Peran Penting Inventory Software Yang Perlu Anda Ketahui !

Majapahit – Perkembangan zaman yang signifikan menjadikan era sekarang menjadi lebih mudah. Dengan teknologi yang canggih menjadikan pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan terstruktur. Seperti software inventory yang memiliki peran penting dalam Perusahaan ritel, grosir dan lain sebagainya.

Pada awal mula, software ini hanya berfungsi sebagai spreadsheet yang sederhana yang memiliki fungsi untuk melacak berbagai persediaan yang ada di gudang. Namun dengan perkembangan teknologi yang pesat. Kini fungsinya berubah menjadi lebih komplit.

Bagaimana Peran Penting Software Inventory Pada Perusahaan ?

Software Inventory atau biasa dikenal dengan istilah manajemen persediaan merupakan salah satu asset yang paling penting dan berharga bagi setiap Perusahaan.

Baca Juga : Apa itu warehouse software ?

Nah, perlu di ketahui oleh Anda bahwa makna tersembunyi dari manajemen ialah sistem pengelolaan, sampai akhirnya hal tersebut menjadi benar-benar efektif. Sedangkan istilah inventory merupakan stok barang atau bahan-bahan yang memang disimpan untuk tujuan tertentu.

Tujuan tersebut misalnya memenuhi kebutuhan proses produksi atau dapat di jual kembali. Nah, perlu di catat juga bahwa inventori ini meliputi beberapa bahan baku. Di antaranya adalah :

  • Raw Materials.

Raw Materials ialah istilah yang memiliki arti persediaan yang dibeli namun tidak diproses. Nah, persediaan ini akan digunakan untuk memisahkan para pemasok yang berasal dari proses Produksi.

  • Barang Proses ( In – Progres Goods ).

Barang proses merupakan barang setengah jadi yang berada di dalam produksi. Dimana barang tersebut tidak di bisa di bilang sebagai bahan mentah karena sudah diolah menjadi satu yang berada di Perusahaan tersebut.

  • Barang Jadi ( Finished Goods ).

Barang jadi atau dalam istilahnya Finished Goods merupakan barang yang telah di selesaikan dalam proses pembuatan produksi. Namun, belum dijual atau didistribusikan pada tujuan tertentu.

Nah, Aplikasi software inventori ini memiliki peranan penting di dalam sebuah Perusahaan. Lalu, apa saja peran penting tersebut? Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

Proses Produksi Akan Terjamin

Berbagai Perusahaan di Indonesia tentu saja ingin proses produksinya lancar. Bahan baku yang out of stock akan sangat mengancam proses produksi yang memang sedang berlangsung.

Maka dari itu, sangat penting untuk menerapkan inventory software pada Perusahaan Anda agar dapat memastikan bahwa bahan baku tidak menghambat selesainya suatu Pekerjaan dan akan lancar seketika.

Mengoptimalkan Mesin

Apabila software ini di terapkan dengan cara yang tepat dan benar. Maka akan mengurangi resiko mesin yang bekerja tanpa hasil. Apalagi jika mesin yang memang digunakan sudah bersifat otomatis.

Tentu saja hal tersebut akan menjadi pertimbangan serius bagi Anda. Anda harus berusaha untuk menjaga material yang diperlukan agar bahan baku bisa terpenuhi. Dengan demikian, mesin tidak dalam kondisi mati dalam keadaan yang sangat lama.

Mengantisipasi Bahan Baku

Selanjutnya adalah inventori dapat mengantisipasi bahan baku musiman. Hal ini akan sangat menguntungkan. Hal ini akan sangat berbahaya apabila tiba-tiba sudah tidak tersedia stok bahan baku di manapun berada. Tentu saja, Anda tidak mungkin untuk memberhentikan proses produksi sampai bahan baku sudah tersedia kembali.

Menerapkan inventori pada Perusahaan Anda akan sangat menguntungkan. Karena inventori dapat mengantisipasi dengan baik agar bahan baku yang bersifat musiman masih tersedia di Perusahaan dan proses produksi pun akan berjalan dengan nlancar. Dengan demikian, Perusahaan akan bekerja lebih optimal.

Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Peran selanjutnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Mengapa ? Karena para pelanggan merupakan aspek terpenting yang harus dipenuhi oleh Perusahaan.

Karena itu, di dalam perdisribusian tentu saja diperlukan jeda untuk setiap sesinya. Misalnya saja ketika jeda sudah berhenti tetapi produk sudah tidak tersedia maka tentu saja akan mengecewakan para pelanggan.

Baca Juga : Mengapa Software HR Penting ?

Mengantisipasi Pengiriman Barang Supplier Yang Tidak Sesuai

Mengantisipasi ketika pengiriman barang supplier yang di kirim tidak sesuai dengan yang diinginkan. Apalagi banyaknya bahan baku yang Anda pesan bisa saja menjadi alasan terjadinya kesalahan ketika pengiriman bahan baku.

Tentu saja ketika para pemasok salah mengirim bahan baku, bahan baku tersebut harus dikembalikan seperti semula sesuai jumlah yang di pesan.

Nah, ketika Anda membalikan barang atau bahan tersebut kepada pemasok. Tentu saja Anda harus mengikuti persyaratan sesuai dengan prosesur yang telah di tetapkan karena hal ini akan memerlukan waktu untuk mengantar dan menggantinya dengan yang lain. Disinilah peran inventori berperan penting untuk Perusahaan.

Dengan Anda menggunakan software ini. Anda akan bisa menentukan berapa jumlah banyak safety stock yang harus Anda sediakan di dalam gudang. Selebihnya Anda harus belajar untuk disiplin dalam melakukan pengecekan terhadap barang atau bahan baku yang tentu saja masuk ke dalam gudang tersebut. Hal tersebut dilakukan agar bisa mengetahui apakah terjadi kesalah dalam pemesanan produk.

Antisipasi Barang Terlambat Datang

Peran penting selanjutnya adalah software tersebut dapat mengantisipasi barang yang memang terlambat datang. Misalnya saja seperti produk yang sebelumnya bisa diolah menjadi tidak bisa dikerjakan.

Hal tersebut karena produk tersebut tidak tersedia bahan bakunya. Anda harus menunggu pemasok untuk mengirimkan bahan baku tersebut. Jelas saja ini akan sangat merugikan Anda.

Mengapa ? Karena Anda harus membayar pekerja yang memang tidak bekerja di Perusahaan Anda karena bahan baku yang tidak tersedia atau tidak lengkap.

Inventory Sangat Penting Untuk Perusahaan Anda

Sudah di jelaskan beberapa poin penting mengapa software inventory sangat penting untuk Perusahaan Anda. Jadi mulai sekarang Anda harus lebih teliti dan menganalisa berbagai fenomena yang memang terjadi di Perusahaan Anda.

Kesimpulan

Jadi seperti itulah penjelasan mengenai peran penting software inventory yang akan berguna dan bermanfaat untuk Perusahaan Anda.

Apabila Perusahaan yang sedang Anda tempati untuk bekerja terdapat beberapa masalah dalam hal tersebut. Silahkan ajak atasan Anda untuk mengenal inventori software.

Whatsapp