Apa Itu HRD, Tugas dan Syarat Menjadi HRD

Majapahit.id – Pastinya sudah tidak asing lagi mengenai HRD di dunia Pekerjaan. Apabila kita melamar di suatu Perusahaan, pastinya kita mengirimkan lamaran atas nama divisi HR di Perusahaan tersebut. Oleh karena itu, dikesempatan kali ini, kita akan mendalami mengenai apa itu HRD, tujuan, tugas dan lain sebagainya.

Ya, ketika melamar pekerjaan, manajemen HRD adalah divisi pertama yang kita tuju karena seluruh rangkaian seleksi ataupun rekrutmen akan dilaksanakan oleh divisi HRD.

Namun, apakah Anda mengetahui jika pekerjaan HRD tidak hanya sebatas rekrutmen karyawan saja? Pekerjaan HRD sangatlah banyak karena job desk yang dimiliknya meliputi seluruh aspek yang memang berkaitan langsung dengan seluruh karyawan di Perusahaan tersebut.

Pengertian HRD

Apa Itu HRD? Secara definisi HRD adalah kepanjangan dari Human Resource Development atau jika dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah Departemen Sumber Daya Manusia atau bisa juga disebut dengan Departemen Personalia.

Tugas utama dari HRD adalah mengelola sumber daya manusia di suatu Perusahaan. Hal ini dimulai dari tugas perencanaan SDM, rekrutmen atau seleksi, pelatihan, performance management, dan lain sebagainya.

Ada beberapa pendapat mengatakan bahwa HRD merupakan suatu kegiatan yang ada didalam sebuah Perusahaan yang dilakukan secara beraturan dengan waktu tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kerja maupun serta keahlian karyawan tersebut.

Dengan demikian, HRD sudah dianggap menjadi bagian terpenting di suatu Perusahaan karena bisa menangani banyak hal yang terdapat di ruang lingkup karyawan, buruh, manajer dan lain sebagainya dengan tujuan untuk membantu aktivitas mereka di Perusahaan.

Jadi, seperti itulah pembahasan mengenai apa itu hrd yang sangat penting untuk Perusahaan. Berikut ini adalah fungsi HRD pada Perusahaan yang dibagi menjadi 2, sebagai berikut.

Fungsi HRD

Secara garis besar, fungsi HRD dibagi menjadi dua, yaitu fungsi internal dan eksternal, lebih jelasnya adalah sebagai berikut.

Internal

Fungsi Internal HRD terbagi menjadi beberapa yaitu ada perencanaan, seleksi, orientasi, manajamen performa, penentuan gaji, pelatihan untuk SDM sampai dengan pembinaan hubungan kerja.

Eksternal

Selanjutnya adalah sebagai fungsi HRD sebagai eksternal yaitu untuk memberikan fasilitas berupa konseling di luar Perusahaan bagi karyawan.

Tugas HRD

Bekerja menjadi HRD bukanlah hal yang mudah. Hal ini dilihat dari berbagai tugas yang diberikan kepada HRD oleh Perusahaan. Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab HRD di sebuah Perusahaan, sebagai berikut.

Seleksi Pegawai

Setiap Perusahaan, baik itu kecil ataupun besar pastinya membutuhkan SDM yang bisa diandalkan untuk memajukan Perusahaan. Oleh karena itu, HRD memiliki tugas untuk merekrut serta menyeleksi pegawai yang kompeten di bidangnya yang diperlukan untuk memajukan Perusahaan tersebut.

Memberi Kompensasi & Benefit

Tugas HRD selanjutnya adalah memberikan kompensasi kepada karyawan. Perlu diketahui bahwa kompensasi adalah pemberian gaji kepada pegawai atas kerja kerasnya di Perusahaan tersebut.

Tentu saja pemberian kompensasi ini diberikan secara teratur oleh Perusahaan dan harus dilakukan sesuai dengan kondisi tenaga kerja tersebut yang meliputi beberapa faktor eksternal.

Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya masalah pada tenaga kerja ataupun merugikan pihak Perusahaan.

Pengembangan & Evaluasi

HRD bertanggung jawab untuk meningkatkan kinerja dan mampu mengevaluasi pegawai dengan sangat baik. Hal ini memiliki tujuan agar setiap karyawan mampu memberikan kontribusi yang maksimal pada Perusahaan.

Menjaga Solidaritas Antar Karyawan

Tugas dan tanggung jawab HRD lainnya adalah menjaga solidaritas antar karyawan karena dengan kerjasama tim yang baik akan mendapatkan hasil yang sempurna dengan hasil yang sesuai diharapkan oleh Perusahaan.

Selain itu, hal ini juga bisa menjadikan karyawan llebih nyaman untuk bekerja karena suasana kerja yang sangat nyaman dan kondusif.

Namun, tetap saja hal ini bukanlah hal yang mudah karena pada faktanya sangat sulit untuk dilakukan ketika di lapangan. Hal ini dikarenakan setiap manusia memiliki sifat dan karakter yang berbeda.

Membentuk Tim untuk Proyek Perusahaan

Selanjutnya HRD bertugas untuk membentuk tim guna mempersiapkan proyek yang bekerja sama dengan Perusahaan. HRD di tunjuk sebagai orang yang paham betul mengenai sifat dan karakter karyawan. Oleh karena itu, HRD memiliki tugas untuk pembentukan tim.

Syarat Menjadi HRD

Apakah Anda adalah salah satu orang yang ingin bergabung menjadi staff HRD di suatu Perusahaan? Jika ya, dibawah ini adalah beberapa syarat untuk menjadi HRD, sebagai berikut.

Latar Belakang Pendidikan

Ketika menjadi staff HRD, Anda harus selalu berkaitan dengan manusia secara langsung. Oleh karena itu, sebagai seorang staff HRD harus memiliki latar pendidikan yang tepat. Latar belakang yang paling sesuai untuk jabatan ini adalah jurusan psikologi.

Mengapa harus jurusan psikologi? Berbagai kompetensi yang memang dimiliki oleh seorang sarjana psikologi dianggap mampu menjadi staf HRD karena keterampilan komunikasi yang baik dan mampu memahami berbagai karakter manusia secara detail.

Apa Itu HRD, tugas dan syarat menjadi HRD

Memahami Berbagai Karakter

Seorang HRD juga harus mampu memahami berbagai karakter manusia. Manusia memiliki karakter dan sikap yang berbeda-beda karena dari berbagai latar belakang yang berbeda, pendidikan, pergaulan dan lain sebagainya.

Dengan demikian, hal tersebut menjadi salah satu tantangan yang dimiliki oleh calon HRD. Seorang HRD harus bisa memiliki skills untuk mengenali dan memahami berbagai karakter setiap pegawainya, begitupun cara menanganinya.

Mengetahui Perusahaan Secara Detail

Mengetahui seluk beluk Perusahaan merupakan salah satu kewajiban karyawan. Namun, Staff SDM ataupun HRD dituntut harus bisa menguasai seluruh informasi mengenai Perusahaan secara detail. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang tepat kepada calon karyawan maupun karyawan tetap.

Menyusun Laporan

Seorang HRD harus bisa membuat dan menyusun laporan dengan baik. Laporan ini biasanya seperti daftar hadir, cuti karyawan dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat juga laporan mengenai pemantauan performa karyawan, hasil evaluasi, proses seleksi dan rekrutmen karyawan baru dan lain sebagainya karena laporan seperti ini, nantinya akan dibutuhkan oleh pihak HRD ketika membuat kegiatan pembinaan untuk karyawan.

Memberikan Solusi

Syarat menjadi HRD berikutnya adalah mampu memberikan solusi yang tepat dari suatu masalah. Kemampuan ini harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin menjadi HRD.

Mengambil keputusan serta mendapatkan solusi dengan tepat merupakan hal terpenting karena dengan seperti itu akan tetap menjaga stabilitas kinerja Perusahaan dengan baik.

Selain itu, ada juga laporan mengenai hasil pemantauan kinerja karyawan, hasil evaluasi karyawan, dan proses seleksi dan rekrutmen karyawan baru. Laporan juga dibutuhkan jika pihak HRD menyelenggarakan kegiatan pembinaan bagi karyawan.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai apa itu HRD beserta tugas dan tanggung jawabnya. Kesimpulan yang kami berikan adalah menjadi HRD bukanlah hal yang mudah karena memiliki tanggung jawab untuk mengelola SDM (Sumber Daya Manusia) dari berbagai kompetensi, kenyamanan dan lainnya.

Namun, ketika Anda menjadi HRD di suatu Perusahaan, akan lebih mudah jika Anda menggunakan software HRD yaitu HRMJ.

HRMJ merupakan salah satu software atau perangkat lunak yang memberikan solusi tepat waktu untuk meningkatkan tim SDM Perusahaan Anda agar lebih efektif dan efisien dalam memberikan informasi karyawan Anda ke dalam satu sistem SDM.

Tertarik? Silahkan hubungi kami disini.

Whatsapp