Web Development . 16 August 2021

iOS Developer : Pengertian, Tugas, Skill dan Kualifikasinya

Majapahit Teknologi – Sama seperti Android Developer, IOS Developer menjadi salah satu Pekerjaan paling diminati oleh anak muda saat ini yang menyukai di bidang IT.

Saat ini, Apple menjadi salah satu Perusahaan terbesar di dunia yang tidak pernah berhenti untuk terus berinovasi. Namun, di balik semua itu, terdapat peran besar dari orang-orang yang menjadi IOS Developer yang telah banyak sekali membuat atau menciptakan aplikasi didalamnya.

Karena banyak sekali inovasi yang dilakukan oleh Perusahaan Apple. Maka dari itu, pekerjaan developer di perangkat IOS semakin di cari oleh Perusahaan-Perusahaan besar. Tidak berhenti sampai disitu saja, banyak orang-orang yang mulai meminati karir di bidang tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi salah bagian dari Developer di perangkat IOS, Anda harus mengetahui terlebih dahulu, dimulai dari tugas dan tanggung jawab, skill apa saja yang harus di kuasai, dan lain sebagainya.

Pengertian IOS Developer

Apa itu seorang IOS Developer ? Seseorang yang bekerja menjadi bagian developer IOS merupakan seseorang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan aplikasi mobile maupun dektsop di system operasi IOS Apple.

Jadi, jika Anda nantinya menjadi salah satu bagian dari pengembangan perangkat IOS tersebut. Anda harus memiliki skill untuk membuat aplikasi di perangkat system operasi IOS.

Nah, biasanya Bahasa pemrograman yang menjadi andalan para programmer IOS adalah Objective-C, swift ataupun Ruby.

Namun, jika Anda ingin menjalankan aplikasi yang dapat berjalan di kedua perangkat (Android & IOS), Admin menyarankan Anda untuk belajar dalam menggunakan Bahasa pemrograman Cross-Platfrom dengan menggunakan React Native.

Perlu diketahui juga oleh Anda, bahwa menjadi salah satu developer di perangkat IOS harus memiliki pemahaman yang sangat kuat terkait dengan system operasi IOS tersebut dan bagaimana cara kerjanya di berbagai device seperti Iphone, Ipad, Apple Watch dan lain sebagainya.

Membuat aplikasinya pun tidak sembarangan, para developer harus mematuhi Guidline atau standar yang sudah di tentukan oleh Apple.

Tugas dan Tanggung Jawab IOS Developer

Tugas dan Tanggung Jawab IOS Developer

Bagi Anda yang memang tertarik untuk menjadi bagian dari pengembang perangkat IOS, Anda bisa mengetahui terlebih dahulu mengenai tugas dan tanggung jawabnya, apa saja ? Mari simak sebagai berikut :

Dapat Bekerja Bersama Tim

Apabila Anda ingin menjadi seorang developer, Anda harus bisa bekerja dalam tim untuk mengerjakan proyek yang sudah di tentukan dengan membutuhkan jumlah tim yang cukup besar.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah harus selalu koordinasi dengan anggota tim lainnya atau departemen dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan informasi mengenai pengerjaan projek tersebut.

Bisa Bekerja Dengan Menggunakan Sumber Data External & API

Selanjutnya, seorang developer IOS juga harus bisa menguasai dan memahami dari API atau Application Programming Interface serta sumber data eksternal.

Tentu saja hal tersebut akan sangat membantu dalam mengembangkan software dengan waktu yang lebih cepat dan juga efektif.

Dengan begitu, performa yang akan di dapatkan dari aplikasi yang telah dibuat menjadi lebih baik dan kecepatan transfer data akan meningkat dengan sangat baik.

Melaksanakan Pengujian Terhadap Aplikasi

Hal yang tidak kalah penting dari yang sudah disebutkan di atas adalah melakukan tahap pengujian sebelum aplikasi tersebut di rilis secara public.

Mengapa demikian ? Hal tersebut di karenakan Anda harus menguji kepada aplikasi dengan tujuan untuk memastikan program dapat berjalan dengan baik dan siap untuk di rilis.

Memperbaiki BUG

Selain itu, Anda juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memperbaiki Bug yang terdapat pada kode program saat sudah memasuki tahap pengembangan pada aplikasi

Sederhananya, sebelum memasukin tahap proses deploy, Anda harus mengecek di berbagai setiap kesalahan atau pada program yang memang terdapat pesan error.

Mengapa harus di cek ? Hal ini di karenakan agar ketika sudah di rilis nanti, tidak terjadi kesalahan yang sangat fatal. Oleh karena itu, Anda harus mengecek kembali program-program tersebut.

Membuat Produk Terbaik

Tugas terakhir yang harus Anda kerjakan adalah dengan menciptakan suatu produk yang berkualitas, yang tentu saja memiliki daya saing yang kuat serta inovatif.

Anda bisa melihat di berbagai macam aplikasi mobile, dimulai dari aplikasi games, edukasi, bisnis, dan lain sebagainya.

Skill dan Kualifikasi iOS Developer

Ketika Anda sudah memutuskan untuk terjun menjadi iOS Developer, Anda harus mengetahui, skill dan kualifikasi apa saja yang harus Anda kuasai nantinya. Berikut penjelasannya :

Mengetahui Dasar Bagaimana Cara Kerja iOS & Mac OS X

Tentu hal pertama yang harus Anda kuasai adalah mengenal lebih dalam terkait dengan cara kerja di seluruh perangkat Apple.

Ketika Anda sudah menguasai bagaiamana cara kerja dari perangkat Apple tersebut. Anda akan lebih mudah untuk dapat menyesuaikan aplikasi atau perangkat lunak yang Anda ciptakan di setiap perbedaan dari perangkat tersebut.

Menguasai Bahasa Pemrograman Dasar

Selain daripada itu, Anda juga harus bisa menguasai Bahasa pemrograman dasar, khususnya Bahasa pemrograman Swift yang menjadi salah satu Bahasa program wajib untuk Anda kuasai ketika sudah memutuskan untuk menjadi iOS Developer.

Swift ini merupakan Bahasa pemrograman yangmemang di ciptakan secara langsung oleh Apple. Fungsinya adalah untuk mengembangkan aplikasi yang mereka ciptakan.

Jenis bahasa pemrograman lainnya yang harus Anda kuasai adalah sebagai berikut.

  • Git.
  • Basic syntax.
  • Control Flow (If and Switch Statements).
  • APIs (Cocoa Touch dan UIKit).
  • Xcode IDE.
  • Error handling.
  • Objective-C Interoperability.
  • Core Data framework.
  • Metal atau OpenGL.
  • Classes, inheritance & initialization.
  • Optionals.
  • Spatial Reasoning.

Jika Anda menguasai setidaknya Bahasa pemrograman yang disebutkan tadi, Anda harus mampu untuk dapat berpikir secara 3 dimensi dan dapat memvisualisasikan relasi spasial dengan sebuah objek.

Secara sederhana, ketika Anda sedang mengonsep interface misalnya seperti Iphone, dan lain sebagainya. Anda sudah harus mengetahui, hal apa saja yang di sukai oleh para user.

Update Tren UX / UI

Kualifikasi terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus selalu terbiasa untuk update mengenai UX dan UI terbaru untuk dapat di implementasikan ke aplikasi yang akan dibuat oleh Anda. Hal ini bertujuan agar aplikasi tersebut dapat terlihat baru dan bisa meningkatkan user experience.

Cara Menjadi IOS Developer

Cara Menjadi IOS Developer

Berikut ini adalah tips dan cara menjadi iOS Developer yang sudah Admin persiapkan untuk Anda, simak ulasannya sebagai berikut :

Mempersiapkan Perangkat MAC

Perangkat Mac menjadi salah satu alat kerja utama ketika Anda menjadi pengembang iOS. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu perangkat Mac tersebut.

Mengapa begitu ? Hal ini di karenakan pengembangan aplikasi iOS tidak bisa di kerjakan dengan melalui perangkat Windows ataupun Linux.

Menginstal Xcode

Jika Anda sudah mempersiapkan perangkat Mac tersebut. Anda harus menginstal software terpenting yang digunakan untuk mengembangkan iOS yakni Xcode.

Perlu diketahui bahwa Xcode ini merupakan IDE (Integrated Development Environtment) yang berfungsi untuk mengembangkan berbagai produk Apple.

Selain itu, IDE ini bisa Anda gunakan secara cuma-cuma atau gratis, Anda hanya perlu mengunduhnya dari Mac App Store.

Lalu, apa saja hal yang bisa di lakukan di apps tersebut ? Pada IDE Xcode, Anda bisa melakukan baanyak hal, misalnya seperti menulis atau mengedit kode, debugging, pengujian aplikasi dan lain sebagainya.

Mempelajari Bahasa Dasar Pemrograman

Seperti yang sudah disinggung dalam skill dan kualifikasi yang harus Anda kuasai. Mempelajari Bahasa pemrograman dasar merupakan salah satu tantangan yang harus Anda lakukan agar dapat menjadi pengembang iOS yang handal.

Untuk mempelajarinya, Anda bisa mempelajari Bahasa pemrograman tersebut secara online, Anda bisa belajar melalui platform populer seperti YouTube.

Menciptakan Aplikasi Dengan Mengikuti Tutorial

Apabila Anda sudah menguasai Bahasa pemrograman yang memang dibutuhkan untuk mengembangkan iOS, Anda bisa mencoba untuk membuat suatu aplikasi dengan mengikuti tutorial yang tersedia secara online.

Membuat Aplikasi Secara Kustom

Jika sudah berhasil menciptakan aplikasi dengan mengikuti tutorial. Sudah saatnya Anda membuat aplikasi secara sendiri dan dibuat dengan custom.

Anda bisa memulainya dengan aplikasi sederhana yang memang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

Berkolaborasi Dengan Developer Lainnya

Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah bergabung dengan komunitas serta ikut andil dalam pembuatan projek yang bisa Anda dapatkan melalui GitHub atau Anda juga bisa ikut secara langsung dengan bergabung Bersama developer.appel.com

Anda juga bisa membaca ulasan lainnya agar bisa menjadi programmer secara otodidak dengan mudah.

Gaji iOS Developer

Beberapa sumber menyebutkan, jika gaji iOS developer di Indonesia berkisar Rp. 9.600.000 perbulan. Tentu saja, angka tersebut lebih besar dibandingkan dengan gaji profesi Android Developer yang berkisar Rp. 5.800.000 perbulan.

Kesimpulan

Jadi seperti itulah materi mengenai Developer iOS yang saat ini semakin banyak diminati oleh para anak muda yang menyukai IT.

Dengan berbagai tugas dan kualifikasi yang tidak sedikit, apakah Anda masih ingin berkarir sebagai pengembang perangkat iOS ?

Semoga bermanfaat ?

Bagikan artikel ini: