meningkatkan minat baca anak

Minnie, Robot kecil untuk meningkatkan minat baca Anak

Majapahit – “Apakah kamu siap membaca?” robot kecil itu bertanya pada seorang anak. Nama robot ini adalah Minnie, dan dirancang untuk mengubah aktivitas membaca sendiri di rumah menjadi aktivitas kelompok untuk meningkatkan minat baca anak.

Meningkatkan Minat Baca Anak

Para peneliti dari University of Wisconsin di Madison baru saja menerbitkan sebuah studi kecil yang menunjukkan bahwa memiliki Minnie membantu anak-anak membaca dan mendapatkan lebih banyak dari itu.

Di akhir eksperimen yang belangsung dua minggu tersebut, beberapa peserta diantaranya 10 anak laki-laki dan 14 perempuan berusia 10-14 tahun merasa Minnie mampu mengekspresikan emosi mereka, serta memikirkan buku-buku yang mereka baca.

Studi tersebut menyebutkan bahwa satu anak mengatakan mereka bisa berbicara dengan robot itu tentang buku yang iya baca dan yang lain mengatakan bahwa dengan adanya robot tersebut membuat mereka ingin membaca lebih banyak karena itu membuat mereka merasa seperti harus membuat robot tersebut bahagia.

Mengingat tingkat melek huruf yang rendah di antara orang dewasa dan anak-anak di Amerika Serikat, apa pun yang dapat membuat anak-anak terlibat dalam membaca tampaknya membantu, karena orang tua dirumah mungkin tidak punya waktu, atau keterampilan, untuk membantu anak mereka belajar membaca secara efektif.

Seperti banyak hal lain yang berkaitan dengan robot, Pada dasarnya Minnie tidak benar-benar memiliki emosi atau pikiran, melainkan hanya respons yang sudah diprogram.

Jasa Terbaik : Jasa Pembuatan Aplikasi Android

Tetapi temuan penelitian dapat memiliki implikasi yang lebih luas untuk bidang yang sedang berkembang itu dengan menunjuk ke suatu tempat di mana mereka memiliki robot yang dapat membantu kegiatan tertentu.

Robot sosial tidak harus pandai melakukan segala sesuatu untuk membantu, hanya harus pandai melakukan satu hal: dalam hal ini, membaca.

Penulisnya, psikolog pendidikan Joseph Michaelis dan ilmuwan komputer Bilge Mutlu, mengatakan kunci keberhasilan Minnie dengan pembaca yang bahkan enggan terletak pada kemampuannya untuk bergabung dalam suatu kegiatan, menyediakan komponen sosial yang mirip dengan teman studi atau bahkan guru swasta.

Bukan Asisten Virtual

Tidak seperti asisten virtual seperti Alexa atau Google Home , Minnie dirancang untuk memberikan interaksi sosial yang bermakna bagi siswa sekolah sehingga mampu meningkatkan minat baca pada anak.

Baca Juga : Perlunya Keamanan Pada WordPress

Kehadirannya benar-benar meningkatkan keterlibatan mereka dengan bahan bacaan, dan fokus desain pada satu kegiatan bahkan memungkinkan robot yang relatif sederhana ini untuk membantu pembaca muda fokus.

“Kami ingin meniru apa yang sebenarnya dilakukan oleh seorang guru atau seseorang yang tertarik membaca sebagai tujuan pendidikan,” kata Michaelis.

Minnie membaca dan dapat mendiskusikan materi yang sedang dibaca dengan pernyataan yang telah ditetapkan. Minnie juga dapat merekomendasikan buku yang mungkin menarik bagi pembaca, berkat algoritma yang sederhana.

Whatsapp