Warehouse . 25 February 2021

Konsep Warehouse Management System Sangat Penting Untuk Anda Ketahui !

Majapahit Teknologi - Hallo Majapartners ! Seperti yang sudah kita singgung mengenai pengertian warehouse management system yang penting sekali untk Anda ketahui sebelum menggunakan aplikasi warehouse untuk Perusahaan Anda. Di kesempatan kali ini, Admin akan membahas mengenai konsep warehouse management System.

Perlu diketahui bahwa software warehouse sangat penting untuk membantu aktivitas gudang agar bisa berjalan dengan sesuai harapan yang telah direncanakan.

Software ini mempunyai fungsi untuk menyimpan barang bahan produksi maupun hasil produksi. Setelah itu, barang serta bahan produksi maupun yang sudah jadi akan disimpan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Setelah di simpan dalam waktu tertentu. Barang tersebut akan didistribusikan ke tempat atau lokasi yang sudah ditentukan sesuai dengan jumlah permintaan.

Warehouse management system ialah sebuah sistem untuk membantu memanajemen pergudangan yang dimana hal ini menjadi kunci utama dalam supply chain.

Supply Chain Management merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang diperlukan untuk mengendalikan serta mengendalikan arus produk.

WMS atau warehouse management system pada saat ini sudah mempunyai berbagai fitur canggih. Misalnya seperti barcode scanner, email dan lain sebagainya.

Konsep Warehouse Management System

Ada beberapa konsep yang bisa Anda terapkan dalam Perusahaan yang sedang Anda kelola. Sebagai berikut:

FIFO (First In First Out)

Konsep pertama adalah first in first out ( FIFO ) mempunyai arti masuk pertama keluar pertama yang dimana pada metode ini, barang atau unit yang pertama kali masuk kedalam gudang Perusahaan akan lebih dahulu dijual pertama.

Metode FIFO ialah metode yang paling umum digunakan pada Perusahaan serta dalam penilaian persediaan. Selain itu, metode ini sangat cocok untuk Anda terapkan pada Perusahaan yang memang menjual produk dengan memiliki masa kadaluarsa. Misalnya seperti makanan, minuman, obat-obatan dan lain sebagainya.

Kelebihan pada metode ini adalah Anda bisa menghasilkan laba yang besar serta nilai persediaan akan disajikan secara relevan pada laporan keuangan.

LIFO (Last In First Out)

Seperti pada artinya yang berarti masuk terakhir keluar pertama. Metode ini memiliki asumsi bahwa unit persediaan yang memang dibeli pertama kali akan dikeluarkan di akhir. Dengan demikian, unit yang dijual pertama adalah unit persediaan yang terakhir masuk ke dalam gudang.

Konsep Warehouse Management system dalam Perusahaan

Selain itu, metode LIFO ini akan menguntungkan Anda karena Anda bisa menghemat pengeluaran pajak ketika sedang inflasi. Mengapa ? Karena ketika inflasi sedang terjadi, maka laba yang akan Anda hasilkan lebih sedikit namun tidak akan mempengaruhi laba operasi. Menguntungkan bukan ?

Simak Juga : Apa Perbedaan Inventory dan Warehouse ?

Contoh usaha yang biasa menggunakan metode ini adalah para pelaku usaha baju. Mengapa ? Karena para pelaku usaha baju akan menjual baju yang sedang tren serta tidak perduli barang tersebut kapan dimasukan kedalam stok.

Penting untuk Anda ketahui pada kelebihan metode ini adalah mudah untuk membandingkan cost pada saat ini dengan pendapatan sekarang dan apabila harga naik maka barang akan menjadi konservatif.

FEFO (First Expired First Out)

Metode terakhir adalah FEFO yang merupakan metode menjual produk dengan jangka waktu yang memang kadaluarsanya pendek lebih didahulukan dijual kepada pelanggan. Dengan demikian, Anda hanya memikirkan produk tersebut kapan akan kadaluarsa.

Misalnya seperti menjual obat-obatan dengan masa expired jangka pendek dan dijual kepada pelanggan lebih dulu. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu untuk menempatkan produk tersebut dalam urutan terdepan. Dengan begitu, produk tersebut akan bisa dilihat oleh calon pelanggan yang ingin membeli produk tersebut.

Kesimpulan

Konsep warehouse management system yang sudah dibahas bisa Anda terapkan dalam bisnis maupun Perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung untuk mengatur dalam persediaan didalam gudang.

Selain itu, gunakan software warehouse management system yang kompeten untuk bisa membantu bisnis Anda semakin berkembang.

Bagikan artikel ini: