HRIS . 11 March 2022

Bagaimana Cara Kerja Sistem HRIS & Fiturnya ? Simak Penjelasannya !

Majapahit.id - Sudah banyak sekali pembahasan mengenai sistem software HRIS yang sangat berguna untuk membantu perkembangan bisnis maupun Perusahaan yang sedang Anda kelola. Namun, di kesempatan kali ini. Admin akan membahas bagaimana sih cara kerja sistem HRIS yang tentu saja akan menambah wawasan Anda mengenai HRIS.

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya. Sistem HRIS merupakan sistem yang diciptakan dengan sistem teknologi canggih. Karena memang sistem tersebut sudah berbasis cloud.

Simak : Keuntungan Cloud HRIS !

Salah satu manfaat yang akan Anda rasakan ketika mengelola bisnis maupun Perusahaan ialah Anda bisa menghitung gaji sampai dengan administrasi karyawan dan lainnya dengan cara otomatis. Selain itu, bisa juga disesuaikan dengan regulasi atau peraturan bisnis atau Perusahaan yang sedang Anda kelola tersebut.

Cara Kerja Sistem HRIS

Di era yang serba digital ini. Tentu saja Anda akan dituntut untuk berkaitan erat dengan teknologi. Salah satu bentuk bukti nyata yang memang telah banyak digunakan oleh Perusahaan ialah sistem HRIS.

Tentu, HRIS diciptakan dengan memiliki visi & misi yang bermanfaat untuk membantu Perusahaan semakin mudah mengelola karyawan dengan sangat baik. Selain itu, HRIS juga memiliki tujuan untuk bisa menyederhanakan administrasi Perusahaan atau bisnis yang sedang Anda kelola.

Peran divisi HR disini tentu saja akan sangat terbantu dengan adanya sistem HRIS. Mengapa demikian ? Karena dengan adanya software tersebut. Seluruh pekerjaan yang tadinya dilakukan secara manual sudah tidak berlaku lagi karena akan menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan tepat waktu dengan software HRIS.

Pada umumnya, cara kerja sistem HRIS memang dilakukan dengan cukup sederhana serta mudah dipahami oleh orang awam yang tidak paham mengenai teknologi. Dengan demikian, Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk mengoprasikannya.

Caranya adalah karyawan hanya melakukan login dengan akun yang sudah terdaftar pada sistem. Setelah itu karyawan bisa mengakses layanan atau informasi yang memang diperlukan.

Metode & Alur Kerja Fitur Sistem HRIS

Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara & alur kerja yang terdapat pada sistem HRIS. Sebagai berikut:

Mengajukan Cuti Dengan Mudah

Dengan menggunakan HRIS. Karyawan akan dengan sangat mudah untuk mengajukan cuti melalui sistem HRIS dengan akun yang sudah terdaftar didalam sistem tersebut.

Dalam pengajuan cuti, tentu saja dilakukan secara online karena memang dianggap lebih sederhana dan mudah. Sebelum mengajukan cuti, karyawan diharuskan untuk menyamakan terlebih dahulu jadwal kerja yang sudah ditetapkan pada sistem.

cara kerja sistem HRIS akan dengan sangat mudah mengelola para karyawan untuk Perusahaan maupun bisnis yang sedang Anda kelola

Setelah itu, atasan akan melihat & menyetujui secara real time. Dengan begitu, karyawan tidak harus menunggu lebih lama karena akan segera mengetahui hasilnya.

Keuntungan lainnya adalah HR tidak harus mencatat berapa jumlah cuti yang sudah digunakan oleh karyawan. Mengapa demikian ? Karena dengan HRIS akan otomatis tercatat didalam sistem.

Mengelola Absensi Online

Kerja HRIS dengan fitur selanjutnya adalah dapat dengan mudah untuk mengelola absensi secara online yang bisa diakses melalui smarthphone masing-masing karyawan.

Tentu ini merupakan salah satu keunggulan yang bisa digunakan oleh Perusahaan. Karena pada saat ini banyak sekali Perusahaan yang memperkerjakan karyawannya di luar kantor atau bekerja secara remote.

Anda tidak perlu pusing lagi dengan menginput banyak data absensi secara manual. Karena dengan sistem HRIS, Anda akan dengan mudah mendata absensi karyawan dengan otomatis dan real time yang sudah dilakukan oleh sistem tersebut.

Menghitung Gaji ( Cepat & Akurat )

Selanjutnya terdapat fitur yang tidak kalah dengan lainnya yakni sistem payroll atau penggajian. Anda tidak perlu mengerjakan atau menghitung gaji dengan manual. Karena dengan sistem payroll sudah terintergrasi dengan sistem absensi serta cuti.

Dengan demikian, menghitung gaji akan lebih mudah, cepat serta akurat karena perhitungan gaji akan disesuaikan secara otomatis dengan kehadiran absensi karyawan.

Baca Juga : Jenis HRIS Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Aplikasi Tersebut !

Mengakses Tugas Harian Dengan Mudah

Karyawan akan dengan sangat mudah untuk mengakses tugas harian yang diberikan oleh atasan. Caranya sangat mudah yakni dengan mengambil informasi tugas harian yang sudah di jadwalkan secara mandiri melalui ponsel masing-masing karyawan.

Selain tugas pribadi, Anda bisa mengakses informasi yang sudah dijelaskan di atas seperti absensi, cuti, slip gaji dan lainnya.

Kesimpulan

Saat ini, Anda sudah tahu mengenai bagaimana cara sistem kerja HRIS untuk mengelola karyawan dengan mudah. Sudah saatnya Anda memilih software HRIS yang tepat untuk Perusahaan atau bisnis yang memang sedang Anda kelola.

Baca Juga : Mengapa HRIS Penting ?

Tentu saja, Anda harus mempertimbangkan dengan baik dan tepat untuk memilih software HRIS seperti apa yang dibutuhkan oleh Perusahaan.

Majapahit Teknologi merupakan salah satu penyedia software HR terbaik di Indonesia dengan fitur terlengkap yang tentu saja akan sangat memudahkan mengelola karyawan & administrasi Perusahaan atau bisnis Anda.

Bagikan artikel ini: