Kelebihan dan Kekurangan Software Payroll yang Wajib Kamu Ketahui

Majapahit.id – Jika sebelumnya sudah mengetahui manfaat payroll untuk Perusahaan. Saat ini, admin akan membahas mengenai kelebihan & kekurangan software payroll yang sangat penting untuk diketahui sebelum Anda memilih aplikasi tersebut.

Sistem penggajian pada sebuah perusahaan atau dikenal dengan sistem payroll seiring berjalannya waktu mulai beralih dari sisi manual kepada sisi teknologi.

Hal ini tentu saja tidak dipungkiri melihat kemajuan zaman membawa teknologi sebagai jalan pintas utama. Namun, hal ini malah bersifat positif dimana sistem manual pada penggajian kini lebih praktis dan lebih mudah dilakukan secara instan melalui sistem elektronik.

Adapun produk elektronik yang membantu permasalahan tersebut dikenal dengan software payroll. Software ini ditujukan untuk membantu para karyawan penggajian atau payroll staff yang biasa mendata upah dan kinerja karyawan perbulannya.

Dengan cara manual kini lebih mudah dan instan melalui sebuah aplikasi. Penggajian juga cenderung lebih aman, akurat, sesuai, dan tidak memakan waktu sehingga tidak terlambat.

Seorang payroll staff pun ikut terbantu dengan kehadiran software payroll ini dimana jumlah karyawan yang tentunya bervariasi setiap perusahaan atau bulannya. Dengan software, semuanya hanya dengan langkah simpel.

Kelebihan dan Kekurangan Payroll Software

Payroll software memberikan sejuta manfaat dan keuntungan di dalamnya. Sehingga, software ini dipercaya merupakan tangan magic untuk menyelesaikan permasalahan HR.

Sistem penggajian yang manual bukan hanya membuat karyawan keseluruhan perusahaan menjadi telat menerima penggajian tetapi juga bisa membuat karyawan HR sakit kepala.

Sebab, penggajian dengan jumlah karyawan yang sangat tinggi dan dilakukan secara manual membuat karyawan payroll divisi HR merasa kesulitan dan kalut untuk menyelesaikannya. Belum lagi deadline tiba dan membuat karyawan harus bekerja lebih keras hingga rela lembur sampai subuh.

Kelebihan Aplikasi Payroll

Mengenal Payroll software tentu saja akan membuat hal – hal tersebut semakin berintens kurang. Sebab, payroll software memiliki banyak kelebihan dan kekurangan masing – masing yang tentunya membuat software ini menjadi satu keutuhan.

Hal pertama yang akan kita bicarakan adalah kelebihan payroll software yang wajib kamu ketahui dengan baik:

Memberikan Kemudahan dalam Penginputan Data Penggajian

Kelebihan payroll software pertama yang perlu Anda ketahui adalah memberikan kemudahan dalam penginputan data penggajian. Hal ini termasuk kepada data karyawan, rekening, total kehadiran serta kinerja yang ditawarkan oleh karyawan.

Kelebihan Software Payroll

Selama ini, sistem penggajian dilakukan berdasarkan cara manual dimana data – data tersebut diinput secara satu – satu. Hal ini tentu saja tergolong lebih sulit dibandingkan memasukkan data secara bersamaan.

Selain itu, seorang payroll staff harus mampu mengelola hitungan – hitungan dari kebijakan pemberian upah, nominal dasar penggajian, besaran tunjangan kinerja atau bonus, dan besaran pajak penghasilan.

Simak Juga : Mengapa Software Payroll Penting ?

Hitungan – hitungan tersebut tentu saja tidak selamanya dapat dilakukan secara manual, sebab perlu dilakukannya updatisasi atau pembaharuan setiap waktunya mengingat kebijaka terkhususnya kebijakan besaran pajak penghasilan didasari atas peraturan perundang – undangan yang bisa saja berubah – ubah setiap waktunya.

Memberikan Kecepatan dalam Penginputan Data Penggajian

Bukan hanya dapat memudahkan seorang payroll staff, keuntungan penggunaan software payroll selanjutnya yang dapat dimiliki adalah pemberian kecepatan dalam penginputan data penggajian.

Data dapat dikerjakan, diinput, dan disesuaikan hanya dengan waktu yang singkat. Semuanya telah sangat jelas terkelompokkan melalui fitur masing – masing.

Hal ini tentu saja berakibat positif bagi payroll staff yang sering dikejar deadline dan terpaksa lembur untuk menyelesaikan tugas penggajian atau sistem payroll tersebut. Dengan software payroll, hanya dengan waktu yang singkat semuanya dapat terselesaikan dengan aman.

Bagi sebuah perusahaan yang memiliki karyawan banyak tentu saja software dengan fungsi nya ini menjadi jawaban atas permasalahan Anda. Ratusan, ribuan, hingga jutaan karyawan dapat Anda lakukan penggajiannya dengan waktu singkat hanya dengan memanfaatkan software payroll.

Memberikan Ketepatan dalam Penginputan Data Penggajian

Berbicara tentang kecepatan dan kemudahan sudah diuraikan melalui poin – poin di atas, selanjutnya adalah berbicara tentang ketepatan. Software payroll menawarkan Anda fungsi ketepatan atas penginputan data yang Anda lakukan.

Data penggajian karyawan akan sangat mudah dan tepat anti salah mengingat data – data ratusan hingga ribuan karyawan tentu saja dapat mengalami human error apabila dikerjakan secara manual.

Kekurangan Aplikasi Payroll

Selain dari ketiga keuntungan yang dimiliki oleh software payroll di atas, terdapat pula kekurangan dari software payroll tersebut:

Tergolong Menambah Biaya Bagi Perusahaan

Kekurangan yang cukup etis tetapi sebenarnya cukup diabaikan adalah software payroll dapat menambah biaya bagi perusahaan. Dimana cost yang harusnya lebih efisien pada sebuah perusahaan harus ditambah dengan cost yang lebih banyak sebab dari pembelian software payroll ini.

Membutuhkan Pemeliharaan

Software payroll menjadi magical thing bagi seorang payroll staff, dimana kerjaan penggajian menjadi lebih simpel dilaksanakan. Tetapi, tanpa disadari sebuah produk teknologi juga bisa mengalami error sistem. Sehingga, membutuhkan pemeliharaan menjadi kekurangan lainnya dari kehadiran software payroll ini.

Rahasia Informasi Tidak Terjaga

Ketika Anda membagikan Informasi bisnis & Karyawan. Ada kemungkinnan hal tersebut beresiko bahwa informasi itu mungkin saja akan terekspos secara negatif.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Cloud HRIS ! Simak Penjelasannya !

Beberapa Perusahaan besar, layanan penggajian akan meyakinkan Anda mengenai kebijakan privasi mereka yang sangat ketat. Namun, hal itu tidak berarti bahwa informasi tersebut tidak sengaja berakhir di tangan yang salah, bisa jadi membahayakan karyawan secara individu atau bahkan bisnis itu sendiri.

Kesimpulan

Di setiap software pastinya memiliki kelebihan ataupun kekurangan. Sama seperti halnya aplikasi payroll. Dimana aplikasi ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Hal ini biasanya terletak pada adanya gangguan seperti BUG yang masih terdapat pada aplikasi tersebut.

Namun, Kelebihan dan kekurangan payroll software yang sudah kita bahas, bisa Anda jadikan acuan untuk memilih aplikasi ini sebagai pelengkap di perusahaan Anda.

Whatsapp