Manfaat Sistem ERP Bagi Perusahaan

Majapahit Teknologi – Di era yang semakin serba digital, sistem ERP menjadi salah satu penunjang bisnis yang banyak digunakan oleh para perusahaan. Tidak dapat dipungkiri apabila memang ada banyak sekali manfaat sistem ERP untuk bisnis yang bisa diperoleh dengan cukup mudah. Yuk simak beberapa manfaatnya berikut ini.

Perusahaan besar wajib harus menggunakan software ERP untuk menjalankan bisnis. Mengapa demikian? Tentu saja untuk meningkatkan produk menjadi semakin berkualitas.

Manfaat ERP Untuk Bisnis & Perusahaan Anda

Pengertian ERP adalah kepanjangan dari Enterprise Resource Planning System merupakan sebuah informasi atau software yang memang di khususkan untuk Perusahaan menengah ke atas. Sistem ERP ini akan langsung berhubungan dengan aspek operasional, produksi ataupun distribusi di Perusahaan.

Fungsi software ERP ialah dapat memberikan laporan dengan lengkap dan akurat. Tentu, software ini akan membantu manajamen dalam melakukan bisnis kedepannya.

Lalu, apa manfaatnya sistem ERP untuk bisnis yang tentu saja akan Anda dapatkan ketika memakai Software ini untuk bisnis yang sedang Anda kelola. Berikut penjelasannya !

System ERP Dapat Meningkatkan Efisiensi

Melalui keberadaan perangkat yang menggunakan sistem digital ini membuat semua pekerjaan manual menjadi lebih cepat terselesaikan. Apapun bidang perusahaannya akan tetap menguntungkan apabila menggunakan sistem ini karena semua data telah berada di dalam genggaman.

Misalnya saja pada perusahaan manufaktur yang membutuhkan proses pencarian barang. Jika menggunakan cara manual memerlukan waktu cukup lama, maka dengan sistem ini barang akan ketemu dalam waktu 1 menit. Dengan begitu proses pengiriman barang ke pelanggan menjadi lebih cepat.

ERP Software Menyederhanakan Pekerjaan

Manfaat system ERP untuk bisnis yang selanjutnya adalah mampu menyederhanakan setiap pekerjaan. Mulai dari membuat laporan keuangan, perencanaan produksi, hingga pembuatan inventaris perusahaan, semuanya bisa dilakukan dalam waktu bersamaan.

Baca Juga :

Kelebihan ERP untuk menjalankan bisnis Anda !

manfaat software erp untuk bisnis

Saat perusahaan sudah menggunakan sistem satu ini, maka ketika hendak membuat laporan tidak perlu lagi mengandalkan spreadsheet di excel yang sangat banyak. Cukup dengan sekali klik maka semua laporan keuangan bisa terintegrasi menjadi satu kesatuan yang utuh.

Mengintegrasikan Informasi

Perlu diketahui bahwa perangkat satu ini memungkinkan setiap anggota tim agar dapat mengakses informasi secara keseluruhan dari masing-masing divisi.

Sistem sebelumnya mengharuskan setiap orang untuk bertemu telebih dahulu baru bisa mengakses setiap informasi yang dibutuhkan. Nah hal tersebut sekarang tidak lagi perlu.

Menariknya, informasi yang dibutuhkan bisa langsung diakses dengan cepat dan tepat tanpa membutuhkan waktu lama. Intinya hanya dari satu akses saja maka semua informasi menjadi sangat transparan. Masing-masing divisi tidak perlu menunggu persetujuan untuk saling mendapatkan informasi.

Meningkatkan Mobilitas

Sistem ERP memang memiliki basis data yang cukup beragam, salah satunya adalah cloud. Basis data cloud ini biasanya yang paling banyak digunakan karena memungkinkan setiap pengelola bisnis untuk dapat lebih fleksibel. Artinya, tidak perlu setiap hari ke kantor karena semuanya bisa dipantau menggunakan handphone.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis dengan cabang di berbagai kota. Apabila harus mengontrol semua cabang setiap hari tentu merupakan hal yang tidak mungkin sehingga pengontrolan dengan sistem ERP akan sangat membantu.

Menghemat Biaya

Inilah manfaat system ERP untuk bisnis yang sering kali menjadi pertimbangan penting. Ketika perusahaan bisa memangkas biaya operasional tetapi mendapatkan kualitas kinerja yang lebih maksimal, tentu cara itu akan lebih dipilih daripada sebaliknya.

Produk Terbaru Majapahit :

Software Mini ERP

Perusahaan tidak lagi perlu membeli software ataupun aplikasi beragam untuk masing-masing divisi. Cukup menggunakan satu manajemen saja yang semuanya bisa terintegrasi kepada seluruh divisi di dalam perusahaan tersebut. Mulai dari akses informasi hingga laporan perusahaan.

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Manfaat system ERP untuk bisnis yang tidak kalah penting adalah mampu meningkatkan layanan pelanggan. Pelanggan tentu menjadi komponen penting yang harus selalu diperhatikan agar bsinis lancar dan tetap jalan. Caranya dengan menggunakan software CRM. Apa itu CRM software?

Manfaat CRM untuk Perusahaan

CRM merupakan sebuah sofware yang biasa digunakan oleh para perusahaan untuk mengelola data setiap pelanggan. Melalui data atau riwayat informasi di dalam software tersebut, perusahaan dapat mengukur minat dan ketertarikan para pelanggan sehingga bisa menciptakan produk yang relevan.

Meningkatkan Daya Saing

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu contoh software dari sistem ERP yang bisa diandalkan adalah CRM. Mengapa harus menggunakan software CRM? Dari informasi riwayat pelanggan yang diperoleh melalui software tersebut, perusahaan juga bisa meningkatkan daya saingnya.

Bisa jadi perusahaan yang tidak menggunakan system ERP dengan fokus software CRM untuk pelanggan tidak bisa mengukur keinginan pasar. Pasalnya keinginan pasar sering kali berubah-ubah dan trennya terjadi dalam waktu yang relatif cepat. Ditambah lagi dengan berbagai fleksibilitas yang dimiliki sistem ini akan membantu perusahaan berkiprah lebih lebar.

Memaksimalkan Produktivitas dan Keamanan Data

Melalui berbagai manfaat system ERP untuk bisnis, tentu ada banyak produktivitas yang dihasilkan. Perusahaan tidak hanya bisa meringkas pekerjaan tetapi juga memaksimalkan hasil yang diperoleh. Waktu yang dialokasikan bisa dimanfaatkan dengan seefisien mungkin.

Selain itu, masalah keamanan data juga terkontrol dengan baik oleh sistem. Terlebih sistem ini memungkinkan penggunanya untuk dapat mengontrol dan monitoring setiap titik akses yang ada. Dengan begitu, seluruh data penting milik perusahaan akan dijamin aman dan terkelola dengan baik.

Nah, itulah beberapa manfaat sistem ERP untuk bisnis yang bisa diandalkan. Apabila perusahaan Anda ingin lebih terstruktur secara teknis dengan hasil yang maksimal, maka bisa menggunakan sistem perangkat satu ini.

Whatsapp