Kelebihan dan Kekurangan Software ERP Untuk Menunjang Bisnis Anda

Untuk dapat meningkatkan kinerja dalam menjalankan bisnis, diperlukan sistem ataupun software pendukung yang tepat guna. Software ERP bisa menjadi salah satu rekomendasi karena di dalamnya memiliki banyak manfaat yang bagus untuk memanajemen suatu perusahaan. Namun, sebelum menggunakannya, perlu diketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan ERP sistem sehingga bisa lebih dimaksimalkan fungsinya.

Kelebihan Software ERP

Pentingnya mengetahui kelebihan dan kekurangan ERP sistem akan sangat membantu perusahaan dalam mewadahi berbagai arus informasi yang masuk.

Hal ini karena ERP memiliki tujuan utama sebagai wadah dalam menyediakan data-data akurat sehingga perusahaan mampu mengambil keputusan dengan tepat. Berikut beberapa kelebihan yang perlu diketahui.

Mengurangi Biaya Operasional ataupun Manajemen

Biasanya, sumber dana paling besar yang dihabiskan oleh perusahaan berasal dari operasional dan manajemen. Keduanya bisa dikelola secara ringkas apabila menggunakan sistem ERP. Hal ini secara tidak langsung tentu akan mengurangi biaya yang perlu dikeluarkan oleh pihak perusahaan.

Bisnis dan Data bisa Terintegrasi

Di era milenial seperti sekarang, data menjadi fakta penting yang harus dikantongi setiap perusahaan. Kelebihan ERP adalah menjaring setiap data yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga dalam pengambilan keputusan bisa lebih akurat. Selain itu, perubahan juga terjadi secara realtime sehingga lebih mudah untuk dipantau.

Meningkatkan Kolaborasi

Kolaborasi menjadi kebutuhan penting yang sekarang ini wajib dikuasai oleh setiap perusahaan. Pasalnya, tanpa melakukan kolaborasi, tidak akan muncul ide-ide cemerlang yang mengandung pembaharuan. Kelebihan dan kekurangan ERP sistem akan membantu dalam mengintegrasikan setiap divisi agar bisa berkolaborasi dengan baik.

Produktivitas Meningkat

Meninggalkan sistem manual dan menggantinya ke dalam sistem digital tentu secara otomatis meningkatkan produktivitas. Hebatnya, sistem ERP akan sangat membantu dalam melakukan pekerjaan berulang sehingga bisa dihandle secara otomatis. Dengan begitu masih banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain.

Kelebihan dan Kekurangan ERP

Mengelola Bisnis Menjadi Lebih Kondusif

Manfaat sistem ERP untuk bisnis secara keseluruhan memang menjadikannya lebih kondusif. Yang dimaksud kondusif di sini adalah bisa saling berintegrasi satu sama lain. Data sangat mudah diakses dan sangat transparan sehingga tidak akan membutuhkan waktu lama ataupun proses yang ribet.

Baca Juga :

Manfaat software ERP

Kekurangan Sistem ERP

Kelebihan dan kekurangan ERP sistem memang menjadi dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Setelah mengetahui apa saja kelebihannya, saatnya beralih untuk mengetahui apa saja kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh sistem satu ini.

Tenaga Kerja Sulit Beradaptasi

Meskipun sistem milenial semakin mendominasi kehidupan, tetap saja masih ada banyak orang yang tidak bisa beradaptasi dengan cepat. Hal ini tentu menjadi kekurangan dalam penerapan sistem ERP ini karena sistem ini memang menuntut para penggunanya untuk mahir mengoperasikan sistem digital.

Sistem Menjadi Lebih Rumit

Sebenarnya permasalahan paling utama yang kemudian menjadi kekurangan dari sistem ERP adalah terletak pada manusianya. Karyawan sebagai pengelola perlu mempelajari sistem ERP dengan semaksimal mungkin sehingga kerumitan yang ada di dalamnya bisa diatasi dengan mudah. Pasalnya, tanpa sering belajar tentu akan sedikit kesulitan mengaplikasikan sistem satu ini.

Biaya Lebih Besar

Memang tak dapat dipungkiri apabila produktivitas dari software ini mampu menutup beberapa tenaga dan menggantikannya secara otomatis sehingga terjadi pemotongan biaya operasional. Tetapi tetap saja untuk menerapkan software satu ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga perlu dipikirkan sebaik mungkin kelebihan dan kekurangannya.

Bergantung Pada Satu Vendor Tertentu

Kekurangan ERP sistem yang selanjutnya adalah perlu bergantung pada satu vendor tertentu. Hal yang cukup disayangkan adalah vendor yang dimaksud tidak boleh berganti-ganti karena memerlukan penerapan yang sangat lama. Akibatnya tidak bisa terjadi pembaruan sistem secara berkala.

Baca Juga :

Apa Itu Aplikasi HRIS ? Yuk, kenali secara detail !

Kesimpulan

Nah itulah beberapa keunggulan dan kelemahan untuk ERP yang sangat penting untuk menunjang Perusahaan atau bisnis Anda kedepannya. Tentu saja, Perusahaan yang sudah siap secara keseluruhan bisa menggunakan sistem satu ini agar manfaat yang diperoleh juga bisa maksimal. Namun apabila kapasitas karyawan masih belum terlalu mumpuni, bisa dipertimbangkan terlebih dahulu. Selain itu, ada juga software pendukung seperti CRM ( Customer Relationship Management ).

Whatsapp