Generasi Wifi Terbaru Untuk Meningkatkan Internet di Rumah Anda ! Apa Saja Kehebatannya ?

Majapahit Teknologi – Covid-19 sudah memaksa Anda untuk merubah hidup. Ya, ketika pandemi ini datang, banyak sekali yang terpaksa untuk tetap tinggal di rumah serta mengalihkan pekerjaan menjadi serba online. Misalnya seperti belajar di rumah, bekerja atau Work Form Home (WFH) dan lain sebagainya.

Dengan demikian, jaringan wifi harus lebih banyak digunakan untuk kebutuhan aktivitas didalam rumah. Seperti bekerja, belajar dan lain-lain.

Kebanyakan masalah yang biasa dirasakan adalah karena jaringan wifi yang tidak stabil. Hal ini memaksa harus menunggu lebih lama untuk mengupload, atau zoom meeting yang tidak terkoneksi dengan stabil, unduhan lambat dan lain sebagainya.

Mengenal Teknologi Wifi 6

Generasi Wifi terbaru pada saat ini di kenal sebagai Wifi – 6. Wifi terbaru ini telah hadir untuk membantu serta mengatasi semua masalah jaringan dengan menghadirkan kecepatan yang lebih cepat serta cakupan yang sangat luas.

Walaupun sudah nampak teknologi baru yang hadir yakni wifi 6. Indonesia pada saat ini masih menggunakan Wifi dengan standardisasi 802.11ac atau Wifi 5 yang pada saat ini baru mulai meluas untuk penggunaannya.

Namun pada saat ini, standardidasi Wifi sudah siap untuk di kenalkan yaitu 802.11ax atau yang dikenal sebagai Wifi 6. Wifi bisa disebut juga sebagai “High – Efficiency Wireless”.

Walaupun secara teknis, Wifi 6 sudah dibekali untuk pengguna dengan data rate mencapai 37% lebih kencang dari pada Wifi 5. Perlu Anda ketahui, keunggulan utama pada Wifi 6 ini bukan dari aspek tersebut. Namun, dari kemampuannya untuk memberikan koneksi yang mencapai 4 kali lebih stabil dengan pengguna yang padat.

Tentu saja teknologi ini akan sangat berguna untuk Anda yang bekerja dari rumah atau disebut sebagai Work Form Home. Selain itu, sangat cocok sekali untuk Anda yang sedang belajar dari rumah dengan memiliki banyak perangkat yang terhubung pada Wifi.

generasi wifi 6 terbaru
Generasi Wifi 6

Apa Saja Keunggulan WIfi 6 ?

Teknologi Wifi ini juga sangat cocok untuk area dengan jaringan yang sangat padat. Selain itu, sangat cocok untuk menjadi pendamping yang pas untuk pertumbuhan perangkat pintar, misalnya seperti Internet Of Things yang semakin banyak digunakan pada saat ini.

Setidaknya terdapat beberapa fitur yang memang di perbaiki dari wifi 5 ke 6. Berikut adalah fitur yang akan di perbarui. Simak sebagai berikut:

  • Jangkauan menuju acces point menjadi lebih tinggi. Hal ini bisa mencapai sampai dengan empat kali lipat.
  • Performa menjadi lebih baik, baik itu di area luar ruangan maupun area padat.
  • Bandwidth menjadi lebih besar.
  • Pengguna spektrum menjadi lebih lengkap.
  • Bisa mengalihkan lalu lintas koneksi data dari berbagai jaringan seluler. Hal ini akan terjadi apabila sinyal yang diterima buruk.

Nah, dengan menggunakan WIfi 6, ketika Anda mengunduh file besar seperti games, video atau yang lainnya. Perangkat lain yang terhubung tidak akan terganggu sama sekali, karena hal tersebut tidak akan berpengaruh pada teknologi wifi 6 ini.

Wakil Presiden Senior Perusahaan Jaringan Negear Mengatakan :

” Wifi 6 bisa menjadi lebih efisien untuk mendapatkan lebih banyak mobil di jalan dengan kecepatan yang lebih cepat “

Selain dari keunggulan yang akan di perbarui oleh Wifi 6 nantinya. Penggunaan pada perangkat wifi terbaru ini akan menjadi lebih efisien karena bisa meningkatkan daya tahan baterai pada perangkat.

Simak Juga : Teknologi Smart Home Membantu Untuk Memudahkan Pkerjaan Rumah Anda !

Mengapa demikian ? Karena pada wifi 6 sudah diterapkan beberapa teknologi canggih seperti teknologi MU-MIMO dan OFDMA. Tentu saja hal ini akan memberikan dampak yang sangat signifikan untuk meningkatkan kapasitas serta performa jaringan yang sangat signifikan.

Kesimpulan

Tentu saja dengan teknologi wifi terbaru ini, Anda tidak harus bingung lagi dengan jaringan yang cukup lambat. Semoga saja hal ini bisa di terapkan di Indonesia. Walaupun demikian di indonesia masih menggunakan standardidasi Wifi 5 serta Wifi 4.

Whatsapp