Pengertian Keunggulan & Manfaat Mobile Apps

Majapahit.id – Perkembangan dunia digital kini mulai banyak menjamur di berbagai tempat. Yang mana rancangan digital tidak hanya menghasilkan perangkat keras saja, tetapi juga perangkat lunak yang dioperasikan oleh brainware. Salah satunya adalah pengembangan tentang apa itu mobile apps? Mobile apps kebanyakan dikembangkan untuk dipasang di smartphone atau jam digital.

Mobile apps sendiri dikembangkan oleh tenaga manusia yang menguasai bidang IT, dimana di dalamnya ada sistem pemrograman sebagai komponen utama dalam pembangunan suatu aplikasi.

Pembuatan aplikasi mobile ini memiliki tujuan yang beragam, tergantung dengan kebutuhan sektor yang diinginkan.

Banyak sektor yang telah memanfaatkan penggunaan mobile apps sebagai media penyalur informasi. Seperti sektor perbankan, pemerintahan, pendidikan, industri, marketing, kesehatan dan lain sebagainya.

Penggunaan aplikasi smartphone sendiri telah membantu banyak pihak untuk menjalankan pekerjaannya sehari-hari dengan mudah dan efisien. Perkembangannya menjadi salah satu hasil dari proses revolusi digital 4.0 yang berlangsung di abad ini.

Pengertian Mobile Apps

Mobile apps merupakan perangkat lunak berupa aplikasi yang dikembangkan menggunakan program komputerisasi untuk disematkan pada perangkat mobile seperti ponsel, tablet dan jam tangan digital.

Awal kemunculan mobile apps di tahun 2000-an, tepatnya sekitar tahun 2009. Aplikasi mobile ini merupakan pengembangan dari rancangan aplikasi yang sebelumnya belum terlalu canggih.

Mobile apps di masa kini banyak dikenal sebagai aplikasi smartphone yang rancangannya didukung dengan pemrograman yang sudah elit. Untuk membuat sebuah aplikasi, perlu membutuhkan keahlian khusus, yang mana dalam prosesnya dibantu dengan program computer. Setiap tahun, aplikasi mobile ini selalu dikembangkan atau di upgrade untuk meningkatkan kinerjanya.

Simak Juga : Pentingnya mengetahui Tipe Aplikasi !

apa itu mobile apps

Mobile apps yang sudah dirakit dengan sempurna biasanya akan di upload di situs khusus yang berisi sekumpulan aplikasi mobil. Misal untuk smartphone android bisa mengunduh mobile apps di Playstore yang dimiliki pihak Google Corporation.

Sedangkan untuk iPhone bisa mengunduhnya di AppStore yang merupakan besutan perusahaan Apple Inc. Namun beberapa mobile apps yang belum resmi akan dirilis di situs website lain di internet.

Manfaat Aplikasi Mobile

Mobile apps pada awalnya dibuat sebagai sarana penyalur informasi sehari-hari. Namun karena banyaknya sektor yang menggunakan mobile apps, maka fungsi dan manfaat yang dapat dinikmati pun berbeda-beda. Beberapa manfaat penggunaan aplikasi mobile secara umum adalah sebagai berikut.

Sebagai sarana penyebar informasi

Aplikasi mobile yang paling utama adalah dikembangkan sebagai media informasi, baik informasi sekitar hingga di dunia. Penyebaran informasi ini bisa dilakukan dengan mudah dengan adanya aplikasi mobile yang dirancang berbasis website. Contoh aplikasi yang dikembangkan adalah portal berita, majalah elektronik, dan lain sebagainya.

Membangun brand perusahaan lewat aplikasi mobile

Bagi yang baru merintis perusahaan, bisa mulai mengembangkan brand yang didirikannya dengan menggunakan aplikasi mobile. Sudah banyak perusahaan yang selain melayani pelanggan secara langsung, dan juga melalui mobile apps. Contohnya aplikasi perbankan, aplikasi supermarket, dan masih banyak lagi.

Memudahkan pekerjaan manusia

Mobile apps memiliki manfaat yang lebih untuk membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Banyak dikembangkannya aplikasi oleh para developer, dengan tujuan yang berbeda-beda. Ada yang digunakan untuk mengumpulkan resep masakan, mencatat keuangan, menyalurkan hobi, hingga untuk menjual produk-produk dagangan.

Menjalin komunikasi jarak jauh

Manfaat yang bisa kita temukan pada pengembangan aplikasi mobile yakni dapat menjalin komunikasi antar sesame baik itu jarak dekat maupun jangkauan yang luas. Hal ini bisa dilihat dengan aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram Whatsapp dan lain-lain yang bisa menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya yang saling berinteraksi.

Meningkatkan Proses Bisnis

Ketika Anda bekerja, Aplikasi mobile dapat berguna untuk bisa meningkatkan proses bisnis yang sedang Anda jalani. Misalnya, seperti aplikasi WhatsApp, Telegram dan lain sebagainya. Ada banyak sekali para pekerja yang aktig untuk menggunakan aplikasi ini sebagai media pendukung pekerjaan dalam berkomunikasi.

Baca Juga : Pentingnya Aplikasi Mobile untuk ECommerce

Keunggulan Mobile Apps

Selain adanya manfaat yang bisa dinikmati pengguna, mobile apps juga memiliki beberapa keunggulan. Apa itu mobile apps? Yang memiliki beragam keunggulan yang eksis di kehidupan masyarakat digital 4.0. Berikut adalah keunggulan-keunggulan mobile apps.

  • Memiliki tampilan awal atau user interface (UI) yang menarik. Tampilan UI bisa dirancang dengan desain layout, tema dan icon yang menarik. Yang mana biasanya disesuaikan dengan bidang aplikasi tersebut.
  • Pengembangan aplikasi tidak semua bisa di akses dengan internet saja. banyak aplikasi yang bisa diakses tanpa menggunakan internet atau dalam keadaan offline. Salah satunya aplikasi game.
  • Mobile apps bisa diakses kapanpun tanpa batasan waktu. Selama 24 jam, pengguna bisa mengakses aplikasi mobile dengan lancar melalui perangkat mobile yang dimiliki.

Melihat banyaknya kelebihan yang ada pada mobile apps ini membuat masyarakat banyak beralih untuk menggunakan perangkat bergerak seperti smartphone. Penggunaannya sangat mudah dan aksesnya cepat. Sudah banyak jutaan aplikasi mobile yang resmi yang bisa digunakan hanya dengan sekali unduh di platform pengunduh aplikasi seperti playstore.

Perkembangan Mobile Apps di Indonesia

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat, mengharuskan seseorang untuk menggunakan smartphone untuk kegiatan sehari-hari sebagai aktivitas rutin.

Banyaknya pengguna smartphone di Indonesia yang semakin lama semakin meningkat dari segi promosi bisnis maupun penjualannya. Maka, bisa disebutkan bahwa perkembangan teknologi mobile apps sudah berkembang dengan pesat.

Tingginya permintaan masyarakat untuk membuat aplikasi, maka pengembang aplikasi mobile juga terus mengalami peningkatan yang signifikan. Mengapa demikian ? Hal tersebut karena sejalan juga dengan para pengembang developer seperti Jasa pembuatan aplikasi android yang semakin berkembang dengan pesat.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai apa itu mobile apps? Yang perlu anda ketahui. Kecanggihan mobile apps kini telah mengubah pandangan dunia akan teknologi yang di rancang dengan kecerdasan buatan. Hal ini akan memperoleh manfaat yang lebih bagi kegiatan manusia sehari-harinya.

Whatsapp