Web Development . 01 August 2021

Android Developer : Pengertian, Tugas & Kualifikasinya

Majapahit Teknologi – Perkembangan dunia teknologi saat ini semakin berkembang dengan pesat. Begitupun dengan penggunaan smarthphone yang semakin tinggi. Tentu hal ini membuka banyak peluang terutama dalam dunia pekerjaan, salah satunya adalah profesi android developer.

Ya, profesi menjadi android developer merupakan salah satu pekerjaan yang diminati oleh anak muda yang menyukai bidang IT. Berkarir menjadi pengembang android mungkin merupakan salah satu impian Anda.

Terlebih lagi jika Anda sangat tertarik untuk terlibat secara langsung dengan tim dalam jasa pembuatan aplikasi android.

Oleh karena itu, pada saat ini, admin akan membahas mengenai profesi android developer secara lengkap, simak terus ulasan ini ya :)

Apa Itu Android Developer

Android developer adalah orang yang berprofesi di dunia IT dan memiliki tanggung jawab untuk dapat mengembangkan serta membangun perangkat lunak dengan basis system operasi Android.

Sebenarnya, android developer bisa di sebutkan sebagai software developer yang memiliki keahlian untuk membuat aplikasi seperti marketplace android.

Namun, secara sederhana, pekerjaan seorang android developer tak lain ialah membuat aplikasi, baik itu game ataupun aplikasi lainnya yang sesuai dengan permintaan klien dan dapat digunakan pada smarthphone atau tablet.

Apabila Anda ingin menjadi pengembang perangkat mobile, Anda harus memiliki keahlian dan pengalaman yang luas di dalam Bahasa pemrograman. Dengan begitu, Anda bisa menjadi salah satu android developer yang sangat handal.

apa itu Android Developer

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Android Developer

Apabila Anda ingin menjadi seorang android developer, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai tugas dan tanggung jawab yang nantinya akan Anda kerjakan, simak sebagai berikut.

Merancang & Membangun Aplikasi Android untuk Perangkat Mobile

Hal pertama yang harus Anda perhatikan mengenai tugas dan tanggung jawab adalah mampu merancang dan membangun aplikasi yang nantinya akan digunakan pada perangkat mobile.

Tugas tersebut dimulai dari perancangan serta membuat desain tampilan awal pada aplikasi yang nantinya akan digunakan sampai dengan proses perilisan aplikasi terhadap customer.

Dengan demikian, Anda harus memiliki skill atau kemampuan khusus yang memang berkaitan secara langsung dengan dunia pemrograman.

Bahasa pemrograman yang digunakan adalah seperti C / C++, JavaScript dan lain sebagainya yang sudah dikuasai oleh seorang developer.

Selain daripada itu, Anda juga di tuntut untuk focus dan selalu teliti, mengapa ? Karena jika terjadi kesalahan sedikit saja, aplikasi tidak bisa di jalankan dan juga harus mengulang kembali dari nol.

Bekerjasama Dengan Tim

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menjadi bagian dari tim android developer. Anda harus mampu untuk bekerja sama dan berkolaborasi secara penuh dengan seluruh tim.

Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Alasannya adalah karena ketika membuat atau mengembangkan suatu aplikasi mobile dengan hasil terbaik, tentu saja harus membutuhkan sumber daya yang cukup banyak.

Dengan begitu, kerjasama antar tim android developer sangat dibutuhkan satu sama lain.

Dapat Mengaplikasikan Konsep Penggunaan Sumber Data Eksternal & API

Tugas dan tanggung jawab berikutnya adalah mampu menerapkan bermacam-macam fitur tambahan yang digunakan sebagai pendukung aplikasi pada perangkat mobile android, caranya adalah dengan menguasai sumber data eksternal dan API.

Memperbaiki BUG

Ketika Aplikasi tersebut sudah dirancang oleh developer dan sudah di publikasikan, bukan berarti pekerjaan Anda sudah selesai begitu saja.

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek dan memperbaiki BUG yang terdapat di dalam aplikasi tersebut serta mengujinya kembali sebelum dikembalikan kepada public.

Selalu Memiliki Konsep, Ide dan Menerapkan Teknologi Terbaru

Menjadi seorang developer android adalah salah satu pekerjaan idaman untuk pemuda dan pemudi yang menyukai dunia teknologi.

Sehingga hal tersebut, seorang developer dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi terbaru yang berkembang dengan pesat.

Selain itu, Anda juga harus menerapkan dan mengimplementasikan teknologi terbaru tersebut kedalam pengembangan aplikasi berbasis android, baik itu dari sisi tampilan, fitur serta konten yang memang disajikan pada aplikasi tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Android Developer

Baca Juga : Android Vs iOS, Mana yang terbaik untuk Programmer ?

Skill yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Android Developer

Jika Anda sudah mengetahui berbagai tugas dan tanggung jawab menjadi seorang android developer. Setidaknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu skill apa saja yang harus dikuasai oleh seorang pengembang developer, simak sebagai berikut.

Menguasasi Tools & Bahasa Pemrograman Android

Ketika Anda mengembangkan software atau aplikasi android, Anda harus banyak menguasai berbagai tools, misalnya seperti Eclipse, studio dan lain sebagainya.

Begitupun dengan Bahasa pemrograman android, Anda juga harus menguasai seperti Java, Kotlin, XML dan lain-lain.

Mempunyai Pengetahuan Terkait Arsitektur & Framework

Selain menguasi berbagai tools dan Bahasa pemrograman, Anda juga harus memiliki pengetahuan arsitektur untuk membangun kinerja yang sangat baik sebagai android developer.

Berikutnya Anda juga harus paham mengenai apa itu framework dengan sangat baik serta mengikuti perkembangan terbaru terkait dengan Android.

Bisa Bekerja Dengan Menggunakan API

Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan API. Mengapa? Karena hal tersebut merupakan aspek paling penting untuk Anda pahami dan API di perlukan untuk menampilkan serta menyajikan database dengan kecepatan yang lebih cepat, efisien & real time.

Selalu Memperhatikan Tampilan Desain UI/UX Aplikasi

Memperhatikan tampilan juga merupakan salah satu hal terpenting ketika Anda menjadi pengembang android, karena Anda harus selalu mengikuti trend terbaru yang berkaitan dengan perkembangan dunia teknologi.

Begitupun dengan tampilan, Anda harus selalu memperhatikan tampilan dengan sesuai perkembangan teknologi saat ini.

Dengan begitu, tampilan user interface & user experience menjadi lebih berbobot, sesuai dengan kebutuhan klien atau user.

Mengerti Penggunaan Android SDK

Apabila Anda ingin menuliskan berbagai kode program untuk membuat projek aplikasi android, sebaiknya Anda harus memastikan untuk menginstal fitur android SDK dan JDK, namun hal tersebut jika Anda menggunakan Android Studio.

Karena kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk dapat menampilkan kode program yang menggunakan Bahasa java dan kotlin.

Gaji Android Developer

Menurut beberapa laporan dari berbagai sumber, gaji android developer di Indonesia adalah Rp. 7.184.640. Namun, untuk nominal tersebut biasanya disesuaikan tergantung dengan UMR di setiap wilayah Indonesia yang sudah disesuaikan.

Kesimpulan

Anda masih memiliki peluang besar untuk menjadi seorang android developer karena Perusahaan saat ini sangat membutuhkan programmer mobile apps khususnya android.

Selain itu, Anda pun harus selalu berusaha, focus dan selalu mempelajari apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab, skill dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh Perusahaan.

Bagikan artikel ini: