Tips Memilih Software CRM ! Simak Penjelasannya

Majapahit Teknologi – Hallo Majaparnters ! Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai strategi CRM atau pun jenis masalah data yang dapat diselesaikan oleh CRM. Maka, pada kesempatan kali ini, Admin akan membahas apa saja tips yang tepat untuk memilih software CRM. Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

Dalam berbisnis, banyak aspek yang perlu Anda pahami untuk meningkatkan kinerja usaha Anda. mulai dari aspek modal, aspek operasional, aspek pemasaran, aspek pengelolaan pelanggan, dan lainnya.

Untuk menarik minat konsumen, Anda perlu menggunakan strategi pelayanan prima. Salah satunya menggunakan layanan CRM. Pasti sebagian dari Anda kurang mengetahui apa itu CRM. Untuk itu Anda perlu mengetahui tips sebelum memilih software CRM.

CRM singkatan dari Customer relationship management merupakan suatu teknik layanan yang menggunakan teknologi software untuk mempertahankan pelanggan.

Tips Langkah Sebelum Memilih Software CRM

Layanan CRM sering di gunakan hampir seluruh prospek bisnis. Karena CRM sendiri berguna untuk melayani pelanggan setiap waktu. Dilihat dari istilahnya, CRM yang berarti manajemen hubungan pelanggan. Maksudnya, suatu strategi perusahaan untuk mempertahankan customer.

Pengelolaan tersebut tidak hanya berhubungan antar manusia (perusahaan dengan pelanggan), tetapi juga melibatkan bantuan teknologi computer seperti sistem aplikasi CRM.

Aplikasi yang di gunakan bisa berupa sosial media atau sistem perangkat lunak lainnya. Bagi Anda yang memiliki bisnis dan tertarik menggunakan strategi ini, berikut ini terdapat tips memilih software CRM.

Tentukan kebutuhan bisnis Anda

Tips memilih software CRM memang selalu di butuhkan untuk segala bidang bisnis. Sebelum Anda menggunakannya, Anda perlu menentukan kebutuhan fitur CRM dalam bisnis Anda. Misalnya Anda menggunakan CRM untuk membantu Anda mempermudah proses layanan servis tiap waktu.

Di mana di dalamnya software CPM terdapat beberapa fitur utama seperti mengkonversi penjualan, menarik pelanggan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran.

Kelengkapan fitur-fitur CRM

Sebelum Anda memilih software CRM, Anda perlu mengetahui fitur fitur layanan yang ada di dalamnya. Aplikasi CRM ini berhubungan dengan layanan kepada pelanggan atau lebih tepatnya di sebut sebagai Customer Service.

Fitur yang paling sering di butuhkan yakni menautkan sejumlah saluran layanan cepat tanggap, seperti sms, telpon, surel dan akun sosial media milik usaha Anda.

tips memilih software crm yang tepat untuk bisnis Anda

Memiliki tampilan antarmuka yang menarik

Anda pasti menginginkan kepuasan yang muncul di hati pelanggan karena layanan yang kita berikan. Hal itu dapat di atasi dengan menggunakan teknologi aplikasi yang menampilkan tampilan antarmuka yang menarik dan tidak loading lama.

User interface yang Anda butuhkan tidak hanya sekedar menarik saja, tetapi memiliki tampilan yang mudah di pahami siapa saja yang mengaksesnya.

Memiliki saluran keluhan yang terorganisir

Yang terpenting dalam suatu layanan perusahaan adalah adanya menu yang terhubung dengan customer service. Alasannya, setiap pelanggan pasti memiliki keluhan yang tidak dapat di atasi sendiri, sehingga lebih memilih meminta bantuan CS. Solusinya, pilihlah software CRM yang memiliki fitur yang dapat menghubungkan layanan servis pelanggan.

Memiliki layanan purna jual yang baik

Jika Anda membeli suatu barang, pasti menginginkan jaminan atas suatu kerusakan yang bisa saja terjadi. Misalnya seperti jaminan garansi seumur hidup atau layanan purna jual lainnya. Hal itu juga berlaku pada Anda yang akan memilih aplikasi software CRM.

Pastikan pihak yang menawarkan software CRM kepada perusahaan Anda memberikan penawaran akan layanan purna jual. Seperti layanan pembaruan software gratis dalam jangka waktu tertentu atau yang lainnya.

Evaluasi pilihan Anda

Setelah Anda mengetahui beberapa tips memilih software CRM sesuai kebutuhan Anda, selanjutnya Anda bisa mulai mengevaluasinya. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan software CRM yang fleksibel.

Fleksibel ini bertujuan untuk memenuhi apa saja yang perusahaan Anda butuhkan. Seperti kemudahan dalam mengkustomisasi fitur layanannya.

Pilihan aplikasi CRM Anda

Selanjutnya adalah pilihan aplikasi CRM yang telah Anda pilih. Yang paling penting untuk meningkatkan konversi penjualan oleh pelanggan yakni berisi fitur terintegrasi yang dapat terhubung dengan aplikasi lain.

Contohnya seperti media sosial, layanan laporan konversi secara otomatis dan lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan aplikasi CRM dengan tampilan UI yang menarik.

Evaluasi vendor CRM melalui demo

Setelah Anda telah mengumpulkan daftar vendor CRM yang Anda pilih, Anda bisa mulai menjalin kerjasama dengan vendor CRM. Agar tidak salah, Anda perlu mengevaluasinya dengan menanyakan secara rinci mengenai fitur yang di tawarkannya.

Selain itu, vendor yang baik akan memberikan akses software CRM secara demo. Hal ini dapat menjadi penentu, vendor CRM mana yang paling Anda butuhkan fiturnya.

Strategi CRM memang menjadi suatu sistem yang dapat membantu meningkatkan usaha bisnis Anda. karena kita hidup di era digital, maka Anda bisa memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin.

Memang sebelum Anda menggunakan strategi ini, Anda harus memperhatikan cara yang tepat dengan mencari referensi terkait tips memilih software CRM.

Kesimpulan

Perlu diketahui oleh Anda, aplikasi CRM merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk membantu meningkatkan penjualan Anda. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya. Anda harus benar-benar memperhatikan hal-hal yang sudah dibahas.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mempertimbangkan MAJA SOFTWARE CRM dari Majapahit Teknologi. Aplikasi CRM dari Majapahit Teknologi mempunyai kelebihan yaitu dengan memiliki fitur yang lengkap dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Itulah pembahasan mengenai beberapa tips untuk menentukan software CRM yang dapat Anda coba sebelum menggunakan sistem CRM. Software CRM memiliki banyak manfaat untuk mendukung keberlangsungan bisnis Anda ke depannya.

Whatsapp