Dampak Revolusi Industri 4.0

Majapahit.id – Sejatinya kita perlu mengetahui apa saja dampak dari revolusi industri 4.0 yang tentunya melakukan perubahan besar dalam bidang teknologi sehingga menyebabkan perubahan di bidang lainnya.

Sebanarnya bukan hal baru bila dunia melakukan revolusi industri 4.0 karena pada sebelumnya sudah terjadi revolusi yang sangat besar. Bagaimana mungkin terdapat revolusi 4.0 ? Jika hal sebelumnya belum terjadi sama sekali revolusi industri tersebut.

Dampak revolusi ini mulai dirasakan sekitar tahun 1750 dan hal tersebut bisa di bilang sebagai revolusi industri 1.0 ketika pada masa itu baru ditemukan mesin uap.

Selanjutnya terjadi pada revolusi 2.0 yang dimana pada masa itu ditandai dengan adanya pergantian dari mesin uap ke tenaga listrik.

Setelah itu terjadi kembali pada revolusi 3.0 ketika seluruh proses produksi yang sudah menggunakan mesin mampu digerakan serta dapat di kontrol dan mulai menggunakan robot secara sederhana sampai dengan penggunaan komputer.

Dampak Revolusi Industri 4.0

Apa itu revolusi industri 4.0 ? Definisi secara sederhananya, revolusi industri ialah suatu perubahan besar secara redikal terhadap manusia ketika sedang memproduksi suatu barang.

Ketika sebuah teknologi informasi dan operasional disatukan menjadi satu kesatuan maka Perusahaan akan menemukan berbagai cara baru untuk bisa terhubung satu sama lain.

Data yang dikumpulkan tersebut adalah data pelanggan, Perusahaan dan lain sebagainya. Ya, fakta pada dunia digital serta fisik pada saat ini sudah tidak menjadi daya tarik tersendiri karena sisitem serta orang-orang bisa saja bertukar informasi dan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Ilustrasi revolusi industri 4.0

Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Pendidikan

Tentu saja dampak yang akan dihadapi oleh dunia Pendidikan cukup berat. Karena ini merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk menghadapi revolusi industri 4.0 agar pemuda dan pemudi Indonesia tidak kehilangan pekerjaan dimasa depan.

Berbagai pihak telah mengatakan bahwa dunia Pendidikan di Indonesia harus mempersiapkan diri untuk memasuki revolusi 4.0 ini.

Perubahan tersebut harus bisa diterapkan dalam metode pembelajaran di sekolah.

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan merubah sifat serta pola pikir anak didik.
  • Kedua, mampu mengasah serta mengembangkan bakat anak didik.
  • Ketiga, adalah dengan mengubah pola belajar yang sesuai dengan kebutuhan zaman.
  • Keempat, harus mampu berpikir kritis
  • Kelima, memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sosial Budaya

Tergantinya peran manusia dengan teknologi akan mengakibatkan berkurangnya peranan manusia dalam proses industri. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh pada lapangan pekerjaan dalam bidang industri karena sudah semakin berkurang.

Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Bisnis

Mungkin dampak yang akan dirasakan oleh pebisnis sangat menguntungkan karena hal ini akan memudahkan untuk para pebisnis dalam berkolaborasi dan berbagi data seperti data pelanggan, produsen, pemasok dan lain sebagainya.

Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Ekonomi

Dengan hadirnya revolusi industri di Indonesia akan berpengaruh baik terhadap perekonomian yang kian meningkat.

Dimana dari berbagai sektor akan membuka peluang untuk menjadi pebisnis atau kewirausahaan dan UMKM akan kian meningkat dengan pesat. Dengan demikian, akan berpengaruh baik pada peningkatan ekonomi secara mandiri.

Dampak Positif dan Negatif Revolusi Industri 4.0

Di bawah ini adalah dampak positif dan negatif dalam revolusi industri 4.0, sebagai berikut.

Dampak Positif

Mudahnya Mengakses Informasi & Berkomunikasi

Teknologi berkembang dengan pesat seperti tv, smartphoe, internet dan lain sebagainya telah menjadi salah satu sarana yang sangat mudah untuk masyarakat dapatkan, baik masyarakat yang berada di kota ataupun yang berada di desa.

Dengan dampak positif dari revolusi industri ini, tentu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi serta berkomunikasi dengan keluarga walaupun sedang berjauhan.

Meningkatnya Peluang Kerja

Dampak positif selanjutnya adalah dengan meningkatnya peluang kerja, karena industrialisasi akan senantiasa memberikan kesempatan untuk berkeja di berbagai industri, baik itu skala kecil mapupun besar.

Dengan begitu, ekonomi akan terbantu dan meningkatnya pendapatan masyarakat setempat.

Spesialisasi Pekerja Menjadi Lebih Besar

Selain meningkatnya lapangan pekerjaan, dampak positif lainnya adalah spesialis pekerja menjadi lebih besar karena peran industrialisasi telah membuka jalan untuk tenaga kerja khusus atau tenaga kerja ahli untuk lebih jauh dikenal.

Dampak Revolusi Industri 4.0 secara positif dan negatif

Dampak Negatif

Investasi SDM Semakin Mahal

Dampak negatif pertama yang mungkin akan dirasakan adalah investasi SDM yang semakin mahal & semakin minim. Ketika Perusahaan yang sudah menggunakan mesin atau sistem otomatisasi serta teknologi canggih, maka Perusaahaan harus mampu dan rela untuk mengeluarkan dana investasi untuk karyawan.

Ivestasi tersebut digunakan untuk karyawan sebagai pelatihan keterampilan dan juga sertifikasi pada karyawan tersebut atau Perusahaan harus mampu mengeluarkan gaji yang layak dan lebih tinggi untuk tenaga kerja yang memang sudah memiliki kemampuan yang Perusahaan butuhkan.

Serangan Siber Semakin Rentan

Ketika revolusi 4.0 ini sudah dimulai maka akan sangat erat kaitannya dengan dunia teknologi. Dimana hal tersebut sudah bisa Anda sering temukan yakni internet of things ( IoT).

Produk IoT telah menghilangkan kontak fisik antara proses produksi dengan sistem jaringan dan lain sebagainya. Dengan demikian, hal tersebut rentan dengan serangan siber apabila tidak dijaga dengan keamanan yang tangguh.

Salah satu produk IoT yaitu aplikasi Human Resources Information System (HRIS) atau absensi karyawan bisa langsung terhubung dengan bagian HRD melalui sistem internet namun tentu saja Anda harus memiliki keamanan yang sangat baik sehingga data karyawan akan menjadi lebih aman.

Dampak Teknologi Kepada Lingkungan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan manusia untuk bekerja dengan mesin yang memang membutuhkan energi menjadi tinggi dan sampai saat ini belum ada sumber energi yang mencukupi dalam penggunaannya di kegiatan produksi dalam skala besar.

Baca Juga : Generasi Wifi 6 Terbaru ! Apa saja kehebatannya ?

Misalnya, jika kegiatan produksi manufaktur semakin tinggi, maka hal tersebut akan berbanding lurus dengan tingginya pembuangan limbah yang tentu saja bisa menjadi ancaman langsung lingkungan hidup secara global.

Kesimpulan

Akibat dari perkembangan revolusi industri tentu saja banyak sekali pengaruh positif dan negatif yang nantinya akan dirasakan secara bersamaan.

Namun, semoga dengan hadirnya industri 4.0 ini mampu membawa bangsa Indonesia menjadi negeri yang lebih baik daripada sebelumnya dan semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua.

Whatsapp