Update . 23 October 2021

Mengenal Big Data : Pengertian, Karakteristik & Contoh Penerapannya

Majapahit Teknologi - Di era penuh teknologi ini, tentu saja kegiatan pengolahan data sangat sering dilakukan. Sehingga, penyimpanan akan data – data yang dibutuhkan tersebut semakin besar kapasitasnya.

Tak heran, sebab hampir beberapa data yang dibutuhkan untuk diolah dalam sekali perintah saja. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah sebuah program bernama Big Data.

Program ini kerap membantu pekerjaan suatu pengolahanan data sebab perannya yang banyak terutama dalam penyimpanan dan pengoptimalan sistem membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien dilakukan.

Berikut ini adalah berbagai informasi seputar Big data seperti definisi, teknologi, fungsi hingga contoh penerapannya untuk Anda pahami:

Pengertian Big Data

Apa itu big data ? Big data adalah suatu program atau proses yang terdiri atas berbagai kumpulan data secara kompleks, terstruktur, dan lebih besar.

Big Data ini dipercaya sangat ampuh dalam menangani berbagai permasalahan terkhususnya permasalahan bisnis.

Umumnya, big data ini dikenal sebagai database tetapi merupakan versi terbaiknya.

Dimana, Big data telah terintegrasi secara baik sistemnya, baik itu melalui kecepatan, volume penyimpanan, jenis data – data yang ditawarkan.

Karakteristik Big Data

Karakteristik Big Data

Selain memahami Apa itu big data, Anda juga wajib mengetahui bahwa Big Data ini memiliki berbagai karakteristik yang dideskripsikan sebagai 3V seperti penjelasan berikut:

Volume

Karakteristik Big Data pertama adalah Volume. Dimana, volume ini berartikan ukuran data yang mampu ditampung oleh program big data tersebut secara efektif dan efisien.

Velocity

Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh Big Data adalah Velocity.

Dimana, velocity ini memiliki artian kecepatan yang dimiliki oleh program Big Data ini adalah sangat berkualitas.

Bahkan, sistemnya terintegrasi secara langsung dengan memori dan waktu secara real – time.

Variety

Variety memiliki artian jenis – jenis data yang dimiliki dan ditampung oleh Big data sangatlah bervariasi dan banyak dibandingkan memanfaatkan database lainnya contoh SQL.

Selain itu, varian data yang ada terbagi dua, dimana data tradisional lebih terstruktur, dibandingkan data – data teknologi terbaru contohnya audio, video, teks, dan berbagai data lainnya.

Value

Value merupakan karakteristik Big data tambahan yaitu pengolahan data yang dilakukan menggunakan program tersebut wajib menghasilkan nilai informasi berkualitas dari berbagai pengolahan nilai aliran data tak teratur sebelumnya.

Hal ini turut berharga untuk suatu bisnis agar dapat memaksimalkan kinerjanya.

Veracity

Veracity merupakan karakteristik big data tambahan selanjutnya yaitu kualitas data yang dihasilkan.

Dengan big data, akan diproses dan diintegrasikanlah data yang diperolah dari berbagai sumber sehingga menjadi data dengan kualitas dan akurasi tinggi.

Teknologi Big Data

Teknologi Big Data

Berikut ini adalah berbagai teknologi yang digunakan oleh database big data dalam pengolahannya. Adapun teknologi yang dimaksud tersebut antara lain:

Big Data Operasional

Teknologi pertama yang digunakan oleh Big Data adalah big data operasional.

Dimana, data – data yang ada tersimpan, terintegrasi secara baik, dan jenis – jenis data yang disimpan memiliki sifat interaktif dan berkorelasi secara real time dengan pekerjaan sebenarnya.

Penggunaan Big Data operasional ini dilakukan dengan membangun database berupa teknologi No SQL.

Teknologi No SQL dikenal sebagai teknologi yang sangat berkualitas dan memiliki modal efisien. Selain itu, pengelolaannya lebih mudah dan cepat.

Big Data Analytics

Teknologi selanjutnya yang digunakan oleh Big Data adalah Big Data Analytics. Dimana, teknologi ini memanfaatkan sistem database MPP dan Map Reduce.

Tujuan dari pembangunan teknologi big data analytics adalah mengoptimalkan reaksi keterbatasan dan kemampuan relational database tradisional antar server (lebih dari satu server).

Penggunaan sistem databse MPP dan Map Reduce memiliki keunggulan, yaitu metode baru yang mampu menganalisis data pelengkap pada sebuah big data.

Tentu saja sistem ini sangat dibutuhkan bagi sebuah big data yang memiliki berbagai jenis varian data dalam sistem pengolahannya tersebut.

Fungsi Big Data

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari big data yang sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak, sebaga berikut :

Metode Pengambilan Keputusan

Fungsi big data pertama yang dirasakan oleh berbagai pihak, terutama pihak pemangku kepentingan bisnis adalah big data dapat digunakan sebagai metode pengambilan keputusan secara tepat, cepat, dan akurat.

Tentu saja ini sangat dibutuhkan dan membawa dampak yang baik bagi suatu sistem pengolahan data bisnis.

Metode Analisis Masalah

Fungsi big data selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai metode analisis masalah bagi seluruh proses pengolahan data di bidang bisnis.

Sebab, cara kerja yang real time dan akurat serta cepat dapat membantu pihak pengolah data menemukan masalah yang terjadi. Tentu saja, hal ini membuat waktu kerja lebih efektif dan efisien.

Alat Pendeteksi Hal Menyimpang pada Struktur

Fungsi big data yang terakhir adalah dijadikan sebagai alat pendeteksi hal menyimpang pada struktur. Dimana, hal yang menyimpang dan tidak terstruktur dengan baik akan mudah dideteksi dan dicarikan penyebab serta solusinya.

Dengan hal ini, seluruh kegiatan yang bersifat penyimpangan data pada bisnis dapat diantisipasi secara cepat.

Manfaat Big Data

Selain dari fungsinya yang sangat beragam, big data juga memiliki berbagai manfaat yang juga memiliki kelebihan dan kegunaan bagi berbagai pihak.

Berikut ini adalah manfaat – manfaat big data yang wajib dipahami:

Dalam Bidang Teknologi Informasi

Manfaat dari big data tersirat dalam bidang teknologi informasi yang dirasakan adalah sebagai berikut :

  • Sebagai Penggunaan Smartphone : Manfaat pertama dirasakan oleh para pengguna smartphone yang senantiasa dapat menikmati berbagai fitur karena penyimpanan dan proses pengolahan data melalui sistem big data tersebut.
  • Media Sosial : Siapa yang tidak menggunakan media sosial? Platform yang kini sangat digemari dan memiliki banyak pengguna tersebut tentu saja sangat membutuhkan peran big data sebagai database berbagai data para usernya.
  • Media Digital : Berbagai media digital yang tentunya menawarkan berbagai konten seperti alat pemutar film, video, dan music secara online juga membutuhkan peran big data sebagai database dan sistem pengolahan banyak datanya tersebut.

Dalam Bidang Bisnis

Manfaat big data tersirat dalam bidang bisnis yang dirasakan hingga saat ini adalah sebagai berikut:

  • Alat Customer Relationship Management (CRM) : Manfaat pertama adalah Customer Relationship Management (CRM) yang digunakan sebagai penghubung antara pemilik bisnis dengan para klien atau pelanggannya agar semakin memahami dan berkoneksi dengan para pelanggannya tersebut.
  • Peningkatan Sistem Operasional Bisnis : Manfaat selanjutnya yang dirasakan adalah peningkatan sistem operasional bisnis. Dimana, sistem kerja di bisnis dapat lebih tertata melalui penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien dan menghasilkan produktivitas atau kinerja tinggi.

Baca Juga : Apa Itu Metode Agile !

Contoh Penerapan Big Data

Contoh Penerapan Big Data

Berikut ini adalah contoh – contoh penerapan big data yang wajib Anda ketahui :

Pajak

Penerapan big data terhadap pajak membuat orang – orang lebih memahami dan menaati pajak dengan baik.

Hal ini ditandai dengan kemampuan dan ketepatan pembayaran pajak sesuai dengan periodenya.

Sektor Kesehatan

Pada sector Kesehatan penerapan big data sangat bermanfaat terutama dalam bidang pengintegrasian data.

Mengingat, data – data dari pasien butuh pengintegrasian yang baik sehingga dapat mendukung kemudahan beradministrasi.

Agrikultur

Pada agrikultur, sifat big data yang dijadikan sebagai database penyimpanan informasi dan pencarian solusi dari berbagai masalah pertanian membuat semua petani dapat meningkatkan produktivitasnya dan hasil tanian menjadi semakin berkualitas.

Transportasi

Pada transportasi, tentu saja big data sangat berpengaruh sebagai penyimpanan database pengguna transportasi online.

Hal ini membuat orang – orang dengan mudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada pada transportasi tersebut.

Kesimpulan

Melalui berbagai penjelasan di atas, tentu saja semakin diyakini bahwa big data ini benar – benar membawa banyak manfaat bagi berbagai bidang.

Sehingga, perlunya pemahaman, pemeliharaan, dan pengembangan secara terstruktur pada proses pengolahan sistem big data tersebut.

Bagikan artikel ini: