Update . 25 May 2021

Tantangan & Peluang Revolusi Industri 4.0

Majapahit.id - Bisa di katakan bahwa revolusi industri 4.0 ini berbeda dari pada revolusi sebelumnya. Tentu saja dengan tantangan yang luar biasa. Dengan demikian, Anda harus mempersiapkan berbagai tantangan dan juga dampak revolusi industri 4.0 yang belum kita ketahui secara pasti.

Perlu diketahui, pada revolusi kali ini, industri 4.0 memiliki skala yang cukup besar serta kompleksitas yang lebih luas. Dengan dibarengi teknologi yang canggih yang dapat mengintegrasikan dunia fisik, digital & biologis.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dengan pesat, dimulai dari awal abad ke 20 yang memang telah menciptakan berbagai teknologi informasi serta proses produksi yang dapat dikendalikan secara otomatis.

Dengan begitu, banyak sekali industri yang sudah menggunakan sistem berbasis komputer dengan tujuan agar tidak dikendalikan oleh tenaga manusia.

Namun, dampak yang dirasakan nantinya adalah biaya produksi akan semakin murah karena dengan teknologi yang akan terus bergerak maju kedepan.

Tantangan Revolusi Industri 4.0 Bagi Indonesia

Dikutip dari halaman Tek.id, adanya ikut campur sistem cerdas dan otomasi pada industri generasi ke 4 didalam industri. Tentu saja hal ini didukung oleh teknologi machine learning & AI (Artificial Intelligence).

Walaupun demikian, fakta menyebutkan bahwa pada industru generasi ke 3 juga mengikut sertakan komputer yang pada saat itu dianggap sebagai Disruptive yang artinya adalah bisa menciptakan peluang pasar baru.

Tantangan revolusi industri bagi indonesia

Oleh karena itu, di Indonesia sendiri perkembangan industri 4.0 ini sangat didukung dan didorong oleh Kementerian Perindustrian dengan tujuan agar Indonesia bisa bersaing dengan negara lain di bidang industri karena Indonesia juga harus mengikuti trends saat ini.

Pada dasarnya, revolusi industry 4.0 ini menjadi peluang besar dan luas bagi siapapun yang ingin untuk maju. Jika Anda memiliki sejumlah informasi yang sangat banyak, Anda bisa memanfaatkannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan & perekonomian.

Selain itu, masyarakat Indonesia di era 4.0 ini pun sudah memiliki kebiasaan untuk selalu berhubungan erat dengan teknologi. Dengan demikian, revolusi industri 4.0 ini mungkin saja bisa diatasi dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Semoga saja.

Tantangan Generasi Muda di Era Revolusi Industri 4.0

Generasi muda atau milenial di Indonesia merupakan generasi yang patut di acungi jempol pada era revolusi industri 4.0 ini. Namun tidak dipungkiri bahwa generasi muda masih saja mengabaikan masalah sosial.

Perlu diketahui, di era revolusi 4.0 perlu mengarahkan generasi milenial demi kemajuan masa depan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, diperlukannya integrasi selain dengan pemerintah sebagai pedoman, begitupun sama halnya dengan perguruan tinggi, industri, komunitas tertentu dan lain sebagainya.

Mengapa demikian? Karena pada masa ini, generasi muda milenial yang intelektual akan menghadapi berupa tantangan seperti akumulasi data yang sangat melimpah. Tentu, hal ini akan membuat kaum milenial menjadi kesulitan untuk mendapatkan data yang akurat.

Secara garis besar akan sulit untuk mengetahui kebenaran sehingga akan hadir informasi hoax.

Peluang Revolusi Industri 4.0

Bukan hal yang tidak mungkin apabila muncul sebuah peluang baru yang lebih menjanjikan di era industri 4.0 ini. Nah, salah satunya adalah peluang bisnis digital. Mengapa? Hal ini dikarenakan dengan berkembangnya teknologi informasi yang bukan hanya bersakala lokal namun sampai skala global.

Dengan beigtu, peluang bisnis di era digital ini bisa memanfaatkan teknologi canggih untuk saling terhubung satu sama lain melalui teknologi informasi untuk bisnis digital.

Kesimpulan

Revolusi industri lambat laun akan segera berlangsung atau bisa saja sudah berjalan tanpa sepengetahuan yang jelas. Oleh karena itu, kita harus terus mempersiapkan berbagai tantangan & dampak yang nantinya akan terjadi. Dengan begitu, kita akan bisa melewati hal tersebut dengan mudah.

Bagikan artikel ini: