Warehouse . 11 March 2022

Tujuan Dan Manfaat Warehouse Management System yang Wajib Diketahui

Majapahit Teknologi - Bisnis telah meramban sangat luas penyebarannya akibat dari kemajuan zaman yang semakin canggih. Bisnis – bisnis tersebut tentu saja tidak lahir dari satu sisi saja, tetapi dari berbagai sisi. Adapun bisnis – bisnis yang semakin modern dilahirkan adalah bisnis perdagangan dan jasa.

Salah satu bisnis bertemakan penyedia jasa yang paling sering digunakan oleh orang banyak adalah bisnis ekspedisi.

Bisnis ini bukan hanya digunakan oleh perusahaan lain sebagai bentuk pengiriman partai besar, tetapi pusat perbelanjaan online dan toko – toko online yang semakin berkembang di era penuh teknologi ini turut menjadi latar belakang bisnis ini semakin sukses diemban pada pasaran.

Namun, seperti bisnis lainnya terdapat proses – proses signifikan yang membuat roda bisnis tersebut berputar. Pada sebuah bisnis ekspedisi, terdapat istilah pergudangan atau dikenal dengan warehouse management system dalam pengaturannya untuk beroperasi.

Sehingga, bisnis ini dapat mencapai tujuannya dalam memuaskan pelanggan. Warehouse management system wajib dipelajari bagi siapa saja, terkhususnya bagi seorang pembisnis ekspedisi.

Sasaran Target dan Keuntungan Menggunakan Warehouse Management System

Warehouse management system adalah sistem pengelolaan sebuah barang yang masuk ke dalam Gudang persinggahan. Gudang ini menyimpan jutaan barang yang sedang dalam status penyimpanan sementara atau menunggu transit.

Sistem ini sangat berpengaruh signifikan terhadap semua aktivitas yang ada pada sebuah pergudangan, mulai dari penerimaan barang (receiving), pengiriman barang (shipping), penyimpanan barang (put away), pergerakan atas status barang tersebut (movement), dan pengambilan barang tersebut (picking).

Baca Juga : Pengertian Warehouse Management System

Warehouse management system bukan hanya sistem yang dilaksanakan secara manual. Namun, seiring perkembangan zaman warehouse managemen system ini turut dikembangkan dengan metode teknologi yang tentunya penggunaannya akan lebih mudah dan instan.

Selain itu, warehouse management system ini dapat berupa software yang dioperasikan melalui perangkat sehingga para supervisor atas Gudang yang dikelola tersebut dapat secara langsung dan mudah menemukan data – data dari pengelolaan Gedung barang yang diawasinya tersebut.

Melihat uraian – uraian tersebut tentu saja dapat diketahui keberadaan tujuan dan manfaat warehouse management system. Adapun tujuan dan manfaat yang ditawarkan oleh software ini antara lain:

Tujuan Warehouse Management System

Adapun poin pertama yang perlu diketahui dalam sistem pengelolaan Gudang atau nama lainnya warehouse management system ini adalah tujuan pembentukannya.

Dimana, tujuan yang diberikan oleh sistem canggih ini yaitu untuk mempermudah sang supervisor Gudang atau karyawan yang bekerja pada Gudang tersebut akan barang – barang yang dititipkan dalam Gudang tersebut.

Barang – barang tersebut termasuk kepada berapa banyak atau kuantitas barang tersebut, lokasi penyimpanan barangnya, jenis barang – barang yang masuk dan tentunya storage atau penyimpanan pada Gudang tersebut sudah berapa banyak.

Dengan mengetahui hal – hal tersebut, maka sistem pengelolaan pada sebuah Gudang akan lebih baik dilaksanakan. Selain itu, penggunaan Gudang akan lebih efektif dan efisien mengingat data – data pengelolaannya dapat dilihat dengan mudah.

Manfaat Warehouse Management System

Selain tujuan, warehouse management system juga menawarkan sejumlah manfaat. Adapun manfaat yang ditawarkan oleh warehouse management system adalah sebagai berikut:

Speed Up Handling Process

Manfaat pertama yang ditawarkan oleh sistem canggih ini adalah speed up handling process. Warehouse management system memiliki kemampuan dalam pengelolaan data – data atas barang – barang yang berada di Gudang tersebut secara cepat dan tepat.

Semua data dikelompokkan dengan baik dan diselesaikan dengan mudah. Pengelolaannya juga kini lebih efisien mengingat sistem ini telah dibanderol oleh teknologi sehingga dapat dilakukan oleh 1 orang saja.

Ensure Accurate Inventory Data

Selain cepat, manfaat selanjutnya yang ditawarkan oleh warehouse management system adalah tepat. Nama lain dari tepat ini adalah ensure accurate inventory data. Dengan manfaat tersebut, data – data atas barang yang dikelola pada Gudang tersebut cenderung lebih tepat penginputannya.

Kesalahan penginputan dan human error terkait tentu saja akan semakin terhindar sehingga membuat manfaat ini sangat berguna untuk dirasakan oleh supervisor Gudang.

tujuan & manfaat Warehouse Management system

Optimize your warehouse Layout & Space Utilization

Manfaat ketiga yang dirasakan oleh supervisor Gudang apabila memilih warehouse management system sebagai bagian dari pengelolaan datanya adalah optimize your warehouse layout & space utilization.

Dimana hal ini termasuk kepada penggunaan space dan tata letak penggunaan Gudang yang efektif dan efisien.

Baca Juga : Mengapa Software Warehouse Management Penting ?

FIFO implementation

Fifo implementation menjadi manfaat selanjutnya yang dirasakan oleh pengelola Gudang jika menggunakan sistem ini. Manfaat tersebut menjadikan barang yang pertama kali dimasukkan menjadi prioritas utama dalam Gudang untuk dikelola selanjutnya.

Hal ini cenderung meningkatkan produktivitas Gudang mengingat barang – barang tersebut memiliki waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan Lifo.

Automated data collection

Data dikumpulkan secara otomatis adalah manfaat lainnya yang dimiliki oleh sistem pengelolaan Gudang ini. Seorang supervisor Gudang tidak perlu repot – repot dalam pengumpulan data akan barang – barang yang ada pada Gudang tersebut.

Cycle counting

Manfaat terakhir yang akan dirasakan dalam penggunaan warehouse management system adalah cycle counting. Pada manfaat ini, data dan barang – barang di Gudang cenderung akan mengalami siklus perhitungan berulang yang membuat jumlah barang – barang akan lebih mudah diketahui.

Kesimpulan

Tujuan dan manfaat atas warehouse management system tersebut wajib Anda pahami setiap uraiannya mengingat sistem ini sangat diperlukan pada setiap perusahaan, termasuk perusahaan Anda.

Bagikan artikel ini: