HRIS . 11 March 2022

SOP HRD Pada Perusahaan

Majapahit Teknologi - SOP (Standard Operating Procedures) menjadi salah satu hal penting bagi Perusahaan, khususnya bagi divisi sumber daya manusia atau HRD dan juga divisi lainnya.

Dengan kehadiran SOP, tentu saja hal ini dapat berpengaruh untuk kinerja karyawan di Perusahaan tersebut. Selain itu, hal ini juga bisa berdampak lebih luas dan bisa mempengaruhi pencapaian kinerja Perusahaan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, dengan adanya SOP HRD dapat membantu kinerja karyawan maupun pencapaian yang sudah di targetkan oleh Perusahaan.

Karena bagaimana pun, HRD memiliki tanggung jawab yang sangat beragam, misalnya seperti melakukan rekrutmen karyawan baru, meningkatkan kualitas SDM Perusahaan, membuat peraturan Perusahaan dan lain sebagainya.

Nah, berikut ini adalah SOP untuk HRD dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dan lain sebagainya. Penasaran? Simak ulasannya sebagai berikut.

Pentingnya SOP HRD Pada Perusahaan

Jikalau Perusahaan berkembang lebih jauh, maka tim HRD memiliki tanggung jawab penuh dalam Perusahaan agar Perusahaan tersebut terus berkembang lebih jauh lagi.

Di dalam Perusahaan, SOP HRD biasanya terdiri dari beberapa SOP lain yang memang masih berkaitan dengan tugas HRD, misalnya seperti melakukan prosedur rekrutmen, cuti karyawan dan lain sebagainya.

Apabila Anda belum mengetahui mengenai HRD, Anda bisa membaca ulasan lainnya melalui tautan di bawah ini.

Baca Juga : Apa Itu HRD dan Syarat Menjadi HRD

Berikut ini adalah pentingnya SOP HRD di dalam Perusahaan yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut:

Pedoman Bagi Anggota Baru

Dengan kehadiran SOP, tim HRD mampu mengurangi waktu untuk melaksanakan berbagai pelatihan kepada anggota baru. Selanjutnya, mereka juga akan mampu untuk melewati berbagai tugas awal yang diberikan dengan sangat baik tanpa melalui pelatihan terlebih dahulu.

Karyawan Tidak Sembarang Mengambil Waktu Cuti

Ketika menggunakan SOP dengan sangat baik, didalam SOP tersebut sudah terdapat peraturan mengenai berapa kali diperbolehkannya karyawan untuk mengambil cuti dalam satu tahun.

Pedoman Operasional untuk Merekrut Karyawan

Peran SOP HRD selanjutnya adalah harus menjelaskan apa saja yang diperlukan ketika proses seleksi karyawan baru di Perusahaan, misalnya seperti memasang iklan untuk lowongan pekerjaan, seleksi kandidat, testing dan lain sebagainya sampai dengan proses interview HRD dan user.

Menyusun Pengunduran Diri Karyawan

Apabila terdapat karyawan yang ingin melakukan resign dari Perusahaan, tentu saja mereka tidak bisa secara langsung untuk melakukan resign pada hari itu juga, mengapa ? karena di SOP HRD juga harus mengatur mengenai pengunduran diri karyawan agar tidak sembarangan dan resign di waktu yang tepat.

Pentingnya SOP HRD pada Perusahaan

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Dalam SOP HRD?

Seandainya Anda sedang memiliki tugas untuk menyusun SOP HRD bersama tim, berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut:

Merancang Rencana Kerja Karyawan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah merancang rencana kerja karyawan, misalnya seperti melakukan meeting internal antara HRD dengan petinggi Perusahaan.

Anda harus menuliskannya dengan jelas seperti arah tujuan Perusahaan, strategi apa yang harus dilakukan dan apa saja kebutuhan yang diperlukan untuk mencapai target Perusahaan di masa depan.

Prosedur Harus Jelas

Setelah Anda menyusun rencana kerja karyawan, selanjutnya Anda membentuk prosedur dengan jelas. Banyak yang harus Anda perhatikan dalam membuat alur kerja (Prosedur), misalnya seperti memperhatikan berbagai urutan setiap proses pekerjaan.

Rekrutmen & Kontrak Kerja Karyawan

Langkah selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah masalah mengenai perekrutan dan kontrak kerja karyawan. Mengapa hal ini harus di perhatikan secara seksama? Karena Anda harus memastikan hal tersebut tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang sudah ditetapkan.

Perusahaan harus menjaga kredibilitas dengan cara tidak melanggar berbagai peraturan didalam Undang-undang Ketenagakerjaan.

Bonus & Keuntungan untuk Karyawan

Selain itu, Anda juga harus menetapkan bonus dan keuntungan apa saja yang dapat diperoleh untuk karyawan. Hal ini bersifat objektif yang artinya dalam menetapkan bonus dan keuntungan harus berdasarkan kebijakan Perusahaan tersebut atau tanpa adanya kepentingan pribadi dengan karyawan, atasan atau atas penilaian secara pribadi.

Review Kembali

Kemudian, setelah Anda memperhatikan berbagai hal yang sudah disebutkan diatas. Anda harus melakukan pengecekan ulang, apakah SOP yang di rancang tersebut sudah efektif atau belum.

Manfaat Menerapkan SOP HRD

Berikut ini adalah beberapa manfaat jika Anda menggunakan SOP pada Perusahaan, simak sebagai berikut:

Mengawasi Pekerjaan Karyawan

Seandainya Anda sudah menyusun beberapa SOP yang di rancang dengan sangat baik, nantinya akan berguna untuk menjadi acuan bagi para penanggung jawab kegiatan pekerjaan. Hal ini di karenakan SOP berfungsi sebagai alat untuk melakukan pengawasan di setiap pekerjaan.

Pedoman Operasional

Manfaat berikutnya adalah sebagai pedoman untuk operasional agar menjadi lebih jelas karena Perusahaan memiliki pedoman yang bersifat baku.

Tanggung Jawab Operasional Berjalan Lancar

Seluruh karyawan yang terdapat di Perusahaan tersebut bisa melaksanakan berbagai tugas yang menjadi tanggung jawab. Dengan begitu, kegiatan operasional Perusahaan dapat berjalan sesuai dengan keinginan.

Memudahkan Pemahaman Prosedur Baku

Manfaat yang Anda rasakan berikutnya adalah dapat memudahkan karyawan untuk memahami segala prosedur yang bersifat baku pada Perusahaan tersebut apabila dilakukan pemindahan atau mutasi.

Meringankan Perusahaan Dalam ISO

Dengan kehadiran SOP ini, Perusahaan akan merasakan ringan dalam mendapatkan label Perusahaan dengan standar Internasional atau ISO (International Organization for Standardization).

Kesimpulan

Dengan adanya SOP HRD dapat menjadi acuan bagi pegawai maupun Perusahaan dalam menetapkan tujuan ke depannya.

Dengan begitu, Perusahaan akan semakin mudah untuk mendapatkan label ISO (International Organization for Standardization).

Bila Anda adalah seorang HRD, Anda bisa membantu karyawan atau pegawai Anda untuk mematuhi SOP dengan memanfaatkan layanan software HR Majapahit Teknologi.

Bagikan artikel ini: