Kelebihan dan Kekurangan CRM Software

Tentu saja di setiap software atau aplikasi terdapat kelebihan dan kekurangan, seperti pada software CRM. Mengelola hubungan dengan pelanggan tentu membutuhkan kinerja lebih agar bisa mengetahui apa saja yang sebenarnya mereka butuhkan. Customer Relationship Management atau CRM bisa menjadi salah satu alternatif paling efisien untuk mengelola hubungan dengan pelanggan.

Banyak perusahaan besar ataupun kecil yang berhasil mendapatkan keuntungan dengan penerapan sistem CRM ini. Kelebihan dan kekurangan CRM menjadi salah satu alat yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya.

Kelebihan Software CRM

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kelebihan dan kekurangan CRM merupakan satu paket komplit yang tidak bisa dipisahkan. Hal yang pertama akan dibahas adalah mengenai apa saja kelebihan dari software satu ini.

Bisa Melakukan Penggalian Data

Di era digital, data menjadi komponen penting yang tidak bisa diabaikan. Setiap fakta hanya bisa diperoleh melalui data yang akurat. Dalam hal ini, CRM mampu memberikan data akurat para pelanggan sehingga memudahkan perusahaan dalam mengukur kebutuhan pasar. Tentu saja, hal yang sudah terakui bahwa mengukur kebutuhan pasar selalu kurang akurat jika dilakukan secara manual.

Melalui data juga akan terlihat apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh para pelanggan. Hal ini tentu akan berdampak juga pada barang yang diproduksi, perlu melakukan inovasi atau tidak. Dengan begitu, pelanggan terkelola dengan baik dan produk juga terjual secara maksimal.

Mampu Mengakses Data Dari Mana Saja

Data menjadi salah satu pusat analisis bisnis yang begitu penting. Tidak hanya bisnis modern saja, semua jenis bisnis tentu membutuhkan yang namanya data. Kelebihan CRM memang sangat bagus dalam proses menghimpun data menjadi satu sehingga setiap divisi bisa mengaksesnya dari mana saja.

Baca Juga :

Manfaat Aplikasi CRM

Namun, sifatnya yang sangat fleksibel ini terkadang juga menjadi kekurangan dan bisa mendatangkan kerugian. Kelebihan dan kekurangan CRM dalam hal ini memang sangat perlu diperhatikan agar tidak salah dalam proses pengelolaan dan penempatannya.

Mempercepat Proses Deal

Perusahaan mana yang tidak ingin segera deal dengan klien? Tentunya setiap perusahaan ingin bisa mempercepat proses deal yang mereka lakukan agar semakin banyak keuntungan masuk. Nah, dalam hal ini mengandalkan kelebihan dari software CRM bisa menjadi salah satu alternatif.

Alurnya, tim bisa mengetahui sejauh mana aktivitas setiap pelanggan. Lalu, tim marketing dapat menjalankan negosiasi berdasarkan hasil pemantauan aktivitas dari tiap pelanggan. Akan terlihat apa saja hal-hal yang saat itu sedang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga relevan dengan kebutuhannya.

Kelebihan dan kekurangan CRM

Kekurangan Sofware CRM

Selain beberapa kelebihan yang sudah disampaikan sebelumnya, software ini tentu juga memiliki beberapa kekurangan. Secara umum, kelebihan dan kekurangan CRM sama saja seperti sistem software lainnya yang pada dasarnya saling melengkapi. Langsung saja berikut ini beberapa kekurangan yang perlu diketahui.

Meminimalisir Peran Manusia

Tanpa disadari, keberadaan teknologi yang kian hari kian maju membuat peran manusia menjadi sedikit demi sedikit menjadi terkikis. Hal ini sebenarnya bisa jadi menguntungkan tetapi juga ada ruginya, yakni tingkat emosianal dan ekspresif yang tidak bisa hadir di dalamnya.

Dalam proses interaksi, tentu akan sangat membosankan apabila setiap hari hanya bertatap muka dengan mesin saja. Butuh interaksi dengan sesama manusia untuk menciptakan momen-momen baru. Untuk itu terkadang keberadaan software CRM masih bisa dikurangi.

Memerlukan Pelatihan dan Dukungan Teknis

Disinilah letak kelebihan dan kekurangan CRM yang sering dirasakan oleh banyak perusahaan. Terkadang tidak semua anggota perusahaan mengetahui bagaimana cara mengoperasikan software dengan baik. Maka perlu memilih jenis-jenis CRM yang tepat untuk bisnis Anda.

Dengan pemilihan jenis software yang tepat, secara otomatis proses yang dilakukan juga akan lebih maksimal. Caranya bisa dengan mendata apa saja kebutuhan-kebutuhan paling utama yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Jika sudah mengetahui, maka perusahaan tidak akan mengeluarkan banyak dana untuk pelatihan maupun dukungan teknis.

Membutuhkan Bantuan Support

Tentu saja Perusahaan pastinya akan membutuhkan dukungan teknis yang dapat mensuport agar sistem berjalan lancar untuk mengimplementasikan CRM Software.

Selain itu, bantuan support membutuhkan biaya tersendiri. Namun, terdapat solusi yang terbaik. Seperti misalnya, Perusahaan dapat mempercayakan tim teknis mereka atau menggunakan pihak ketiga. Akan terdapat biaya apabila software yang digunakan oleh Perusahaan Anda masih belum berbasis Cloud.

Kesimpulan

Nah, itulah keuntungan dan kelemahan CRM yang perlu diketahui oleh setiap perusahaan yang ingin menggunakan software tersebut. Sebenarnya, ada banyak sekali jenis software CRM yang bisa digunakan, seperti manajemen inventory. Jika Anda tahu, ada banyak sekali manfaat software inventory dalam mengelola persediaan dan meningkatkan aktivitas perusahaan.

Whatsapp