Alasan Mengapa Harus Menggunakan Software Warehouse Management System Pada Bisnis

Majapahit.id – Pada postingan sebelumnya, Admin sudah membahas mengenai pengertian warehouse management system. Pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas, mengapa warehouse management system sangat diperlukan untuk Perusahaan maupun bisnis ? Yuk, simak penjelasan sebagai berikut.

Sistem pengelolaan bisnis terdiri atas berbagai jenis, ada pengelolaan bisnis berdasarkan metode manual atau bahkan pengelolaan bisnis bersifat instan. Adapun pengelolaan bisnis yang bersifat instan tersebut didasari oleh teknologi yang perkembangannya tidak perlu diragukan lagi belakangan ini.

Pengelolaan bisnis menggunakan sistem teknologi mengandalkan sebuah produk teknologi yang bernama aplikasi. Aplikasi tersebut tentu saja dirancang khusus untuk turut mempermudah aktivitas pengelolaan bisnis, dengan fitur – fitur super canggih yang kian memperkecil waktu pekerjaan anda.

Kuantitas data yang banyak kini tidak menjadi ketakutan dan kerisauan lagi bagi seorang pengelola data, sebab aplikasi hadir membantu permasalahan mereka tersebut.

Salah satu pengelolaan bisnis dengan metode aplikasi turut dilaksanakan pada bisnis yang memiliki sistem Gudang di dalamnya. Adapun metode canggih tersebut dikenal dengan warehouse management system.

Sistem ini telah dipercaya dapat membantu permasalahan – permasalahan dalam pengelolaan Gudang yang selama ini turut dirasakan oleh supervisor hingga karyawan pengelola Gudang.

Mengapa Harus Menggunakan Warehouse Management System?

Warehouse management system merupakan sistem pengelolaan data barang di Gudang melalui aplikasi yang meliputi berbagai aspek pada pergudangan.

Adapun aspek yang dimaksud adalah aspek penerimaan barang (receiving), pengiriman atau shipping, penyimpanan barang sementara, hingga pengambilan dan pengiriman barang ke tujuan.

Semua data tersebut akan dikelola pada aplikasi ini dengan instan dan tidak menggunakan metode yang susah. Oleh sebab itu, banyak alasan dalam pemilihan warehouse management system sebagai bagian dari pengelolaan data sebuah Gudang.

Alasan menggunakan Warehouse Management System

Ini dia beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan warehouse management system? Ini merupakan sebuah pertanyaan yang turut dipertanyakan oleh para pengelola gudang maupun beberapa klien yang sudah bekerja sama.

Adapun jawaban yang dapat menjawab pertanyaan di atas tentu saja berkaitan dengan manfaat yang dimiliki oleh warehouse management system itu sendiri, antara lain:

Mengontrol dan Memanajemen Bagian Inventaris

Hal pertama yang menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut adalah warehouse management system dapat mengontrol dan memanajemen bagian invetaris Gudang. Barang – barang yang masuk ke Gudang tentu saja berjumlah sangat banyak dan beragam jenis pula.

Terkadang, karena penataan yang tidak pas, bisa – bisa Gudang seluas berapa hektar pun tidak maksimal dalam pemanfaatan lahannya. Oleh sebab itu, warehouse management system hadir dan menjawab pertanyaan anda semua.

Dengan warehouse management system, seorang supervisor Gudang akan mampu menemukan titik terang dari permasalahan tersebut.

Barang – barang yang masuk ke Gudang akan lebih terkontrol, sehingga memperkecil resiko kehilangan atau kerusakan, pemanfaatan storage atau penyimpanan juga akan maksimal sehingga luas Gudang akan terpakai dengan efektif.

Layanan Untuk Pelanggan & Pelacakan

Warehouse management system bukan hanya memiliki manfaat pada karyawan internal yang berada pada Gudang tersebut, tetapi juga pada pelanggan yang barangnya tertahan pada Gudang tersebut.

Dengan sistem ini, data akan mudah terkelola dan sampai kepada server yang terkoneksi terutama pada nomor tracking sebuah paket barang pada usaha ekspedisi.

Sehingga, dengan warehouse management system ini seorang pelanggan akan mampu melacak dan mengetahui dimana lokasi barang yang dikirimkannya tersebut.

Baca Juga : Apa Saja Peran Penting Inventory Software Untuk Perusahaan ?

Tentu saja hal tersebut menjadi pelayanan ekstra yang dihadirkan perusahaan kepada pelanggan, mengingat para pengirim sering risau atas keberadaan paketnya yang tak kunjung sampai. Sehingga, dengan sistem ini mereka tidak perlu risau lagi dan dapat melacak estimasi pemrosesan atas pengiriman barang tersebut.

Perusahaan Lebih Produktif

Dengan warehouse management system, perusahaan lebih produktif. Hal tersebut disebabkan karena pengelolaan data atas barang – barang yang masuk ke Gudang akan lebih akurat dan tepat.

Sehingga, penyerahan tenaga dan energi untuk memaksimalkan kondisi barang dalam Gudang tersebut akan lebih maksimal.

Sering kali sebuah perusahaan cenderung tidak produktif karena adanya kesalahan data. Ditinjau dari sisi pemanfaatan space Gudang, pengiriman barang, hingga perawatan barang pada Gudang tersebut, semuanya kini dapat terawasi lebih baik dengan kehadiran warehouse management system.

Warehouse Management System Fleksibel

Penggunaan warehouse management system tergantung fleksibel dimana dapat digunakan di mana saja dan oleh siapa saja. Hal ini disebabkan oleh aplikasi ini dirancang khusus untuk mempermudah sistem pengelolaan data Gudang, sehingga tidak ada kata sulit dalam pemrosesannya.

Meningkatkan laba dan penjualan

Manfaat yang menjadi jawaban selanjutnya dari pertanyaan mengapa harus warehouse management system adalah meningkatkan laba dan penjualan.

Perusahaan akan mampu lebih produktif dan meningkatkan kinerjanya sebab data – data telah rapi, tepat, dan actual sesuai kondisi yang ada pada gudangnya.

Dengan begini, mereka akan lebih paham dalam pemanfaatan barang – barang tersebut yang membuat pelayanan pada perusahaan tersebut meningkat.

Jika pelayanan tersebut meningkat, sebuah bisnis akan semakin sukses mendapatkan pelanggan baik pelanggan baru atau pelanggan lama yang setia. Dengan ini, senantiasa laba dan penjualan sebuah perusahaan akan meningkat drastic.

Baca Juga : Pertanyaan tentang pergudangan

Kesimpulan

Kelima manfaat di atas merupakan alasan mengapa warehouse management system sangat penting untuk digunakan pada pengelolaan bisnis!

Jadi, sudah sangat jelas. Apabila Anda menggunakan software tersebut. Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar pada pengelolaan barang yang masuk ke gudang akan lebih terkontrol.

Whatsapp