Jenis – Jenis & Fungsi Bahasa Pemrograman

Pada awal mula perkembangan teknologi tentu saja banyak sekali masalah yang muncul karena para praktisi tidak mengerti dalam menjalankan sebuah perintah ke dalam mesin. Maka, para praktisi tersebut menciptakan sebuah bahasa pemrograman yang digunakan manusia untuk mengontrol sebuah mesin sampai akhirnya saat ini lahirlah ratusan jenis bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan developer.

Pada awal mula di ciptakan, bahasa program ini dipakai secara umum. Selain itu, bahasa program di ciptakan hanya dengan menggunakan kode biner karena hanya ini caranya mesin dapat mengenali perintah manusia pada masa itu.

Dengan ilmu pengetahuan teknologi yang berkembang dengan pesat. Bahasa pemrograman berkembang menjadi bahasa tingkat tinggi karena sangat mudah di mengerti oleh manusia maupun mesin.

Sampai akhirnya pada masa kini bahasa program adalah bahasa yang wajib di kuasai oleh para developer agar dapat membuat website atau aplikasi agar dapat di kembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Jenis Bahasa Pemrograman

Pada saat ini banyak sekali jenis – jenis dan fungsi tertentu pada bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh programmer.

Bahasa Program C

Bahasa C ialah program yang di kembangkan sudah lama sekitar tahun 1970 dan menjadi bahasa komputer yang tertua. Perlu di ketahui bahwa bahasa C ini ternyata menjadi bahasa di balik layar karena telah mengembangkan bahasa lainnya. Seperti bahasa C++, C#, Java dan lain sebagainya.

Pada saat ini bahasa C telah dijadikan sebagai media pembelajaran di bidang studi program komputer. Fungsinya yaitu banyak digunakan untuk membuat aplikasi atau sistem operasi (OS).

jenis bahasa pemrograman

Program Java

Bahasa selanjutnya adalah Java. Bahasa ini sering digunakan oleh para programer karena sering dipakai untuk menciptakan aplikasi di dalam komputer, handphone atau smarthphone. Maka bahasa ini adalah bahasa yang sangat populer dan mudah di pelajari. Fungsi aplikasi ini adalah untuk membuat jasa aplikasi. Baik itu di pc ataupun di smarthpone.

Bahasa Program PHP

Selanjutnya adalah PHP atau ( Hypertext Prepocessor ). Bahasa ini populer di kalangan pengembang atau development karena sering di manfaatkan untuk mengembangkan bahasa program dalam versi terbaru.

Pengaplikasian dari bahasa PHP ini sering kita temukan pada pembuatan system e-budgetting, e-procurement dan lain sebagainya.

Keunggulan dari program ini adalah sifatnya gratis dan dapat di edit serta memiliki kemampuan untuk menciptakan website yang dinamis.

Bahasa Program Visual Basic

Visual basic ini lebih di kenal di kalangan development sebagai Microsoft Visual Basic yang memang bahasa visual ini di kembangkan oleh Microsoft. Fungsi dari bahasa ini adalah untuk membuat aplikasi yang berjalan di operasi windows.

Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ ini merupakan perkembangan atau anak dari bahasa C karena bahasa sebelumnya masih belum sempurna dan di kembangkan menjadi lebih baik. C++ ini memiliki sintaks untuk menulis script code yang hampir sama. karena memang faktanya bahasa ini berasal dari bahasa yang sama.

Program Java Script

Bahasa java script ini berbeda dengan program java yang berfokus pada perkembangan aplikasi atau software OS. Maka Bahasa ini berfokus sebagai bahasa program yang berfokus pada perkembangan website.

Baca Juga : Bahasa Pemrograman Kotlin Pengembang Aplikasi

Program C#

Bahasa C# ini merupakan bahasa yang di kembangkan dari program bahasa C. Bahasa ini biasa di ucapkan sebagai C Sharp yang memang di kembangkan oleh Microsoft.

Perlu di ketahui oleh kita semua bahwa bahasa ini mempunyai fungsi untuk menyempurnakan dari masing – masing yang sudah ada sebelumnya. Yakni Program bahasa C & C++.

HTML & CSS

Mungkin sudah tidak asing untuk bahasa HTML & CSS. Bahasa ini sangat populer di kalangan pelajar yang memang ingin mempelajari bahasa program lebih lanjut.

Ketika Anda menggunakan HTML & CSS untuk website. Maka anda dapat mengembangkannya dengan sangat menarik. Kita bisa menemukan website yang sudah menggunakan HTML & CSS seperti, jejaring sosial, sampai dengan blogspot.

Program Ruby

Bahasa ini berjenis OOP atau biasa di kenal dengan Object Oriented. Bahasa ini berasal dari jepang. Ruby hampir sama dengan program java. karena dapat digunakan dimana saja.

Bahasa Program Pascal

Bahasa pascal ini merupakan bahasa tertua. Pascal masuk dalam program generasi III dan merupakan bahasa tingkat tinggi. Pascal ini di kembangkan oleh Professor bernama Niklaus Writh.

Program yang di kembangkan pada pertama kali pada pascal ini adalah sebuah mesin hitung. Maka dari itu, Pascal ini di ambil dari seseorang yang ahli matematika yaitu Pascal.

Pada dasarnya banyak sekali bahasa program yang telah di kembangkan oleh para praktisi. Namun, yang saat ini di kenal atau populer hanya beberapa saja.

Whatsapp