Jenis Software HRIS Ini Paling Banyak Dicari Oleh Perusahaan di Indonesia

Majapahit Teknologi – Dunia perusahaan tentu saja tidak akan menghilangkan sebuah divisi bernama HR atau Human Resources. Maka dari itu, Admin akan membahas ulasan mengenai Jenis software HRIS yang harus Anda ketahui sebelum membeli software tersebut.

Mengingat divisi ini merupakan tombak atau tulang punggung perusahaan dalam mencari dan menemukan karyawan atau Sumber daya manusia yang memiliki kualitas baik.

Sumber daya manusia tersebut tentu saja diwujudukan untuk memenuhi tujuan perusahaan dalam mencapai tujuan utamanya yaitu mendapatkan keuntungan dari kesuksesannya.

Di era yang serba instan ini, teknologi bukan sebuah misteri yang pemecahannya menggunakan beberapa metode sulit. Bahkan, semua misteri diselesaikan oleh teknologi dengan sangat mudah.

Salah satu misteri yang dipecahkan atau diselesaikan tersebut adalah misteri divisi HR atau Human Resources pada sebuah perusahaan. Hal ini ditunjukkan dengan kehadiran berbagai produk teknologi yang menjawab permasalahan HR dalam melaksanakan tugasnya.

Salah satu produk teknologi tersebut dinamakan dengan HRIS. Adapun pengertian HRIS adalah software yang dirancang khusus dalam mengelola aktivitas sumber daya manusia pada sebuah perusahaan secara lebih mudah dan instan.

Jenis – Jenis Software HRIS

Seperti software lain, software HRIS yang tergolong penting pada sebuah perusahaan ini juga memiliki jenis – jenis. Setiap jenis tentu saja memiliki fungsi dan manfaatnya masing – masing dalam kehidupan pada sebuah perusahaan.

Adapun jenis – jenis software HRIS yang wajib Anda ketahui terutama bagi Anda yang bergerak di divisi HR sebuah perusahaan adalah sebagai berikut:

HRIS Operasional

Software HRIS pertama yang menjadi sorotan dari berbagai jenis software HRIS adalah HRIS Operasional. HRIS umumnya merupakan software yang dirancang untuk mengelola aktivitas manpower pada sebuah perusahaan, sehingga dapat disimpulkan bahwa HRIS Operasional mengelola aktivitas manpower dalam segi berjalannya operasional atau tidak pada perusahaan tersebut.

Adapun yang termasuk fungsi operasional pada HRIS Operasional adalah pengelolaan operasional HR, seperti administrasi karyawan, perhitungan jumlah absensi dan cuti, hingga penggajian dan pembayaran atas bonus kinerja sebuah karyawan.

Jenis - jenis software hris

HRIS operasional dijadikan aplikasi untuk mengelola hal tersebut sehingga dapat dinyatakan bahwa software ini memiliki poin inti pada sistem payroll sebuah perusahaan.

Selain itu, dengan HRIS Operasional kebijakan – kebijakan mengenai sistem ketenagakerjaan baik dari pajak penghasilan hingga Undang – Undang yang mengaturnya tergambar pada aplikasi ini.

HRIS Tactical

Selanjutnya dalam jenis software HRIS adalah HRIS Tactical. HRIS tactical merupakan software HRIS yang dirancang dalam bidang taktik atau strategi dalam perekrutan sumber daya manusia bagi sebuah perusahaan.

HRIS Tactical disimpulkan menjadi software yang penting dalam menyiapkan strategi tersebut mengingat proses rekrutmen bukanlah proses yang mudah untuk dilaksanakan.

Adapun data – data yang dikelompokkan sebagai strategi perekrutan dalam HRIS Tactical adalah perencanaan SDM (manpower planning), proses rekrutmen, dan training hingga development atau pengembangan SDM yang telah selesai dipilih atau SDM yang sudah bekerja pada sebuah perusahaan.

Simak Juga : Tips Memilih Software HR !

Data – data tersebut tentu saja terorganisir secara rapi dan dapat diakses meskipun aksesnya berbeda – beda. Sehingga software ini menjadi pilihan software yang tepat untuk mengefisienkan waktu dalam proses managemen SDM sebuah perusahaan.

HRIS Strategic

Setelah Software HRIS Operasional dan Software HRIS Tactical, jenis software HRIS yang juga tergolong penting dan bahkan wajib ada pada suatu perusahaan adalah HRIS Strategic.

Software ini merupakan software HRIS yang bergerak di bidang strategi perusahaan yang berhubungan secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

Dengan software HRIS Strategic dapat diketahui dengan jelas bagaimana kinerja yang ditawarkan oleh para Sumber daya manusia yang ada di dalamnya.

Apakah sudah mencapai target? Atau bahkan sama sekali tidak mencapai? Semuanya secara tidak langsung tergambar melalui untaian data – data yang dikelola oleh HRIS Strategic.

Software HRIS strategic menjadikan sebuah karyawan perusahaan untuk berusaha lebih baik lagi dalam mencapai performa terbaiknya. Sebab, dengan software ini kinerja mereka akan lebih diamati dan menentukan tunjangan kinerja serta performa mereka di mata perusahaan.

Comprehensive HRIS

Comprehensive HRIS merupakan jenis software HRIS terakhir yang turut disarankan sebagai software terbaik pada HRIS. Software ini memberikan data yang komprehensif atau satu kesatuan baik dari sisi kinerja, penilaian, rekrutmen, hingga sistem penggajian.

Semua data dikoneksikan menjadi satu kesatuan sehingga dari sini sebuah sistem payroll akan menentikan seberapa besar kinerja yang dihasilkan seorang karyawan. Software ini tentu saja turut memudahkan bagian HR sehingga tidak perlu repot – repot untuk menyatukan data satu sama lain.

Dengan comprehensive HRIS, pekerjaan HR menjadi lebih sederhana dan dikerjakan pada waktu yang singkat. Penggajian, rekrutmen, dan penilaian kinerja akan diciptakan dengan baik dan anti salah.

Kesimpulan

Keempat jenis software HRIS adalah jenis yang wajib Anda ketahui dalam dunia perusahaan. Mengingat setiap jenis software tersebut tentu saja sangat dibutuhkan demi keberlangsungan perusahaan!

Whatsapp