Apa Itu ERP ? Pengertian, Fungsi & Cara Kerja ERP Software

Majapahit.id – Apa itu ERP ? Anda harus mengetahui hal tersebut. Namun, Apabila Anda adalah salah satu pebisnis atau sedang mengelola sebuah Perusahaan, pastinya Anda sudah sering mendengar mengenai ERP tersebut. Maka dari itu, Admin akan membahas dimulai dari pengertian erp, fungsi sampai cara kerja software erp.

Perlu di ketahui, sistem ERP dulunya digunakan oleh banyak Perusahaan berskala besar. Namun, dengan perkembangan teknologi yang pesat, pada saat ini ERP sudah bisa digunakan untuk bisnis atau Perusahaan bersakala kecil. Misalnya seperti UMKM.

Tentu saja, setiap Perusahaan atau sebuah organisasi memiliki tantangan rumit yang sama. Tantangan tersebut bisa saja seperti harus selalu kompetitif dalam dunia bisnis dan di waktu yang bersamaan, Perusahaan dituntut harus tetap fleksibel.

Perusahaan atau bisnis harus memiliki solusi yang tepat untuk bisa menjawab tantangan tersebut. Solusi terbaik dan tepat yang dibutuhkan oleh Perusahaan adalah solusi yang bisa menyimpan serta mengakses informasi dalam satu platform. Dengan demikian, proses bisnis akan menjadi lebih mudah, tepat, cepat dan terawasi.

Solusi tersebut bisa diatasi oleh kehadiran sistem ERP yang dapat mengintegrasikan seluruh fungsi bisnis yang berbeda ke dalam satu sistem dan membuatnya saling terkoneksi satu sama lain. Dengan demikian, ketika Anda menggunakan ERP, Anda bisa menyederhanakan seluruh pekerjaan di sertiap departemen.

Baca Juga : Macam – Macam ERP

Sejak kapan ERP mulai dikenal ? Jawabannya sejak tahun 1990, sistem ERP mulai dikenal secara luas. Menjadikan sebuah sistem yang memiliki banyak fungsi serta manfaat ERP yang didapat seperti manajemen dan operasional.

Pengertian ERP

Pengertian ERP ialah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang merupakan sebuah proses konsolidasi untuk mengumpulkan dan memanajemen data bisnis melalui sebuah perangkat lunak yang terintegrasi. Software ini bisa mengotomatiskan bisnis menjadi lebih mudah. Hal tersebut meliputi seperti produksi, laporan penjualan, akuntansi dan lain sebagainya.

ERP bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk Perusahaan yang sedang Anda kelola. Tentu, hal ini merupakan solusi tepat agar bisa meningkatkan cara Anda untuk menangani sumber daya bisnis. Banyak sekali definisi yang berbeda mengenai sistem ERP. Namun, secara garis besar, ERP ditujukan untuk bisa melayani berbagai departemen Perusahaan dengan proses bisnis menjadi lebih baik.

Fungsi ERP Bagi Perusahaan

Banyak sekali yang bertanya dan ingin tahu mengenai fungsi utama ERP. Anda harus mengetahui hal tersebut karena ini merupakan hal yang sangat penting sebelum Anda memakai software tersebut dalam Perusahaan atau bisnis.

Sistem ERP memiliki fungsi dengan tujuan untuk menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang tentu saja memakan waktu yang sangat banyak.

Misalnya seperti berbagai tugas yang kompleks seperti mengecek inventaris, pembagian tugas, pemantauan jam kerja, laporan keuangan dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan sistem ERP.

Di bawah ini adalah fungsi erp pada Perusahaan secara lengkap. Sebagai berikut:

Perancangan & Manajemen Sistem Informasi

Di dalam sistem ERP memiliki alat-alat pendukung untuk bisa mengambil keputusan dengan tepat. Misalnya seperti alat perencanaan dan alat simulasi yang akan membantu manajemen untuk bisa memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara optimal.

Sistem ERP akan menyajikan laporan dengan menghasilkan laporan standar yang memang diperlukan oleh para manajemen serta laporan tersebut bisa diakes oleh manajemen ketika saat dibutuhkan.

apa itu erp software ?

Selain itu, ERP juga akan menyajikan seluruh data dari setiap modul dengan sangat baik dan akurat serta sistematis. Dengan begitu, Anda bisa melakukan monitoring dan perencanaan improvasasi strategi bisnis kedepannya dengan sangat baik.

Mengapa demikian? Karena ada data yang disajikan lebih terpercaya. Hal tersebut pastinya akan memudahkan para bisnis development untuk bisa menentukan arah strategi kedepannya dengan baik karena memiliki data yang terintegrasi dan terpercaya.

Meningkatkan Efisiensi & Produktivitas

Dengan menggunakan ERP, Anda akan mendapatkan fungsi yang sangat bermanfaat yakni bisa meningkatkan efisiensi dalam aktivitas rutin di setiap harinya. Misalnya seperti pemesanan, pengiriman, manajemen kualitas dan lain sebagainya.

Keamanan Data Meningkat

Keamanan data akan meningkat dengan pesat apabila Anda menggunakan ERP untuk mendukung seluruh bisnis Anda menjadi lebih baik. Karena pada sistem ERP mempunyai firewall & control pembatasan untuk bisa mencegah terjadinya pelanggaran dalam penggunaan data.

Apabila data seluruh data terpusat & tersimpan dengan ketat, keamanan pun akan terjaga dengan sangat baik. Selain itu, Admin juga bisa membuat role tertentu untuk bisa mengakses data secara tertentu sekaligus bisa mengehentikan akses secara langsung apabila ada user yang memang mencurigakan pada sistem tersebut.

Bagaimana Cara Kerja ERP ?

Penting untuk mengetahui cara kerja sistem ERP. Cara kerjanya adalah dengan mempunyai server atau data yang terpusat dengan tujuan sebagai tempat untuk menyimpan seluruh informasi Perusahaan. Pihak-pihak yang memiliki kepentingan seperti manajer, akan mempunyai akses seluruh informasi data tertentu.

Dengan adanya sistem ERP bisa mendukung untuk meningkatkan produktivitas Perusahaan serta fungsi bisnis menjadi lebih baik. Selain itu, tujuan dari implementasi ERP adalah untuk menaikan daya saing Perusahaan atau bisnis.

Simak Juga : Kelebihan dan Kekurangan Software ERP

Tujuan ERP

System ERP memiliki tujuan untuk bisa mengkoordinasikan bisnis dengan organisasi secara keseluruhan. Dengan begitu, ERP ialah sebuah software yang terdapat pada suatu organisasi atau Perusahaan untuk dapat mengotomatisasi serta mengintegrasi banyak proses untuk bisnis dan pelanggan.

Penjelasan secara sederhananya adalah system ERP mampu menyederhanakan sebuah proses bisnis baik itu bidang keuangan, sumber daya manusia dan lain sebagainya dalam suatu Perusahaan yang menjadi sebuah aplikasi atau perangkat lunak sehingga bisa dengan mudah dikelola oleh manusia.

Konsep ERP

Konsep sederhana ERP bisa di operasikan dengan sangat baik apabila didukung oleh perangkat aplikasi serta infastruktur komputer, baik secara perangkat lunak maupun perangkat keras. Dengan demikian pengelolaan data informasi bisa dilaksanakan dengan mudah serta terintegrasi dengan sangat baik.

Ilustrasi Konsep System ERP

Seperti pada gambar ilustrasi diatas, ERP disebut sebagai Back Office System, hal ini disebabkan karena jika dilihat dari cara kerja sistem tersebut, erp tidak melibatkan pelanggan atau publik secara umum. Beda halnya dengan Front Office System yang secara langsung berhadapan dengan para pelanggan.

Biasanya jika berhadapan secara langsung dengan para konsumen akan menggunakan sistem e-commerce atau Customer Relationship Management (CRM) dan lain sebagainya.

Waktu yang Tepat Menggunakan ERP

Sistem ERP tentu saja harus diperhatikan oleh Perusahaan, Karena hal tersebut sudah masuk dalam salah satu strategi bisnis di masa depan. Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakan software mini ERP dalam Perusahaan Anda serta dapat menjadi tolak ukur ketika sudah saatnya Anda mempertimbangkan aplikasi ERP sebagai solusi untuk Perusahaan. Simak sebagai berikut :

  • Ketika Anda sudah sulit mengakses data serta informasi yang sedang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan bisnis secara tepat.
  • Anda sudah merasa membutuhkan waktu untuk dapat menjaga serta meningkatkan keamanan aset penting pada bisnis Anda.
  • Waktu yang tepat selanjutnya adalah ketika Anda sudah memiliki banyak aplikasi bisnis yang berbeda namun seluruhnya tidak terhubung satu sama lain.
  • Perusahaan yang sedang Anda kelola sudah ingin memulai bisnis baru serta mencapai kegiatan operasional yang fleksibel & efisien.

Kesimpulan

Kesimpulan pada ulasan mengenai pengertian ERP, fungsi dan cara kerjanya menjadi salah satu solusi tepat untuk manajamen data yang sangat kuat.

Selain itu, ERP bisa menyederhanakan proses operasi bisnis dengan menjalankan otomatisasi sebagian besar proses basis data, analisis data ekstensif serta menyediakan manajemen data yang sangat akurat kedalam kerangka kerja yang intuitif serta terintegrasi.

Whatsapp