Indonesia maupun Perusahaan asing.

Sebagian Perusahaan di Indonesia sebenarnya masih banyak yang bertanya apakah dengan menggunakan human resources information system atau HRIS benar-benar dibutuhkan atau tidak ?

Padahal peran penting HRIS didalam sebuah Perusahaan akan sangat berpengaruh dalam perkembangan Perusahaan kedepannya. Misalnya seperti mengurangi Human Error dan lain sebagainya.

Berbeda dengan dahulu, ketika seluruh pekerjaan kantor khususnya pada divisi personalia, mereka mengerjakan tugas pekerjaan dengan cara konvesional atau biasa dikenal dengan istilah Paperworks.

Mengapa demikian ? Mereka beraggapan bahwa personalia hanya sebagai pekerjaan sekretariat dan menganggap tidak perlu membutuhkan sistem kerja yang kompleks.

Keuntungan Menggunakan Cloud HRIS

Perlu diketahui oleh Anda bahwa disetiap Perusahaan divisi HRD memiliki beberapa tugas penting. Misalnya seperti rekrutmen, onboarding, manajemen kinerja, manajemen data karyawan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk dapat memudahkan pekerjaan HRD agar lebih mudah, cepat dan efisien. Perusahaan di Indonesia saat ini mulai beralih dengan menggunakan Human Resource Information System atau HRIS.

Cloud atau dalam istilah lain adalah komputasi awan ialah sebuah sistem komputasi yang memang bekerja dengan menggunakan internet serta penyimpanan secara virtual. Istilah cloud sendiri merupakan penyimpanan yang memang terdiri sekumpulan server. Hal tersebut akan tersimpan rapih dan akan dikelola oleh penyedia layanan cloud.

Lalu, apa saja sih keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila Anda menggunakan software HRIS berbasis cloud. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

Administrasi Menjadi Praktis

Ketika Anda menggunakan Cloud HRIS. Anda akan mendapatkan keuntungan berupa adminstrasi yang nantinya akan menjadi lebih efisien dan praktis. Tentu saja seluruh pekerjaan HRD akan di otomatiskan seperti misalnya data absen, izin, cuti, lembur, penilaian karyawan, data karyawan, kontrak dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan software tersebut. Pekerjaan HRD menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, akan mengurangi beberapa hal seperti human error, pemakaian kertas yang berlebih, kesalahan data dan lebih hemat biaya pengeluaran yang nantinya akan menguntungkan bagi Perusahaan.

Meningkatkan Fungsi Rekrutmen

Fungsi HRD didalam sebuah Perusahaan adalah menjalankan rekrutmen dan onboarding bagi karyawan baru. Misalnya seperti memeriksa CV, jadwal wawancara, mengumpulkan feedback, penilaian user sampai dengan mempersiapkan berbagai pelatihan untuk karyawan.

Demi menghindari hal-hal yang tidak inginkan serta meningkatkan keefektivitasan fungsi rekrutmen. Maka Anda harus mempertimbangkan untuk menjadikan software HRIS menjadi salah satu andalan untuk Perusahaan Anda.

Meningkatkan Brand Perusahaan Anda

Dengan seiring berjalannya teknologi yang semakin berkembang. Tentu saja sektor bisnis mengharuskan Anda untuk dapat berusaha berbagai macam hal agar dapat dikenal atau biasa disebut dengan istilah ( Brand Awareness ) oleh pasar dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

Ketika Anda melakukan penerapan HRIS untuk Perusahaan Anda. Pasar akan melihat sisi lain karena Perusahaan Anda menunjukan perbedaan dan kelebihan didalam Perusahaan yang sedang Anda kelola.

Lalu, apa saja perbedaan dan kelebihannya ? Simak sebagai berikut.

  1. Pertama adalah tentu saja Anda memberikan sinyal kepada para investor, pelanggan, vendor dan publik. Bahwa Anda merupakan brand yang memang tepat dan patut untuk diperhitungkan karena Perusahaan Anda sudah mengantongi visi untuk semakin berkembang dimasa yang akan mendatang.
  2. Selanjutnya adalah dengan penggunaan cloud HRIS, ini merupakan indikasi atau sinyal yang menunjukan bahwa kemampuan brand Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Keuntungan Menggunakan Cloud HRIS

Tidak Membutuhkan Investasi Besar

Selanjutnya adalah Anda tidak perlu untuk investasi besar-besaran karena sudah jelas bahwa HRIS berbasis cloud ini merupakan software yang bergantung kepada internet. Anda hanya membutuhkan browser yang terdapat di PC Anda.

Investasi seperti pembelian produk atau lisensi tidak perlu dilakukan seperti pada umumnya. Karena software ini tergantung dalam pemakaian secara berlangganan.

Software Update Secara Otomatis

Kebijakan Perusahaan akan berubah-ubah sesuai dengan kebijakan pemerintah pada setiap tahunnya sehingga Anda harus melakukan penyesuaian dengan HRIS yang sedang Anda gunakan.

Namun, dibandingkan HRIS biasa, cloud HRIS akan memberikan update secara otomatis dan termasuk melakukan penyesuaian dengan kebijakan terbaru.

Keamanan Data Terlindungi

Keungulan lainnya dari cloud HRIS adalah keamanan data terjamin karena software ini diciptakan untuk dapat memberikan keamanan penuh dalam berbagai aspek penyimpanan data.

Perlu Anda ketahui, bahwa data yang terenskripsi akan dikirim berdasarkan kebutuhan Anda. Jadi, tidak semua orang dapat mengakses data Perusahaan yang memakai cloud HRIS karena hal tersebut harus menggunakan ID serta kunci akses menuju data Perusahaan.

Kesimpulan

Jadi, seperti itulah manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda memilih dan menggunakan HRIS berbasis cloud. Karena fasilitas atau fitur-fitur yang diberikan oleh software tersebut tentunya akan sangat membantu tugas HRD.

Anda dapat mengundang kami untuk mempresentasikan Software HRIS ke Perusahaan Anda. Segera hubungi kami di info@majapahit.id.

Bagikan artikel ini: